Kerap Diabaikan, Deretan Benda Sehari-hari yang Penting untuk Dibersihkan (Part 1)

Berikut deretan benda yang kerap diabaikan namun perlu kalian bersihkan secara rutin.

oleh Camelia diperbarui 18 Agu 2020, 19:19 WIB
Diterbitkan 18 Agu 2020, 19:19 WIB
ilustrasi shower
ilustrasi shower (pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Banyak individu dengan rutin membersihkan rumah mereka setiap minggu, bahkan setiap hari. Mulai dari menyapu dan mengepel lantai hingga mengelap berbagai permukaan benda di rumah dilakukan setiap individu ketika berbenah.

Seperti jendela, meja dan peralatan dapur kerap dibersihkan. Namun, ada beberapa benda yang kerap luput dan diabaikan. Padahal benda-benda tersebut sering digunakan dan berpotensi memiliki banyak kuman di permukaannya.

Melansir dari Brightside, Selasa (18/8/2020), berikut deretan benda yang kerap diabaikan namun perlu dibersihkan secara rutin.

1. Shower

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Ilustrasi mandi dengan shower
Ilustrasi mandi dengan shower. (Foto: shutterstock.com By Yuganov Konstantin)

Aliran air yang konstan keluar dari kepala shower bukan berarti membuatnya selalu bersih. Bakteri dapat tumbuh di dalamnya dan jika Anda menghirupnya saat mandi, ini dapat menjadi salah satu penyebab utama infeksi paru-paru.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


2. Cincin

Ilustrasi cincin berlian
Ilustrasi cincin berlian (Photo by __ drz __ on Unsplash)

Jika Anda mengenakan cincin setiap hari atau jika Anda memiliki cincin nikah dan tidak pernah melepasnya, ada baiknya Anda rutin membersihkannya. Penelitian telah menemukan bahwa tangan individu yang memakai cincin memiliki lebih banyak bakteri daripada yang tidak.


3. Setir Mobil

[Fimela] Menyetir
Ilustrasi menyetir mobil | pixabay.com

Interior mobil adalah sumber besar bakteri berbahaya dan meskipun Anda tidak perlu membersihkan mobil setiap hari, setidaknya Anda membersihkan setir mobil setiap hari sebelum menyentuhnya.


4. Gagang Pintu

Ilustrasi gagang pintu
foto: Pixabay

Jika ada benda yang kita sentuh setiap hari dengan tangan kotor kita dari luar rumah, itu adalah gagang pintu rumah. Gagang pintu dapat membawa ratusan mikroorganisme yang dapat mempengaruhi kesehatan kita.


5. Keyboard

Terungkap, Begini Cara Pantau Internet Melalui Lampu Keyboard
Ilustrasi keyboard (pixabay.com)

Banyak dari kita yang kerap menggunakan komputer atau laptop setiap harinya. Tak heran keyboard bisa menjadi sumber dari beberapa jenis bakteri. Kabar baiknya, pembersihan sederhana dengan tisu basah antibakteri dapat mengurangi kekotoran secara signifikan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya