Mahasiswa USBI Ajak Anak-Anak Sukapura Berkebun

Kegiatan inti berkebun itu sendiri dilangsungkan di salah satu rumah warga Sukapura.

oleh Karmin Winarta diperbarui 05 Jun 2014, 11:02 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2014, 11:02 WIB
Mahasiswa USBI Ajak Anak-Anak Sukapura Berkebun
Kegiatan inti berkebun itu sendiri dilangsungkan di salah satu rumah warga Sukapura.

Citizen6, Karawang Memasuki pekan kedua  Kuliah Kerja Nyata (KKN), sekelompok mahasiswa Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI) Jakarta yang menamakan diri sebagai Aksi Bangun Desa untuk Indonesia (disingkat: ABDI) mengadakan kegiatan berkebun di Sukapura, Kec. Rawamerta, Kab. Karawang, Kamis (1/5).  

Puluhan anak yang terdiri dari anak-anak binaan Yayasan Sadamekar dan siwa SD Negeri  di lingkungan Sukapura turut dalam kegiatan pertama dari rangkaian agenda KKN itu.

Aktivitas berkebun bersama anak-anak itu diawali dengan ragam permainan (games) penyemangat di sekretariat Majlis Ta’lim Al-Istiqomah. Usai mengadakan games, sesi berbagi ilmu tentang teknik menanam di kebun dipandu oleh relawan Sadamekar bidang pertanian, yakni Taufan Tahirudin Sukmana. Taufan yang juga alumnus SMK Negeri Pertanian Karawang itu banyak memberi pengetahuan ihwal proses berkebun di pekarangan mulai dari proses pembibitan hingga panen.  

Kegiatan inti berkebun itu sendiri dilangsungkan di salah satu rumah warga Sukapura. Berbagai bibt tanaman seperti terung, nanas, kangkung, bayam, jagung, dan lobak yang sudah disiapkan mahasiswa ditanam di atas lahan seluas kira-kira 3 x 7 meter. Lahan yang sudah ditanami itu rencananya ke depan akan dijadikan sebagai kebun percontohan.  
Koordinator kegiatan berkebun di pekarangan, Siti Fitriah, mengungkapkan pentingnya kebun percontohan yang diinisiasinya bersama rekan-rekan sekelompok KKN.

“Harapannya kebun percontohan ini nantinya dilirik oleh warga sekitar, sehingga mereka berkeyakinan bahwa pekarangan itu juga bisa dimanfaatkan dengan lebih baik melalui kegiatan bertanam atau berkebun,” jelas Fitri.
Sementara itu, ketua kelompok ABDI, Rina Febrina Sarie, mengaku senang kegiatan pertama itu bisa berjalan dengan lancar. Dirinya berharap beberapa kegiatan lain yang akan menyusul juga bisa terlaksana dengan baik dan membawa kebermanfaatan bagi warga Sukapura pada umumnya.

Rencananya, beberapa kegiatan KKN kelompok ABDI berikutnya meliputi: program penanaman minat baca anak; pelatihan perencanaan usaha (business plan) bagi ibu-ibu; dan pendampingan pengolahan jamur pacapanen. Sebagai pamungkas kegiatan KKN, kelompok ABDI juga akan dilibatkan dalam kegiatan Festival Sadamekar 2014 yang akan dilangsungkan di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, kompleks Alun-Alun Kabupaten Karawang.  

Penulis:

Nur Afilin

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya