Liburan Sekolah di Rumah? Ini 8 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan

Waktu liburan sekolah yang cukup panjang ini bisa kamu manfaatkan dengan melakukan berbagai kegiatan yang produktif dan seru.

oleh Shintya Tifanny Affifah diperbarui 24 Des 2022, 09:02 WIB
Diterbitkan 24 Des 2022, 09:02 WIB
4. Manfaatkan Liburan
Selain melepas lelah, dengan liburan kamu juga bisa mendapatkan inspirasi hidup (Sumber foto: pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta - Bagi para pelajar, minggu ini sudah memasuki waktu liburan sekolah. Adanya pandemi terkadang menjadi penghalang kamu untuk mengatur jadwal liburan keluar rumah. Tapi kamu tidak usah khawatir, lantaran ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di rumah saat liburan. 

Melansir dari DanielWong, Jumat (23/12/2022), waktu liburan sekolah yang cukup panjang ini bisa kamu manfaatkan dengan melakukan berbagai kegiatan yang produktif dan seru, seperti berikut ini:

1. Tetapkan Tujuan dan Rencana yang Jelas untuk Semester Baru

Tetapkan sasaran proses untuk semester mendatang, misalnya kamu ingin bisa mengerjakan latihan soal matematika tambahan setiap hari.

Jadi, luangkan waktu liburanmu untuk merencanakan langkah yang harus kamu ambil di semester depan. Lalu tetapkan 5 hingga 10 sasaran proses untuk semester mendatang.

2. Menonton Video YouTube yang Mendidik

Banyak video Youtube yang mendidik, memberikan pengetahuan baru, wawasan baru dan ilmu baru. Bahkan beberapa guru menjelaskan soal matematika dan cara penyelesaiannya di kanal Youtube. 

Ini rekomendasi tontonan mendidik yang bisa kamu lihat di Youtube, MinutePhysics (semua jenis pembahasan ilmu fisika ) CrashCourse (sejarah, kimia, astronomi) AsapSCIENCE (topik sains mulai dari biologi hingga psikologi). 

3. Menonton Film Dokumenter

Kamu akan mendapat ilmu baru dari film dokumenter yang mengangkat kisah orang hebat atau perjalanan hidup seseorang yang menginspirasi.

Kamu juga bisa melihat perjalanan hidup idola kamu lewat film dokumenter. Hal ini bisa menambah semangat dan memotivasimu untuk meraih cita-cita. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


4. Pelajari Bahasa Asing

Ilustrasi liburan bersama keluarga.
Ilustrasi liburan bersama keluarga. (dok. JillWellington/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Waktu liburan di sekolah bisa kamu manfaatkan untuk mempelajari bahasa asing, baik bahasa Inggris, Arab atau bahkan Korea.

Kamu harus bersungguh sungguh memanfaatkan waktu liburanmu dengan belajar bahasa asing, agar seseorang di sekolah melihat perubahan besar pada diri kamu setelah liburan sekolah. 

5. Pelajari Keterampilan Baru

Salah satu keterampilan baru yang bisa kamu pelajari secara otodidak adalah bermain alat musik. Kamu hanya perlu melihat video Youtube untuk bisa membunyikan harmonika, gitar atau keyboard. Jika kamu ingin mendalaminya kamu bisa mendaftar kelas musik di kesempatan lain. 


6. Tingkatkan Kesehatan Fisik

7 Hal yang Wajib Dilakukan Agar Bisa Traveling di Tahun 2018
Ilustrasi liburan (pixabay.com)

Kamu memiliki banyak waktu selama liburan sekolah. Jadi ini adalah kesempatan yang bagus untuk mulai tidur nyenyak, berolahraga secara teratur, dan makan dengan sehat.

Berolahraga secara rutin bisa membuat kamu lebih kuat, segar dan semangat saat nanti mulai sekolah. 

Membiasakan berolahraga saat liburan, bisa menjadi kebiasaan yang baik untuk dijalankan secara rutin saat sudah masuk sekolah. 


7. Ikuti Kursus Online

7 Aturan Terbaru Libur Sekolah saat Nataru dari Kemendikbud, Wajib Tahu
Kemendikbud Ristek rilis aturan baru libur sekolah jelang Natal dan Tahun Baru. (pexels/pixabay).

Dengan mengikuti kursus online, kamu bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman baru. Ada beberapa kursus online yang bermanfaat untuk kamu, seperti membuat desain grafis, kelas menulis online, dan kursus public speaking. 

8. Membuat Suatu Karya 

Membuat suatu karya adalah hal yang menarik yang bisa kamu lakukan saat liburan sekolah. Jika kamu memiliki ketertarikan di bidang menulis buku, kamu bisa mulai menulis cerita pendek atau novel di Wattpad.

Jika kamu suka membuat aneka camilan dan makanan, kamu bisa mulai membuat kue dan makanan ringan. Dengan melakukan kegiatan di atas, liburan kamu akan menjadi sangat produktif. 

Infografis Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi
Infografis Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya