Edutrip, Cara Finalis CJA Balikpapan Tangkal Hoax

Finalis CJA Balikpapan berkesempatan terjun langsung ke TBBM untuk melihat alur kerjanya.

oleh Liputan6.com diperbarui 14 Okt 2017, 16:00 WIB
Diterbitkan 14 Okt 2017, 16:00 WIB
Finalis CJA Balikpapan Melihat Langsung Pengisian BBM di TBBM Balikpapan
Finalis CJA Balikpapan berkesempatan terjun langsung ke TBBM untuk melihat alur kerjanya.

Liputan6.com, Balikpapan Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh generasi muda saat ini untuk menangkal berita-berita hoax yang beredar di masyarakat. Misalnya dengan cara terjun langsung untuk mengetahui bagaimana proses dan informasi terhadap pihak terkait dibuat. Seperti yang dilakukan oleh para finalis Citizen Journalist Academy Balikpapan, Kamis 28 September 2017 lalu dalam kegiatan Edutrip ke Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) dan Depot LPG Pertamina MOR VI Balikpapan.

Dalam kunjungan kali ini, para finalis diajak berkeliling menuju Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) yang merupakan tempat berlangsungnya proses pengisian dan pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) semua jenis, mulai dari Premium, Pertalite, Dexlite, Pertamax hingga Aftur. Tidak hanya itu, para finalis juga berkesempatan untuk melihat secara langsung proses pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) ke dalam truk-truk tangki pembawa Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk kemudian didistribusikan ke SPBU di wilayah Balikapapan dan sekitarnya.

Perjalanan para finalis berlanjut menuju depot LPG yang letaknya tidak jauh dari TBBM dan tentunya masih berada di wilayah Pertamina MOR VI Balikpapan. Di dalam depot LPG, para finalis berkespatan melihat langsung proses pembersihan dan pengisian gas kedalam tabung LPG.

Jika proses pengisian BBM dilakukan oleh satu orang saja, lain halnya dengan proses yang terjadi di dalam Depot LPG ini, di mana untuk proses pembersihan dan pengisian membutuhkan 60 orang karyawan yang dibagi menjadi 2 shift kerja untuk memindahkan serta melakukan tahapan-tahapan mulai dari pembersihan, pengisian, hingga memasang sagel pada masing-masing tabung yang akan didistribusikan ke masyarakat.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 14.00 siang ini, selain bertujuan untuk menambah wawasan terkait proses dan cara kerja dari produk-produk pertamina yang terdapat di pasaran. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan agar para finalis yang hadir dapat membantu memberi informasi kepada masyarakat lain ketika beredar hoax yang disebarkan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

 

Penulis:

Adisty Indah P - Universitas Balikpapan

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Balikpapan

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com dan Indosiar bekerja sama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya