6 Tips Merawat Kamer DSLR

Merawat kamera DSLR pun ada caranya. Apa saja?

oleh Sulung Lahitani diperbarui 03 Jan 2015, 18:09 WIB
Diterbitkan 03 Jan 2015, 18:09 WIB
Masih Digemari, Canon Optimis Jual 220 Ribu Unit Kamera DSLR
Foto: www.cameraegg.org

Citizen6, Jakarta Seni fotografi sedang digandrungi oleh remaja saat ini. Ada banyak jenis kamera yang digunakan, mulai dari kamera handphone sampai kamera dslr. Beda kamera pasti beda cara merawatnya. Kamera handphone biasanya tidak terlalu memerlukan perawatan khusus, sedangkan kamera dslr membutuhkan perawatan lebih.

Tahukah anda bila kamera dlsr yang kita gunakan bisa berjamur? Pasti kita tidak ingin hal tersebut terjadi kan? Bagaimana cara kita merawat kamera dslr kita agar lebih tahan lama? Berikut kita simak beberapa tips merawat kamera dlsr:

  1. Bersihkan kamera dslr dan lensa yang telah digunakan dengan “Sapu Lensa”

Hal ini harus dilakukan karena biasanya setelah kita menggunakan kamera tersebut di dalam maupun di luar ruangan, terdapat debu-debu yang menempel pada permukaan lensa dan hal tersebut bisa membuat lensa tidak jernih serta terlihat kusam.

  1. Letakkan dslr di wadah kedap udara

Setelah kita bersihkan dslr yang telah kita gunakan, biasakan untuk meletakannya di wadah kedap udara. Mengapa harus dengan wadah yang kedap udara? Hal ini sangat diperlukan untuk mengurangi sirkulasi udara yang bisa membuat kamera kita lembab dan menimbulkan perkembangbiakan jamur bisa merusak kamera dslr kita.

  1. Tutup kembali tutup lensa apabila selesai digunakan

Biasakan melakukan hal ini setiap kali kita selesai menggunakan dslr. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi resiko pecahnya lensa atau tergoresnya lensa.

  1. Beri silica gel di tas kamera dan wadah kedap udara

Memberikan silica gel pada tas kamera dan wadah kedap udara tersebut bertujuan agar tas kamera dan wadah kedap udara tidak lembab, terhindar dari jamur dan kamera dslr kita menjadi lebih tahan lama.

  1. Bersihkan tas dslr yang digunakan secara berkala

Dengan kita membersihkan tas yang kita gunakan maka kamera dslr yang digunakan secara tidak langsung juga akan terhindar dari jamur dan debu yang menempel, sehingga kamera bisa terjaga kebersihannya

  1. Hindari mengisi baterai kamera dslr lebih dari 3 jam

Mengapa hal ini tidak diperbolehkan? Karena bila kita mengisi ulang baterai dslr lebih dari 3 jam akan memberikan efek terhadap baterai maupun charger yang digunakan, seperti baterai menjadi kurang tahan lama.

Berikut tips-tips merawat kamera DSLR, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Pengirim:

ERIKA DYAH LESTARI

ILMU KOMUNIKASI

UNIVERSITAS DIPONEGORO

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6?. Caranya bisa dibaca di sini

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya