Sudah Divaksinasi, Ini Gejala Omicron yang Dirasakan Bila Anda Terinfeksi

Ini adalah gejala yang dirasakan bila Anda terinfeksi varian Omicron meski sudah divaksinasi

oleh Sulung Lahitani diperbarui 07 Feb 2022, 13:05 WIB
Diterbitkan 07 Feb 2022, 13:05 WIB
Muncul Virus Corona dengan Mutasi Luar Biasa di Afrika Selatan, Kebal terhadap Imunitas dan Vaksin
Sejumlah ilmuwan memperingati di Afrika Selatan muncul virus Corona dengan mutasi luar biasa yang kebal terhadap imunitas dan vaksin. (Ilustrasi/Pexels/Artem Podrez)

Liputan6.com, Jakarta Varian Omicron telah menyebar begitu cepat sehingga menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 baru. Tetapi tidak seperti Delta, Omicron juga tampaknya menyebabkan jumlah infeksi terobosan yang jauh lebih tinggi.

Dokter telah mengonfirmasi bahwa baik orang yang tidak divaksinasi maupun yang divaksinasi lengkap dapat tertular varian Omicron, meskipun mereka mungkin mengalami penyakit yang sangat berbeda.

Faktanya, ada gejala Covid yang jauh lebih mungkin terjadi pada orang yang divaksinasi dengan Omicron daripada pada orang yang tidak divaksinasi, dan sebaliknya.

Gejala apakah itu? Berikut ini penjelasannya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Orang yang divaksinasi yang terinfeksi Omicron cenderung memiliki gejala seperti pilek

Mengalami Flu dan Pilek
Ilustrasi Flu dan Pilek Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Sementara varian Omicron memiliki kemampuan untuk menyebar ke individu yang divaksinasi dan tidak divaksinasi, cara gejalanya muncul tampaknya berbeda.

Maya N. Clark-Cutaia, PhD, seorang profesor di New York University Meyers College of Nursing, mengatakan kepada The New York Times bahwa pasien yang divaksinasi yang terinfeksi Omicron cenderung lebih sering mengeluh sakit kepala, nyeri tubuh, dan demam. "Seperti pilek yang sangat parah," katanya.

 


Tidak ada gejala sesak napas bagi yang sudah divaksinasi kemudian kena Covid

Sesak Napas
Ilustrasi Sesak Napas Credit: pexels.com/Hola

Di sisi lain, sesak napas, batuk, dan gejala mirip flu lainnya hanya benar-benar menyerang orang yang tidak divaksinasi yang terinfeksi varian ini.

Craig Spencer, MD, direktur Kesehatan Global dalam Pengobatan Darurat di New York-Presbyterian dan Pusat Medis Universitas Columbia, mengatakan bahwa orang yang telah menerima booster juga mungkin mengalami sakit tenggorokan, sementara mereka yang sudah divaksinasi dua dosis mungkin juga mengalami kelelahan dan batuk.

"Tapi tidak ada sesak napas. Tidak ada kesulitan bernapas," cuitnya pada 26 Desember.

 


Mereka juga cenderung tidak memiliki satu gejala tertentu

Sakit kepala dan Demam
Ilustrasi Demam dan Sakit Kepala Credit: pexels.com/pixabay

Hilangnya bau dan rasa adalah gejala yang kurang umum dengan Omicron. Tetapi mereka yang memiliki kasus terobosan mungkin juga kehilangan satu tanda Covid yang sebelumnya dapat dilihat: demam.

"Saya pikir apa yang kami alami, bagaimanapun, adalah untuk orang yang divaksinasi, atau divaksinasi dan dikuatkan, kami tidak melihat banyak demam, jika ada, dibandingkan dengan orang yang tidak divaksinasi," Judith O'Donnell, MD, dari kepala penyakit menular di Penn Presbyterian Medical Center, mengatakan kepada The Philadelphia Inquirer.

O'Donnell juga menegaskan bahwa infeksi terobosan ini lebih mungkin menghasilkan gejala seperti pilek. "Orang yang divaksinasi yang memiliki gejala pilek, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan, tetapi tidak mengalami demam—jika Anda divaksinasi dan sudah di-booster, dan itu adalah gejala yang Anda alami, Anda mungkin terkena COVID-19," dia berkata.

 


Kasus yang divaksinasi dan tidak divaksinasi berbeda dalam tingkat keparahan dengan Omicron

Ilustrasi vaksin booster
Ilustrasi pemberian vaksin booster yang akan dilaksanakan mulai 12 Januari 2022 (dok.pexels)

Tetapi banyak dokter mengatakan bahwa perbedaan terbesar yang dialami orang yang divaksinasi dan tidak divaksinasi dengan Omicron bukanlah jenis gejalanya—tetapi tingkat keparahan gejalanya.

Peter Chin-Hong, MD, seorang spesialis penyakit menular di University of California, San Francisco, mengatakan kepada KSN yang berafiliasi dengan NBC di Wichita, Kansas, bahwa orang yang divaksinasi dan di-booster tampaknya memiliki gejala yang tidak terlalu parah yang juga berlangsung dalam waktu yang lebih singkat.

Menurut Chin-Hong, orang yang tidak divaksinasi kemungkinan akan melihat gejala selama lima hari atau lebih, sementara mereka yang divaksinasi lengkap mungkin hanya memiliki gejala selama satu atau dua hari.

"Sejauh ini ada sedikit data sistematis, tetapi saya berharap banyak orang yang divaksinasi dan terutama orang yang dikuatkan mengalami gejala yang sangat ringan," katanya, seraya menambahkan bahwa ada juga "proporsi yang lebih tinggi dari orang yang divaksinasi yang tidak menunjukkan gejala."


Infografis

Infografis Gejala Covid-19 Omicron dan Cara Penanganan
Infografis Gejala Covid-19 Omicron dan Cara Penanganan (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya