Top 3: Perubahan Buang Air Besar yang Jadi Tanda Kanker Usus Besar

Artikel tentang perubahan buang air besar yang jadi tanda kanker usus besar menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 12 Mar 2023, 11:04 WIB
Diterbitkan 12 Mar 2023, 11:04 WIB
Mengejan Terlalu Kuat Akibat Sembelit
Ilustrasi Mengejan dan Sembelit Saat Buang Air Besar Credit: pexels.com/Drio

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda bahwa buang air besar bisa memberi tahu banyak tentang kesehatan usus dan kolerektal Anda? Sementara banyak yang mengabaikan pola buang air besar mereka, waktu yang dihabiskan untuk buang air besar, konsistensi dan lainnya.

Padahal itu bisa menjadi tanda peringatan dari penyakit yang mendasarinya. 

“Kanker di usus besar disebut kanker kolorektal atau kanker usus besar. Biasanya, kanker ini terjadi di area usus besar dan bisa juga menyerang area rektum. Oleh karena itu, tergantung pada daerah yang terkena di usus besar, itu juga bisa dirujuk ke kanker usus atau kanker rektal,” kata Ahli Onkologi Medis Senior, Pusat Onkologi Spandana & HCG Bangalore, Satheesh CT. 

Meskipun kanker kolorektal bisa menyerang siapa saja, akhir-akhir ini banyak anak muda yang didiagnosis menderita kanker kolorektal karena berbagai faktor.

Artikel tentang perubahan buang air besar yang jadi tanda kanker usus besar menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang kebiasaan yang bantu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang zodiak yang sangat ekspresif.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 6 Perubahan Buang Air Besar yang Jadi Tanda Kanker Usus Besar

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Arti Mimpi Buang Air Besar sebagai Pertanda Perubahan dalam Hidup
Ilustrasi Sakit Perut Credit: pexels.com/Sally

Oleh karena itu, ketahui beberapa perubahan buang air besar yang bisa menjadi sinyal kanker kolerektal berikut ini, seperti melansir dari Times of India, Sabtu (11/3/2023).

1. Nyeri terus-menerus saat buang air besar

Ini adalah salah satu gejala yang paling umum dari kanker usus besar, yang sering diabaikan dengan asumsi masalah pencernaan. Juga, seseorang mungkin mengalami sakit perut atau kram atau nyeri di area usus.

Hal ini disebabkan adanya penyubatan di daerah usus besar yang membuat orang tersebut sulit untuk buang air besar. 

Jika rasa sakit berkelanjutan bahkan setelah buang air besar, seseorang harus segera konsultasi ke dokter.

Selengkapnya....

 


2. 4 Kebiasaan yang Bantu Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

ilustrasi bau mulut
ilustrasi bau mulut (sumber: freepik)

Tidak semua individu menyadari seberapa besar peran mulutmu dalam menjaga kesehatanmu secara keseluruhan, karena mampu memberi tahumu tentang masalah yang mungkin terjadi.

Itu karena mulut terhubung dengan saluran pernapasan dan pencernaan, yang berarti banyak kuman bisa masuk melalui mulutmu dan dipindahkan ke seluruh tubuhmu. 

Itulah mengapa sangat penting untuk menjaga kebersihan mulut sepanjang hari dan memperhatikan hal-hal kecil juga. 

Oleh karena itu, ketahui beberapa kebiasaan yang bantu menjaga kesehatan mulut dan gigi, seperti melansir dari Bright Side, Sabtu (11/3/2023).

1. Jangan menyikat terlalu keras

Gusi setiap orang harus bewarna merah muda dan kencang jika kondisinya 100% sehat. Namun, beberapa individu mengalami gusi bengkak yang sering mengeluarkan darah atau, lebih buruk lagi, mulai surut.

Jika gusi Anda menyusut, Anda akan bisa melihatnya, karena gigimu akan tampak lebih panjang dari biasanya. 

Salah satu alasan utama untuk ini mungkin karena Anda menyikat terlalu keras dan dengan sikat gigi yang berbulu keras. Anjuran dokter gigi adalah agar individu menyikat gigi dengan sikat gigi berbulu lembut dengan gerakan memutar. 

Individu tidak boleh menggunakan terlalu banyak tekanan untuk melindungi gigi dari keausan.

Selengkapnya...


3. Sangat Ekspresif, 5 Zodiak Ini Paling Bisa Membagikan Emosi dengan Orang Lain

Memiliki Sifat 'Pemburu'
Ilustrasi Zodiak Aries Credit: pexels.com/Alexandru

Beberapa individu sangat jujur tentang perasaan mereka dengan orang lain. Mereka sangat ekspresif terhadap emosinya dan selalu mengatakan hal-hal yang mereka maksudkan.

Mereka adalah orang-orang yang sangat peduli dan juga sensitif. Mereka selalu siap untuk secara terbuka menunjukkan emosinya, sebab mereka tidak bisa untuk menyembunyikan emosinya.

Seperti beberapa zodiak ini yang paling bisa membagikan emosi dengan orang menurut astrologi, seperti melansir dari Times of India, Jumat (10/3/2023).

1. Taurus

Taurus dikenal sangat peduli dengan orang-orang di sekitar mereka. Yang mereka inginkan hanyalah menciptakan ruang yang nyaman untuk orang yang mereka cintai.

Hati mereka dipenuhi dengan banyak cinta dan penerimaan untuk orang-orang. Tapi kadang-kadang mereka bahkan bisa menjadi posesif, tapi mereka bisa dengan cepat tenang.

2. Cancer

Cancer dikenal individu yang sensitif, cerdas, baik hati dan ramah. Pemilik zodiak ini menyenangkan dan sangat condong ke pasangannya. 

Mereka tidak segan menunjukkan sisi lemah mereka kepada pasangannya karena mereka tahu betapa mereka saling mencintai. 

Selengkapnya...

Infografis Rentetan Awan Panas dan Lava Pijar Gunung Merapi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Rentetan Awan Panas dan Lava Pijar Gunung Merapi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya