AC Milan Haus Kemenangan, Stefano Pioli Siapkan 3 Formasi Baru

AC Milan belum menang lagi. Manajer AC Milan, Stefano Pioli, bisa mencoba tiga formasi alternatif untuk memperbaiki cacat yang muncul dalam beberapa pekan terakhir.

oleh Achmad Yani Yustiawan diperbarui 24 Feb 2021, 00:10 WIB
Diterbitkan 24 Feb 2021, 00:10 WIB
AC Milan vs Inter Milan
Pemain AC Milan Zlatan Ibrahimovic, kiri, dan Milan Skriniar dari Inter Milan bersaing memperebutkan bola selama pertandingan Liga Italia di Stadion Milan San Siro, Italia, Minggu, 21 Februari 2021. (Foto AP / Antonio Calanni)

Liputan6.com, Jakarta - Terbuka kemungkinan manajer AC Milan Stefano Pioli bakal mengubah formasi dalam beberapa pekan mendatang. Perubahan ini akan diambil bila performa tim terus membawa hasil yang kurang memuaskan, terutama di Liga Italia.

Sejauh ini Rossoneri memakai formasi 4-2-3-1. Andai strategi tersebut tetap tak menguntungkan, Pioli pun membuka kemungkinan untuk mengubahnya.

Pioli sempat ditanya wartawan usai kekalahan laga derby 0-3 melawan Inter Milan, Minggu lalu: "Bisakah Milan meninjau kembali formasi mengingat kesulitan yang terjadi pada periode terakhir?"

"Kita lihat, semuanya mungkin. Mulai besok kami akan membuat penilaian dengan memikirkan yang terbaik untuk tim," jawab Pioli.

Akibat kekalahan tersebut, AC Milan saat ini baru mengoleksi 49 poin, tertinggal 4 poin dari Inter Milan di puncak klasemen. Adapun Liga Italia sudah memasuki pekan ke-23.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Video Pilihan


Lebih Natural

AC Milan vs Inter Milan
Pemain AC Milan Zlatan Ibrahimovic dan Milan Skriniar dari Inter Milan bersaing memperebutkan bola pada pertandingan Liga Italia di Stadion Milan San Siro, Italia, Minggu, 21 Februari 2021. (Foto AP / Antonio Calanni)

Berdasarkan kabar terbaru dari Calciomercato.com, alternatif yang paling sesuai dengan karakteristik skuat - dan karena itu dua sistem yang kemungkinan akan Pioli pertimbangkan untuk diubah - adalah 4-3-3 dan atau 4-4-2.

Formasi 4-4-2 dipakai pada awal 2020 ketika Zlatan Ibrahimovic tiba dan bermitra dengan Rafael Leao. Hanya saja, masih harus dilihat apa artinya itu bagi pemain seperti Hakan Calhanoglu dan Brahim Diaz, pemain nomor 10 yang lebih natural.


Lebih Efektif

Ac Milan
Pemain AC Milan merayakan gol rekan setimnya Rafael Leao melawan Spezia pada pertandingan sepak bola Serie A antara AC Milan dan Spezia di stadion San Siro, di Milan, Italia, Minggu, 4 Oktober 2020. (AP Photo / Antonio Calanni)

Untuk diketahui, formasi 4-3-3 akan berfungsi dengan cara yang mirip dengan 4-2-3-1 saat ini. Namun, dengan pemain sayap yang lebih maju dan tubuh ekstra di tengah, dan bisa efektif seperti yang diperlihatkan Spezia akhir pekan lalu saat melawan Milan.


Pertahanan 3 Orang

AC Milan vs Inter Milan
Franck Kessie dari AC Milan dan Nicolo Barella dari Inter Milan mengejar bola pada pertandingan Liga Italia di Stadion Milan San Siro, Italia, Minggu, 21 Februari 2021 (Foto AP / Antonio Calanni)

Formasi 3-5-2 berupa pertahanan tiga orang yang terdiri dari Tomori, Kjaer dan Romagnoli, tanpa mengabaikan kemungkinan bermain Kalulu, bisa sangat membantu. Rincinya dengan Theo Hernandez berfungsi sebagai bek sayap dan Saelemaekers (atau Calabria/Castillejo).

Di sisi lain, Kessie, Tonali dan Calhanoglu akan berada di tengah lapangan dengan orang Turki itu memiliki tugas yang lebih ofensif ketimbang defensif. Ibrahimovic akan bergabung dengan Rebic, Leao atau Mandzukic.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya