Dipercaya untuk Penyembuhan, Ini 10 Jenis Batu Kristal dan Kegunaannya

Batu kristal dipercaya dapat dijadikan sebagai penyembuhan

oleh Liputan6.com diperbarui 09 Nov 2021, 22:05 WIB
Diterbitkan 09 Nov 2021, 22:05 WIB
[Fimela] Kristal
Ilustrasi perhiasan kristal | unsplash.com | pixabay.com

Liputan6.com, Jakarta- Akhir-akhir ini, batu kristal cukup populer karena kegunaannya yang mampu menyembuhkan kesehatan mereka baik secara pikiran, tubuh, dan mental. Batu kristal dianggap dapat meningkatkan energi positif dan membuang energi negatif dalam tubuh. 

Secara historis, kristal disebut juga sebagai pengobatan kuno dengan filosofi yang berasal dari agama Hindu dan Buddha. Meskipun begitu belum ditemukan bukti ilmiah yang membahas penggunaan kristal. Namun karena warna dan kecantikan dari batu kristal tersebut, orang-orang tertarik untuk mengoleksinya. 

Bagi kamu yang ingin mulai mengoleksi batu kristal, berikut jenis-jenis batu kristal dan manfaatnya dilansir dari operahdaily.com:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Amethyst

Batu Permata Berwana Ungu
Ilustrasi Foto Batu Permata Ungu (iStockphoto)

Amethyst adalah kristal yang berwarna ungu yang paling populer. Bentuknya yang cantik dan serbaguna, kristal imi dapat membantu meredakan hingga membuat tidur di malam hari menjadi nyenyak. Selain itu batu kristal amethyst juga dapat membuka cakra, sehingga berfungsi untuk menghadirkan rasa ketenangan fisik dan emosional.

Penyembuhan dari batu kristal ini dapat berupa meredakan sakit kepala dan migrain, membantu menghilangkan rasa sakit, serta dapat memperkuat intuisi. Banyak orang mempercayai batu kristal amethyst dapat menenangkan pikiran dan membawa mimpi indah saat sedang tidur dengan menempatkannya di samping tempat tidur.


Rose Quartz

Ilustrasi putus cinta
Jangan terburu-buru, Ini tanda-tanda kamu belum siap memulai hubungan yang baru usai putus cinta. (Photo: Kelly Sikkema/ Unsplash)

Batu kristal yang berwarna merah muda biasanya digunakan ketika mewujudkan cinta dan hubungan yang baru. Batu ini dapat membawa Anda dalam keharmonisan karena batu ini dikenal dengan batu penuh cinta.  Jika sedang berada di situasi emosional yang kurang stabil, rose quartz dapat membantu Anda membawa perasaan yang damai.

Kristal ini dapat membantu Anda lebih mencintai diri sendiri dan menerima cinta dari orang lain dengan hati terbuka. Melansir dari mindbodygreen.com, sebagian besar batu kristal rose quartz ini berasal dari Brasil, India, Afrika Selatan, dan Madagaskar.


Black Tourmaline

Ilustrasi batu mulia permata
Ilustrasi (iStock)

Black tourmaline dikatakan mampu menyerap aura negatif yang menghampiri Anda dan dapat menghilangkan racun-racun. Jika Anda merasa ada energi negatif yang stagnan, Anda dapat menggunakan batu kristal Black Tourmaline ini. Hal ini dikarena black tourmaline diyakini dapat menciptakan suasana yang lebih positif.

Melansir dari mindbodygreen.com, batu ini adalah mineral kristal yang berasal dari Brasil, dan berbagai bagian Afrika seperti Nigeria, Tanzania, Kenya, Mozambik, dan Malawi. 


Selenite

Masa Lalu
Ilustrasi Berdamai dengan Masa Lalu Credit: pexels.com/pixabay

Jika Anda sering merasa lelah terus menerus, Anda dapat menggunakan batu kristal Selenite untuk membersihkan aura Anda. Selenite termasuk batu kristal terbaik yang dapat memulihkan aura di sekitar Anda. Batu kristal ini diyakini dapat membersihkan aura buruk Anda dan membawa Anda dalam energi yang lebih damai. 

Dengan menggunakan batu kristal Selenite pada tubuh Anda dapat membantu mengeluarkan semua hambatan energi yang menghalangi Anda dalam mencapai ketenangan batin. Dianjurkan untuk menyimpan batu kristal Selenite pada tempat yang kering karena batu ini larut dalam air. 


Citrine

ilustrasi senang
ilustrasi senang (Sumber: Unsplash) / Brooke Cagle

Citrine merupakan batu kristal yang memiliki warna kuning yang diyakini dapat membantu seseorang yang sedang merasa buntu. Dilansir dari healthline.com, citrine juga dapat membawa kegembiraan dan keajaiban. Batu ini juga dipercaya dapat menghilangkan sifat negatif dari hidup Anda seperti rasa takut, memberi kehangatan, dan motivasi. Selain itu, kristal ini dapat meningkatkan kreativitas dan konsentrasi.


Jade

Giok
ilustrasi giok (iStockphoto)

Jade, adalah kristal yang cukup populer yang dipercaya sebagai jimat keberuntungan. Batu yang identik dengan warna hijau ini diyakini dapat membawa kelimpahan dan kemakmuran di bidang material dan bidang sosial. 

Biasanya orang-orang menggunakan baju kristal jade sebagai gelang. Mereka mengenakannya pada pergelangan tangan kiri mereka karena dipercaya dapat membantu mendatangkan berkah atau keberuntungan dari alam semesta. Selain digunakan sebagai gelang, batu ini juga dapat dijadikan sebagai cincin. 


Clear Quartz

Ilustrasi meditasi | pexels.com
Ilustrasi meditasi | pexels.com

Kristal putih bening ini dianggap sebagai penyembuhan serba guna. Dilansir dari healthline.com, kristal ini berfungsi untuk memperkuat energi dengan menyerap, menyimpan, melepaskannya. Batu ini dapat membantu Anda untuk lebih berkonsentrasi. Selain itu, Anda juga dapat menyeimbangkan tubuh Anda dan merangsang sistem kekebalan tubuh Anda dengan menggunakan Clear Quartz.

Anda dapat menempatkan batu kristal ini di dekat jendela untuk menyerap energi matahari yang kemudian akan diserap oleh tubuh anda dan menyingkirkan hal-hal buruk. Dilansir dari healthline.com, batu ini sering dipasangkan dengan yang batu yang lain seperti Rose Quartz.


Rhodochrosite

Ilustrasi percaya diri
Ilustrasi percaya diri. (Sumber: Pixabay)

Bagi mereka yang percaya bahwa kristal dapat dijadikan sebagai penyembuhan, batu yang identik dengan warna merah muda ini dianggap batu yang praktis dibuat untuk memulihkan mereka yang sedang putus cinta. Menggunakan batu Rhodochrosite ketika sedang bermeditasi yang dapat merangsang cakra jantung untuk membangun rasa percaya diri.


Lapis Lazuli

ilustrasi konsentrasi
ilustrasi konsentrasi (sumber: Pixabay)

Lapis Lazuli, batu kristal yang berwarna biru ini tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Kristal ini merupakan kristal terbaik untuk diletakkan pada meja kerja Anda. Lapis Lazuli dipercaya dapat membantu Anda untuk mendapatkan ide ketika sedang bekerja.


Chrysocolla

Gambar Batu
Ilustrasi Gambar Batu (sumber: boldsky)

Chrysocolla adalah batu kristal yang disebut kristal all in one. Batu ini dapat membantu tubuh Anda menyesuaikan kepekaan psikisnya. Ketika Anda sedang bermeditasi, Anda dapat meletakkan chrysocolla pada salah satu chakra Anda atau titik energi tubuh Anda.

 

Penulis

Stephanie

Unicersitas Multimedia Nusantara

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya