5 Fakta Unik Tentang Bendera pada Beberapa Negara di Dunia

Berikut lima fakta unik tentang bendera di beberapa negara di dunia.

oleh Renta Nirmala Hastutik diperbarui 24 Nov 2022, 17:30 WIB
Diterbitkan 24 Nov 2022, 17:30 WIB
Ilustrasi bendera negara anggota ASEAN
Ilustrasi bendera negara anggota ASEAN. (Gambar oleh Thuận Tiện Nguyễn dari Pixabay )

Liputan6.com, Jakarta - Kalian mungkin tidak berpikir bahwa ada banyak hal yang perlu diketahui tentang bendera, selain digunakan untuk mengidentifikasikan suatu negara. Nyatanya , bendera bisa jadi jauh lebih kompleks dan menarik daripada yang mungkin kita pikirkan.

Sangat mudah untuk melihat bendera dan menghargai warna, bentuk serta polanya, tetapi apakah kalian pernah bertanya-tanya mengapa bendera dibuat dengan cara tertentu?

Bendera merupakan salah satu unsur yang penting bagi suatu negara karena bendera telah menjadi ciri dan simbol penting untuk negara tersebut. Bendera selalu berkibar saat upacara kemerdekaan, hari-hari nasional dan kebangsaan suatu negara dan berkibar saat suatu negara memenangkan pertandingan dalam skala internasional.

Salah satu bentuk kebanggaan warna negara juga dapat disimbolkan dengan bendera negara. Namun, bendera negara-negara di dunia ini mempunyai ciri khas, fakta unik dan histori atau latar belakang yang berbeda.

Warna, bentuk dan simbol yang digunakan sesuai dengan representasi yang menggambarkan sejarah dari negara tersebut. Meskipun terdapat bendera yang memiliki warna sama dengan negara lain, arti dan makna setiap bendera berbeda.

Untuk itu bendera-bendera di dunia ini mempunyai cerita dan beberapa hal unik yang mungkin tidak kalian sadari. Mengutip dari laman The Fact Site, Selasa (17/05/2022) berikut lima fakta unik tentang bendera beberapa negara di dunia:

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Nepal Punya Bendera yang Tidak Memiliki 4 Sisi

Negara
Bendera negara Nepal

Tahukah kalian bahwa bendera Nepal bukanlah persegi atau persegi panjang? Hal ini menjadikannya satu-satunya bendera di dunia yang tidak berbentuk segi empat.

Bendera Nepal terdiri dari dua bentuk segitiga, sering disebut sebagai pennon atau panji. Beberapa simbol tersebut ditumpuk di atas satu sama lain untuk membentuk bendera.

Bendera ini secara resmi dijadikan bendera Nepal pada tahun 1962. Bendera ini memiliki latar belakang merah merah tua yang melambangkan keberanian dan pita biru yang menguraikan bendera yang melambangkan perdamaian. Ada dua simbol yaitu satu di setiap segitiga, matahari dan bulan sabit.


2. Ungu adalah Warna Langka untuk Bendera

Ilustrasi Bendera, Dunia, Negara
Ilustrasi Bendera, Dunia, Negara (Image by Gordon Johnson from Pixabay)

Warna yang paling jarang ditemukan pada bendera adalah ungu. Warna ini hanya digunakan pada dua bendera di dunia. Ungu sering melambangkan kebangsawanan atau kekayaan, sehingga mungkin mengejutkan bahwa warna ini tidak digunakan pada lebih banyak bendera saat ini.

Warna ungu dapat ditemukan pada bendera Nikaragua dan bendera Dominika. Alasan mengapa hanya dua negara ini yang menggunakan warna ini adalah karena pewarna ungu sepanjang sejarah dua negara ini selalu mahal dan sulit didapat. Oleh karena itu warna lain lebih disukai dan banyak digunakan untuk negara-negara di dunia lainnya.

 


3. Denmark adalah Negara dengan Bendera Tertua di Dunia

Foto Piala Eropa: Timnas Denmark Meledak-Ledak Usai Dipastikan Lolos ke Babak 16 Besar Euro 2020
Pemain Timnas Denmark, Andreas Christensen, melakukan selebrasi dengan mengibarkan bendera nasional. Denmark jadi tim pertama dalam sejarah Piala Eropa yang lolos ke babak knockout setelah kalah di dua laga pertamanya di fase grup. (Jonathan Nackstrand/Pool via AP)

Bendera telah digunakan selama ratusan tahun, tetapi selalu berubah seiring perkembangan negara. Namun, bendera negara yang paling konsisten digunakan di dunia adalah bendera Denmark.

Latar belakang merah dengan garis putih tunggal melalui tengah secara horizontal pertama kali digunakan pada tahun 1625 dan masih sama sampai sekarang. Namun desainnya sendiri dibuat pada tahun 1219. Di Denmark bendera ini dikenal sebagai Dannebrog, yang diterjemahkan menjadi "Kain Denmark".


4. Sudan Selatan Negara dengan Bendera Termuda di Dunia

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dan Wakil Menteri Luar Negeri Sudan Selatan, Honorable Deng Dau Deng Malek, disela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-77 di New York (20/09/22). (Dok: Kemlu RI)
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dan Wakil Menteri Luar Negeri Sudan Selatan, Honorable Deng Dau Deng Malek, disela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-77 di New York (20/09/22). (Dok: Kemlu RI)

Bendera terbaru di dunia adalah bendera Sudan Selatan. Bendera ini lahir pada tanggal 9 Juli 2010. Bendera ini dibuat setelah berakhirnya perang saudara kedua dengan Sudan.

Namun bendera ini dirancang pada tahun 2005 tetapi tidak diresmikan sampai Sudan Selatan memperoleh kemerdekaan pada tahun 2011. Bendera ini terdiri dari warna hijau, merah, hitam, biru, dan simbol bintang kuning.

Bendera ini memiliki tiga garis horizontal, segitiga biru di sisi kiri dengan bintang kuning di tengahnya. Bagi Sudan Selatan, warna merah melambangkan pertumpahan darah bagi negara mereka untuk mendapatkan kemerdekaan, warna hijau melambangkan alam dan kekayaan alam negara dari tanah dan warna hitam melambangkan rakyat.

Warna biru adalah simbol Sungai Nil dan bintang kuning yang berada di dalamnya melambangkan persatuan. Ada garis-garis putih di antara setiap warna dan ini melambangkan perdamaian.


5. Hanya Ada Dua Bendera Berbentuk Persegi di Dunia

Foto MotoGP: Penghormatan Terakhir Pebalap MotoGP Bagi Jason Dupasquier
Bukan hanya dari Fabio Quartararo, tapi bagi Miguel Oliviera serta Joan Mir yang finish di urutan kedua dan ketiga kemenangan mereka didedikasikan bagi Jason Dupasquier dengan membentangkan bendera Swiss negara asal pebalap Moto3 tersebut. (Foto: AP Photo/Antonio Calanni)

Dari 193 bendera kedaulatan dunia, 190 di antaranya berbentuk persegi panjang, hanya tiga yang berbeda. Salah satu dari ketiganya adalah bendera Nepal dengan bentuk segitiga, tetapi dua lainnya adalah bendera Swiss dan Kota Vatikan.

Pertama-tama tidak semua orang akan berpikir bahwa Kota Vatikan adalah negaranya sendiri, tetapi sebenarnya ini adalah negara terkecil yang diakui di dunia.

Bendera yang digunakan untuk Kota Vatikan diresmikan pada tanggal 7 Juni 1929. Ini adalah salah satu dari dua bendera dunia berbentuk persegi dan setengah kuning atau emas dan setengah putih.

Pada bagian putih yang terletak di sisi kanan bendera, terdapat lambang Vatikan. Bendera persegi kedua di dunia adalah bendera Swiss, yang sering disalahartikan sebagai bendera medis yang digunakan oleh Palang Merah.

Ini adalah persegi merah dengan salib putih di tengahnya. Bendera ini telah digunakan oleh Swiss sejak tahun 1889. Bendera ini melambangkan kebebasan dan kehormatan, salib putih melambangkan kekristenan dan latar belakang merah melambangkan darah yang hilang untuk menegakkan iman mereka.

infografis journal
infografis Daftar 10 Negara dengan Kasus Diabetes Tertinggi di Dunia. (Liputan6.com/Abdillah).
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya