Monalisa di Lukisan Leonardo Da Vinci adalah Lelaki?

Misteri lukisan MonaLisa sudah ada sejak dibuat pada abad ke-16. Kini lukisan tersebut dipajang di museum The Louvre, Paris, Perancis.

oleh Liputan6 diperbarui 12 Mar 2015, 17:09 WIB
Diterbitkan 12 Mar 2015, 17:09 WIB
Monalisa di Lukisan Leonardo Da Vinci asalah Lelaki
Misteri lukisan MonaLisa sudah ada sejak dibuat pada abad ke-16. Kini lukisan tersebut dipajang di museum The Louvre, Paris, Perancis.

Citizen6, Jakarta  Lukisan MonaLisa merupakan lukisan yang paling terkenal dan misterius di dunia saat ini. Lukisan karya Leonardo Da Vinci tersebut menggambarkan potret setengah badan dari seorang wanita yang diberi nama MonaLisa. Misteri lukisan MonaLisa sudah ada sejak dibuat pada abad ke-16. Kini lukisan tersebut dipajang di museum The Louvre, Paris, Perancis.

Lukisan MonaLisa menjadi sangat terkenal bukan hanya karena keindahannya, namun juga karena berbagai misteri yang ada di belakangnya. Dari mulai senyuman, latar pembuatan, hingga siapa model dari MonaLisa tersebut hingga kini masih terus diperbincangkan. Berbagai macam film serta karya sastra banyak yang menyinggung mengenai misteri tersebut, salah satunya yang terkenal adalah novel The Da Vinci Code karya Dan Brown.

Berikut adalah 6 Rahasia Dibalik Lukisan Monalisa :

1. Sejarah Lukisan Mona Lisa

 Leonardo Da Vinci diyakini mulai melukis MonaLisa antara tahun 1503 hingga 1506. Pada tahun 1516, Leonardo diundang oleh Raja François I untuk bekerja di Clos Lucé yang berdekatan dengan istana kerajaan. Di sana, Leonardo melanjutkan proses pelukisan MonaLisa yang sebelumnya telah berhenti selama beberapa tahun.

Wanita yang berada di lukisan tersebut dipercaya sebagai Lisa Gherardini. Lisa merupakan istri dari Francesco del Giocondo, seorang pengusaha kain sutra yang sangat kaya di kota Florence, Italia. Lukisan tersebut rencananya akan di pajang di rumah baru mereka sekaligus untuk merayakan kelahiran anak kedua mereka yaitu Andrea.

Selain nama Mona Lisa, lukisan ini juga terkenal dengan berbagai nama lainnya. Di Italia lukisan ini dikenal dengan nama La Gioconda yang berarti orang yang bahagia. Nama tersebut juga diambil dari nama pernikahan dari Lisa. Sedangkan di Perancis, lukisan ini dikenal dengan nama La Joconde yang merupakan terjemahan dari La Gioconda ke dalam bahasa Perancis.

Setelah Da Vinci meninggal, lukisan ini kemudian diwarisi oleh murid dan asistennya yakni Salai. Lukisan ini kemudian dibeli oleh King Francis I of France dan disimpan di Palace of Fontainebleau. Setelah beberapa kali dipindahkan dan bahkan hilang karena dicuri, lukisan Mona Lisa saat ini dipajang secara permanen di museum The Louvre.

 

Selengkapnya
Pengirim:
Unik
Twitter: @UnikDiDunia

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya