4 Manfaat Konsumsi Suplemen Chyawanprash untuk Anak dan Dewasa

Manfaat suplemen Chyawanprash, obat tradisional para ayurveda (metode pengobatan kuno).

oleh Nanda Rabita Nur Ilahiyah diperbarui 23 Des 2022, 12:30 WIB
Diterbitkan 23 Des 2022, 12:30 WIB
Brand Madu Pilihan Jadi  Pelopor Suplemen Persiapan Menyusui
Brand Madu Pilihan Jadi Pelopor Suplemen Persiapan Menyusui.  foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Chyawanprash atau yang dikenal juga dengan Chayavanaprasham merupakan suplemen para Ayurveda (metode pengobatan tertua) yang manfaatnya sebagai penguat kekebalan terbuat dari beberapa bahan.

Bahan-bahan itu adalah madu, ghee (semacam mentega cair), selai gooseberry India (amla), minyak wijen, buah beri, dan berbagai bumbu dan rempah-rempah yang dapat dijumpai di berbagai toko online.

Pakar Ayurveda sekaligus pendiri Krishna's Herbal and Ayurveda, Shrawan Daga mengatakan, chyawanprash memiliki sejumlah manfaat.

"Chyawanprash membantu menghilangkan racun dari tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol. Karena sifat antioksidannya, ia meningkatkan kekuatan dan vitalitas serta memperlambat proses penuaan. Sebagai tonik otak, chyawanprash juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak seperti daya ingat," ujar Shrawan Daga.

Melansir laman Timesofindia, Jumat (23/12/22) berikut sederet daftar manfaat mengonsumsi chyawanprash:

 

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Chyawanprash adalah suplemen kesehatan bioaktif tradisional yang meningkatkan aktivitas beberapa sel sistem kekebalan tubuh.

Dan diyakini paling efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sebab, Chyawanprash mengandung amla (gooseberry India) yang tinggi vitamin C yang dikenal untuk merangsang kesehatan kekebalan tubuh.

Serta, amla juga memiliki sifat adaptogenik, yang memungkinkan tubuh beradaptasi dengan stres dan mengatur kekebalan.

Bahkan, suplemen satu ini juga mampu meningkatkan kekebalan anak, tingkat energi, dan kebugaran fisik.

2. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Diketahui bahan-bahan dalam Chyawanprash dapat membantu proses pencernaan. Sebab, suplemen obat ayurveda ini memiliki sifat karminatif (meredakan kolik angin dalam perut) yang membantu mencegah perut kembung.

"Chyawanprash juga membantu menghilangkan akumulasi kotoran (bahan limbah) dengan meningkatkan pencernaan. Konsumsi chyawanprash secara teratur dapat memperlancar buang air besar dan pencernaan," kata Daga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat Selanjutnya

Ilustrasi sakit flu, demam
Ilustrasi sakit flu, demam (Photo created by drobotdean on freepik.com)

3. Melindungi dari Infeksi Musiman

Chyawanprash adalah obat herbal kuat yang menggabungkan manfaat kesehatan yang luar biasa dan dapat menyembuhkan hampir semua masalah kesehatan.

Adapun, seperti diketahui bersama bahwa orang-orang seringkali menjadi mangsa perubahan musim yang akhirnya dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan berpotensi menyebabkan infeksi.

Namun, dengan mengkonsumsi chyawanprash dalam jumlah yang dibutuhkan setiap hari dapat membantu melawan penyakit musiman dan infeksi virus berulang. Seperti penyakit musiman flu dan batuk.


Manfaat Selanjutnya

6 Cara Efektif dalam Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Anak
Ilustrasi anak bermain untuk meningkatkan daya ingat (Foto: unsplash/Ashton Bingham)

4. Meningkatkan Daya Ingat dan Fungsi Otak

Suplemen satu ini telah terbukti memiliki manfaat dan peran penting dalam menjaga kesehatan otak.

Sebab, chywanprash mengandung bahan-bahan alami yang dikenal dapat memberikan nutrisi pada sel-sel otak. Serta, sifat antioksidan yang dimiliki chyawanprash mempercepat fungsi memori yang tepat dan meningkatkan koordinasi di antara berbagai bagian tubuh.

Jadi, chyawanprash sangat cocok sebagai pilihan pertama suplemen setiap orang karena kemampuannya yang kuat untuk meningkatkan retensi dan kemampuan belajar.


Brand Madu Pilihan Jadi Pelopor Suplemen Persiapan Menyusui

Brand Madu Pilihan Jadi Pelopor Suplemen Persiapan Menyusui
Brand Madu Pilihan Jadi Pelopor Suplemen Persiapan Menyusui. foto: istimewa

Sebelumnya, pemberian ASI (Air Susu Ibu) pertama kali untuk bayi baru lahir oleh ibu menyusui memiliki kandungan Imunoglobulin A yang merupakan antibodi terbaik dan kandungan Laktoferin yang merupakan protein untuk membantu mencegah bayi terkena infeksi, diare, ISPA (Infeksi saluran pernapasan akut) serta kematian bayi eksogen (post neonatal).

Namun berdasarkan Data Badan Pusat Statistik Indonesia pada 2021, kurang lebih 30 persen ibu di Indonesia tidak memberikan Air Susu Ibu atau ASI Ekslusif untuk 6 bulan pertama kehidupan buah hati mereka.

Pemicu utama yang mengakibatkan seorang Ibu gagal dalam memberikan ASI eksklusif kepada bayi yaitu karena pasokan ASI yang rendah atau kurang. Pasalnya setiap wanita memang memiliki hormon yang berbeda termasuk saat memproduksi ASI.

Sayangnya di Indonesia masih minim edukasi untuk mempersiapkan ASI. Sehingga rata-rata wanita yang tidak memproduksi ASI mengatasinya dengan mengonsumsi ASI Booster setelah lahiran atau memberikan susu formula kepada bayi mereka.

Padahal, ASI bisa dipersiapkan sejak masa kehamilan. Ibu yang mengandung janin usia trimester 3 direkomendasikan untuk segera mempersiapkan program menyusui dengan mencukupi kebutuhan edukasi seputar laktasi, olahraga dan istirahat yang cukup, pijat oksitosin, diberikan dukungan oleh suami dan keluarga, serta mengonsumsi makanan yang mengandung galaktagog (sumber makanan yang dapat merangsang ASI).

Kabar Baiknya, kini di Indonesia telah hadir Rukaiah Madu Lacta sebagai Suplemen Persiapan menyusui yang diformulasikan dengan Inovasi Trilogi Formula yaitu daun katuk, gold rich ajwa dan madu murni.

Ketiga kombinasi herbal Madu Lacta ini telah teruji ilmiah dan efektif untuk merangsang hormon prolaktin dan oksitosin sehingga mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI.

Infografis 5 Tips Cegah Jerawat Saat Pakai Masker Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Infografis 5 Tips Cegah Jerawat Saat Pakai Masker Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya