Perbandingan Rekor Dua Legenda Argentina, Lionel Messi dan Diego Maradona

Diego Maradona dan Lionel Messi adalah nama-nama yang akan muncul di dalam benak seseorang saat bicara tentang pesepak bola terbaik dalam sejarah.

oleh Afifah Nur Andini diperbarui 16 Des 2022, 17:15 WIB
Diterbitkan 16 Des 2022, 17:15 WIB
Lionel Messi Cetak Sejarah Baru, Lampaui Diego Maradona
Lionel Messi cetak sejarah baru, lampaui Diego Maradona. (source: Live Score)

Liputan6.com, Jakarta - Lionel Messi dan Diego Maradona tidak hanya menjadi pemain terbaik di timnas Argentina. Keduanya juga mendapatkan julukan sebagai legenda, sebab dianggap sebagai pemain sepak bola terhebat di masanya. Kedua nama tersebut bahkan tidak diragukan lagi merupakan nama-nama yang akan muncul di dalam benak seseorang saat berbicara tentang pesepak bola terbaik dalam sejarah. 

Ketika berada di lapangan, baik Lionel Messi maupun Diego Maradona menunjukkan kejeniusan mereka selama bermain. Mengutip situs as.com, Jumat (16/12/20222), salah satu kisah menarik tentang mendiang Maradona diceritakan oleh pemain asal Inggris, Gary Lineker. Lineker mengenang kembali perasaan takjubnya kala menonton Maradona melakukan pemanasan dan menyebut, semua orang kagum kepadanya.

Kini, Lionel Messi menjadi orang yang paling dekat untuk menggantikan Maradona, sebagai bintang Argentina. Tidak hanya Argentina, dunia mengakui Messi memiliki keterampilan dan kemampuan mencetak gol yang membuat para penonton sepak bola terkagum-kagum.

Walaupun karier Maradona tidak seproduktif Messi, pada masanya ia telah memenangkan Piala Dunia sehingga memperoleh status sebagai pemain Argentina terbaik, berdasarkan catatan statistiknya. Posisi Maradona sebagai pencetak gol terbanyak pun berhasil dilampaui oleh Messi, yang kemudian menurunkan nama si pemilik gol 'Tangan Tuhan' itu di posisi kedua.

Piala Dunia 1986 merupakan terakhir kalinya Argentina memenangkan trofi Piala Dunia dan membuat Maradona dikategorikan sebagai pemain top Argentina yang pernah ada. Sejak saat itu Argentina belum lagi mengangkat trofi kemenangan hingga saat ini.

Messi nyaris mengangkat trofi Piala Dunia yang didambakan tersebut pada tahun 2014. Sayangnya, Messi gagal membawa Argentina juarai Piala Dunia 2014 usai kalah 1-0 saat melawan Jerman di partai final. 

Sebelum bergabung dan berpartisipasi dalam Piala Dunia 2022, Argentina sudah mengantongi kekuatan 36 pertandingan beruntun tak terkalahkan. Saat ini, Argentina kembali mendapatkan kesempatan untuk memenangkan trofi Piala Dunia setelah lolos ke final Piala Dunia Qatar 2022. Mereka akan berhadapan dengan Prancis dalam turnamen yang akan berlangsung pada Minggu (18/12/2022) di Stadion Lusail, Qatar.

 

 

 


Rekor yang Dipecahkan Lionel Messi di Piala Dunia 2022

Foto: Banjir Rekor di Laga Ke-1000 Lionel Messi Saat Piala Dunia 2022, Samai Ronaldo hingga Salip Maradona
Lionel Messi kini berhasil menyalip rekor yang ditorehkan oleh Diego Maradona dan Guillermo Stabile sebagai pencetak gol terbanyak timnas Argentina. Messi tercatat telah membuat 9 gol atau unggul satu gol dari Maradona dan Stabile. (AP/Thanassis Stavrakis)

Dalam pertandingan tahun ini, Lionel Messi telah memecahkan banyak rekor Piala Dunia Argentina di Piala Dunia 2022. Pria dengan tinggi badan 1,69 meter ini menjadi pemain tertua yang mencetak lima gol di Piala Dunia.

Messi juga merupakan pemain Argentina yang telah mencetak gol terbanyak di Piala Dunia. Ia hanya membutuhkan satu penampilan lagi untuk menjadi pemain yang paling banyak tampil dalam sejarah Piala Dunia.

Selain itu, Messi mencetak gol keenam belas untuk Argentina pada tahun 2022, ini menjadi gol terbanyak untuk negaranya dalam berbagai kalender. Untuk saat ini tercatat tahun 2012 dan 2021 menjadi tahun Messi menciptakan gol terbanyak, yaitu 12 gol di 2012 dan 9 gol di 2021.

Sejak 1966, Messi merupakan pemain pria pertama yang mencetak gol dan memberikan assist dalam tiga pertandingan Piala Dunia yang berbeda. Dirinya juga menjadi pemain pertama sejak 1966 yang mempunyai catatan gol dan assist dalam pertandingan babak sistem gugur berturut-turut.


Penampilan Lionel Messi dan Diego Maradona di Sejarah Piala Dunia

Lionel Messi dan Diego Maradona
Lionel Messi dan Diego Maradona setelah laga Timnas Argentina kontra Korea Selatan di Piala Dunia 2010. (AFP/Gabriel Bouys)

Terkait dengan keterlibatan Lionel Messi dalam turnamen Piala Dunia, Messi menjadi pemain yang memiliki keterlibatan gol terbanyak sejak Piala Dunia 1966, bersama Mirosklav Klose, Ronaldo Mazario, dan Gerd Müller.

Di samping itu, dibandingkan dengan Diego Maradona, Messi memiliki catatan gol lebih banyak daripada Maradona. Namun, untuk pertandingan final Piala Dunia, Maradona sudah bertanding di final sebanyak dua kali dan memenangkan trofi Piala Dunia satu kali. Sementara untuk Messi baru bertanding di final Piala Dunia sebanyak satu kali. Messi akan kembali ikuti final Piala Dunia 2022 di Qatar.

Namun, untuk soal produktivitas, Messi telah berpartisipasi dalam pertandingan Piala Dunia sebanyak lima kali, yaitu pada tahun 2006, 2010, 2014, 2018, dan 2022. Sementara Maradona tampil di Piala Dunia sebanyak empat kali, yaitu pada tahun 1982, 1986, 1990, dan 1994.


Data Statistik Piala Dunia dari Lionel Messi dan Diego Maradona

FOTO: Potret Kedekatan Lionel Messi dan Diego Maradona
Pelatih Argentina, Diego Maradona, memberikan selamat kepada Lionel Messi usai menaklukkan Meksiko dengan skor 3-1 pada laga Piala Dunia di Stadion Soccer City, Afrika Selatan, (27/6/2010). (AFP/Javier Soriano)

Mengutip Khel Now (16/12/2022), berikut ini catatan statistik dari Diego Maradona:

Pertandingan: 21

Gol: 8

Rata-rata gol: 0.38

Assist: 8

Final Piala Dunia: 2

Trofi Piala Dunia: 1

Sementara itu, catatan statistik Lionel Messi adalah sebagai berikut:

Pertandingan: 25

Gol: 11

Rata-rata gol: 0.44

Assist: 8

Final Piala Dunia: 1

Trofi Piala Dunia: 0

Infografis Mesi
Infografis 9 Kesialan Lionel Messi (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya