6 Tips Mudah Agar Anda Tetap Bersemangat Sepanjang Hari

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar tetap bersemangat sepanjang hari.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 20 Des 2021, 13:05 WIB
Diterbitkan 20 Des 2021, 13:05 WIB
Orang Produktif Kerja Cerdas, Orang Sibuk Kerja Keras
Ilustrasi Orang Produktif Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Minum banyak kopi, minuman berenergi, atau membeli suplemen untuk mendapatkan lebih banyak energi tidak selalu berhasil ketika Anda ingin lebih waspada sepanjang hari. Yang terbaik adalah tetap berenergi dengan cara paling alami yang Anda bisa.

Ada banyak cara sehat untuk membuat diri Anda terstimulasi ketika Anda merasa lelah. Bahkan membuat perubahan terkecil dalam rutinitas harian Anda dapat membuat perbedaan terbesar dalam hidup Anda.

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk membuat Anda tetap bersemangat seharian.

1. Tidur siang

Bagi sebagian orang, power nap sangat membantu untuk meningkatkan kewaspadaan dan kinerja. Tidur siang singkat selama 20-30 menit di sore hari dapat membantu Anda memulihkan tenaga.

Jika Anda benar-benar ingin mengatur waktu dengan tepat, tidur siang selama 26 menit sangat ideal untuk mendapatkan manfaat terbaik. Namun, jangan berlebihan dengan tidur siang karena dapat mengurangi jumlah tidur yang Anda dapatkan di malam hari, yang menyebabkan lebih sedikit energi sepanjang hari.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 


2. Membatasi asupan kafein

Mengonsumsi Kafein
Ilustrasi Mengonsumsi Kafein Credit: pexels.com/Thelazy

Meskipun kafein diketahui memberi Anda lebih banyak energi, penting untuk membatasi jumlah yang Anda konsumsi sepanjang hari karena dapat membuat Anda merasa kurang berenergi setelah efeknya hilang. Anda mungkin merasa bergantung padanya untuk tetap aktif, dan bergantung pada sesuatu bukanlah ide yang baik.

Selain itu, ini juga dapat meningkatkan stres Anda dan membuat Anda merasa cemas. Jumlah optimal kafein yang diperbolehkan untuk dikonsumsi adalah hingga 400 miligram.

 


3. Mengirup aroma terapi

Cara Menggunakan Lilin Aromaterapi
Ilustrasi Lilin Aromaterapi Credit: pexels.com/Castorly

Percaya atau tidak, pikiran kita menghirup bau dengan cara yang mengesankan. Menghirup minyak lemon esensial dapat membantu kita melawan kelelahan dan depresi, sementara minyak peppermint meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Oleh karenanya, cobalah mengirup aroma terapi untuk membuat tubuh Anda lebih bersemangat.

 


4. Berolahraga, sebaiknya di luar

Olahraga
Ilustrasi olahraga (Sumber: pixabay)

Berolahraga di luar daripada di dalam meningkatkan energi, mengurangi tingkat stres, dan meningkatkan kewaspadaan. Ini juga memiliki dampak baik secara umum pada emosi Anda, seperti antusiasme dan penurunan kemarahan. Selain manfaat ini, Anda juga bisa mendapatkan beberapa Vitamin D dari matahari selama bulan-bulan musim panas, yang meningkatkan endorfin yang mengangkat suasana hati.

Meskipun ada banyak manfaat untuk berolahraga di luar, ada beberapa tindakan pencegahan seperti tingkat polusi udara di daerah Anda — pastikan Anda mengetahui faktanya karena ini dapat memicu hal-hal seperti asma dan alergi. Jangan berasumsi bahwa berlari di atas treadmill itu buruk — itu sebenarnya membantu Anda mengendalikan dan memotivasi Anda, sehingga membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih baik.

 


5. Makan lebih banyak protein

Makanan berprotein
Ilustrasi makanan berprotein (Sumber: Pixabay)

Makan protein mengisi tingkat energi Anda dan memainkan peran penting dalam membawa oksigen melalui tubuh Anda dalam aliran darah Anda. Yang terbaik adalah menghindari permen dan karbohidrat saat Anda menginginkan sesuatu untuk dimakan karena, meskipun mereka dapat memuaskan Anda pada saat itu, Anda mungkin merasa tidak enak setelahnya.

Sebagai gantinya, cobalah untuk mengemil makanan yang memiliki protein dan lemak seperti sayuran dan saus, yogurt Yunani dengan buah, atau selai kacang dan biskuit untuk meningkatkan tingkat energi Anda.

 


6. Tetap terhidrasi

Banyak Mengonsumsi Air Mineral
Ilustrasi Mengonsumsi Minuman Credit: pexels.com/James

Minumlah 8 gelas air setiap hari untuk tetap berenergi karena pikiran Anda sangat dipengaruhi oleh status hidrasi Anda. Bahkan dehidrasi minimal dapat menurunkan bagian dari fungsi otak Anda. Ini dapat mengurangi suasana hati, memori, dan konsentrasi Anda, dan meningkatkan sakit kepala dan kelelahan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya