Agar Otak Terus Sehat hingga Usia Senja, Anda Bisa Lakukan 5 Cara Ini!

Otak merupakan salah satu organ di dalam tubuh yang harus dijaga kesehatannya.

oleh Fachri pada 14 Jan 2023, 10:21 WIB
Diperbarui 14 Jan 2023, 10:19 WIB
Ilustrasi Kesehatan Otak (sumber: unsplash)
Ilustrasi Kesehatan Otak (sumber: unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Otak merupakan salah satu organ di dalam tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Organ tersebut memiliki peran yang penting dalam mengendalikan seluruh fungsi tubuh. Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, fungsi otak akan mengalami penurunan.

Tak hanya itu, hal itu dapat meningkatkan risiko seseorang menjadi pikun, mengidap demensia, hingga penyakit semacam Alzhemeier di masa tuanya. Guna meminimalisir hal tersebut, ada beberapa cara agar Anda bisa menjaga kesehatan otak. 

Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan rutin melakukan olahraga. Selain itu ada beberapa cara lainnya yang bisa Anda lakukan. Mau tahu apa saja? Simak pembahasannya di bawah ini!

 


1. Konsumsi Makanan yang Kaya Akan Omega 3

Ilustrasi makanan yang mengandung Omega 3.
Ilustrasi makanan yang mengandung Omega 3 (Jcomp/Freepik).

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 secara rutin. Sebagaimana diketahui, senyawa tersebut mampu membantu proses regenerasi sel-sel otak.

Pasalnya, fungsi kognitif otak akan bekerja secara optimal ketika proses regenerasi sel-sel otak dapat berjalan dengan baik. Hal tersebut didasarkan pada daya ingat, konsentrasi, hingga koordinasi gerak tubuh yang masih terjaga.

Selain itu, Omega 3 juga memiliki peran untuk mencegah terjadinya pembentuka plak di pembuluh darah yang dapat meminimalisir risiko stroke dan hipertensi. Untuk itu, Anda dapat mengonsumi ikan salmon, minyak zaitun, serta kacang kedelai.

2. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup juga dapat membantu kesehatan otak Anda. Anda bisa menjaga pola tidur dengan rentang waktu 7-9 jam sehari. Selain bisa menjaga kesehatan otak, tidur yang cukup juga dapat membantu meningkatkan mood, mengurangi stres, hingga menjaga imunitas tubuh.

3. Bersosialisasi

Kesehatan otak juga dapat dijaga dengan bersosialisasi dengan lilngkungan sekitar. Pasalnya, dengan Anda melakukan sosialisasi, seperti berkenalan dan berinteraksi dengan orang lain, hal itu dapat menghambat penurunan ingatan pada usia senja.

4. Lakukan Permainan Otak

Guna menjaga kesehatan otak, Anda bisa melakukan permainan puzzle atau teka-teki silang. Dua permainan tersebut merupakan permainan yang sangat membutuhkan kemampuan berpikir dan dapat meningkatkan fungsi kognitif otak Anda. Selain itu, Anda juga bisa menjaga daya ingat lho!

5. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Terkahir, Anda juga mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Senyawa tersebut mampu meningkatkan daya ingat dan mencegah terjadinya stres oksidatif yang dapat menimbulkan kerusakan sel saraf. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan, seperti apel, alpukat, dan anggur.

Itulah lima cara untuk Anda agar dapat menjaga kesehatan otak. Tapi, Anda perlu melakukan lima cara itu secara konsisten, ya! Last but not least, Anda juga jangan melupakan untuk mengonsumsi air mineral agar tubuh terhidrasi dengan baik dan kebutuhan mineral dalam tubuh tetap terjaga!

(*)

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya