10 Alasan Mengapa Hari Valentine Layak untuk Dirayakan - Part 1

Berikut ini deretan alasan mengapa Hari Valentine itu penting untuk dirayakan.

oleh Camelia diperbarui 18 Jan 2023, 21:17 WIB
Diterbitkan 18 Jan 2023, 16:02 WIB
Ilustrasi Hadiah Hari Valentine
Ilustrasi hadiah Hari Valentine. (dok. Pixabay.com/waichi2021)

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tanggal 14 Februari tiap tahunnya, segelintir individu di dunia merayakan Hari Valentine. Tradisinya memang berbeda-beda di seluruh dunia, tetapi seringkali melibatkan cokelat, bunga, kartu yang menyentuh hati, dan hal-hal romantis. 

Tidak semua orang menyukai Hari Valentine, tapi sebenarnya merayakan Valentine bisa menjadi hal yang bagus untuk hubungan. Jadi mengapa Anda tidak mempertimbangkan untuk merayakan hari itu atau memahami tentang apa itu semua?

Berikut ini deretan alasan mengapa Hari Valentine itu penting untuk dirayakan, dilansir dari The Important Site, Rabu (18/1/2023).

1. Baik untuk merayakan suatu hubungan

Jika suatu hubungan kuat dan sehat, Hari Valentine mungkin tidak akan menghancurkannya. Orang-orang dalam hubungan tersebut kemungkinan besar sudah menunjukkan penghargaan satu sama lain, memperhatikan kebutuhan satu sama lain, dan berkomunikasi, jadi tidak ada banyak tekanan di Hari Valentine.

Namun, hari itu memang memberikan kesempatan yang sangat baik untuk merayakan hubungan yang bermakna. Hidup bisa menjadi sibuk dan banyak pasangan tidak dapat memperlambat dan terhubung dengan cara yang mereka inginkan. Hari Valentine adalah alasan yang tepat untuk mempererat hubungan.


2. Menghabiskan waktu bersama di Hari Valentine memperkuat hubungan

Mengulang Kembali Masa Pacaran
Ilustrasi Pasangan Suami Istri Credit: pexels.com/pixabay

Pasangan didorong untuk membeli cokelat, bunga, dan hadiah lainnya untuk pasangan mereka di Hari Valentine, tetapi bagi kebanyakan orang, manfaat sebenarnya ialah menghabiskan waktu berkualitas bersama.

Menurut sebuah artikel di Psychology Today tentang pentingnya Hari Valentine, waktu berkualitas adalah bagian penting dalam menjaga hubungan yang sehat dan memuaskan.

Anda tidak perlu melakukan sesuatu yang mewah. Hari Valentine bisa jadi tentang menghabiskan waktu bersama sambil mendaki, memasak, atau melakukan hal lain yang sama-sama Anda sukai.


3. Menunjukkan penghargaan untuk pasangan Anda adalah penting

pasangan cinta
ilustrasi pria/Image by StockSnap from Pixabay

Anda mungkin merasakan tekanan untuk membeli sesuatu yang mahal untuk pasanganmu, tetapi banyak individu hanya ingin tahu bahwa pasangannya menghargai mereka. Menunjukkan penghargaan untuk siapa pasanganmu dan bagaimana mereka mendukungmu sangat penting untuk umur panjang suatu hubungan.

Menurut artikel di Psychology Today lainnya, banyak orang ragu untuk mengungkapkan betapa mereka menghargai pasangannya karena mereka menganggap pasangannya sudah tahu atau mereka khawatir mengatakannya dengan lantang akan terasa canggung. 

Yang benar adalah bahwa hubungan mendapat manfaat ketika pasangan secara terbuka mengomunikasikan penghargaan mereka satu sama lain. Artikel tersebut menunjukkan bahwa cara Anda mengungkapkan rasa terima kasih itu penting.


4. Kesempatan yang baik untuk merayakan kesuksesanmu sebagai pasangan

Tidak Terpaku Pada Pemikiran Konservatif Tentang Peran dalam Keluarga
Ilustrasi Pasangan Suami Istri Credit: pexels.com/pixabay

Ketika orang mencapai hal-hal seperti mendapatkan pekerjaan baru yang bagus atau lulus dari perguruan tinggi, yang lain mengatakan "Selamat!"

Dalam hubungan yang sehat, pasangan merayakan jenis kesuksesan ini besar dan kecil jadi pada Hari Valentine, saatnya merayakan hubunganmu. 

Apa yang telah Anda capai bersama? Hambatan apa yang telah Anda atasi? Seperti apa pun dalam hidup, hubungan yang sehat berhasil, jadi mengapa tidak merayakannya? Merefleksikan hubungan Anda dan merayakan seberapa jauh Anda telah datang meningkatkan penghargaan Anda satu sama lain, serta perasaan bahagia.


5. Dapat menunjukkan bahwa Anda berkomitmen dalam suatu hubungan

Menguji Kesabaran dengan Sikap Aneh yang Kamu Tunjukkan
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/pixabay

Semua orang ingin tahu bahwa pasangannya berkomitmen pada mereka dan dalam hubungan yang mereka bangun. Ini terutama benar jika hubungan itu baru dan orang-orang yang terlibat belajar bagaimana berkomunikasi.

Jika Anda ingin menunjukkan bahwa Anda serius terhadap seseorang, Hari Valentine adalah kesempatan yang bagus. Seperti biasa, perayaan tidak perlu berlebihan atau mahal, meski bisa jika itu yang Anda berdua inginkan. Meluangkan waktu untuk merencanakan sesuatu yang bermakna menunjukkan komitmen dan investasi Anda.

Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online
Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya