Memperluas Pikiran hingga Lebih Sehat, Ini Deretan Manfaat Traveling yang Tak Banyak Orang Tahu

Berikut ini deretan manfaat traveling yang belum banyak orang ketahui.

oleh Camelia diperbarui 12 Mei 2023, 19:00 WIB
Diterbitkan 12 Mei 2023, 19:00 WIB
7 Hal yang Wajib Dilakukan Agar Bisa Traveling di Tahun 2018
Ilustrasi liburan (pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang traveling adalah hal yang penting dalam kehidupan mereka. Namun sebagian orang lagi tak terlalu menganggap penting hal itu. Rupanya traveling juga merupakan bagian penting bagi kesehatan tubuh Anda. 

Ini dapat disesuaikan dengan Anda, kebutuhan Anda, impian Anda, keinginan Anda. Penelitian terus menunjukkan bahwa orang yang merasa puas traveling tidak hanya lebih bahagia, tetapi juga hidup lebih lama. 

Penulis buku ReSYNC Your Life Samir Becic menunjukkan bahwa siswa yang telah bepergian ke luar negeri hampir dua kali lebih mungkin dibandingkan rekan-rekan mereka yang tinggal di rumah untuk menyelesaikan gelar sarjana dan melaporkan pendapatan yang lebih tinggi, melebihi pendapatan rekan-rekan mereka lebih dari 40%.

Sementara itu bagi para pekerja yang mengambil cuti untuk pergi traveling dikatakan lebih produktif, memiliki semangat kerja yang lebih tinggi, dan kecil kemungkinannya untuk secara mental “keluar” dari pekerjaan. Mereka juga melaporkan lebih sedikit stres dan kelelahan.

Sepertiga dari semua orang yang suka traveling juga mengatakan bahwa mereka lebih sering berhubungan seks saat berlibur. Tentunya seks adalah bagian dari tubuh yang sehat juga.

Di AS sendiri, traveling adalah kekuatan ekonomi, mendukung lebih dari 14,4 juta pekerjaan di AS dan menyumbang lebih dari $124 miliar dalam pendapatan pajak domestik. Berikut ini deretan manfaat traveling dilansir dari Health Fitness Revolution:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Memperluas Pikiran Anda

Bujet Terbatas? Ini 5 Tips Liburan ke Luar Negeri dengan Cicilan
Ilustrasi traveling (pixabay.com)

Bepergian memungkinkan pikiran untuk berkembang dan benar-benar melihat dunia dengan cara yang baru dan berbeda. Saat kita terbiasa dengan cara hidup tertentu, pikiran kita cenderung tertutup terhadap banyak kemungkinan kehidupan.


Menjadi Lebih Fleksibel

Ilustrasi traveling
Ilustrasi traveling (Sumber: Pixabay)

Tidak peduli seberapa kaku rencana perjalanannya, traveling selalu memiliki sisi yang tidak dapat diprediksi. Bagi sebagian besar pelancong, itu berarti mereka perlu memberikan waktu untuk spontanitas dalam jadwal mereka. Bepergian akan memaksa Anda untuk lebih fleksibel, kualitas hebat yang akan membuat hidup lebih mudah dalam jangka panjang.


Tempatkan Hal-Hal dalam Perspektif

[Fimela] Ilustrasi Traveling
Ilustrasi Traveling | stocksnap/pixabay.com

Saat kita tinggal di satu tempat selama bertahun-tahun, melihat pemandangan yang sama setiap hari dapat memengaruhi cara kita membayangkan seluruh dunia. Artinya, sampai kita melihat kota atau negara lain secara langsung. Sebagai manusia, kita secara alami membandingkan diri kita dengan orang lain, tetapi ketika kita menemukan budaya dan gaya hidup yang bukan milik kita, kita mendapat kesempatan untuk melepaskan diri dari kebiasaan itu dan menghargai betapa kehidupan orang lain berbeda dari kehidupan kita. Menempatkan segala sesuatu dalam perspektif sangat membantu dalam mengurangi stres atau depresi yang mungkin tertinggal di dalam tubuh.


Bisa Mencoba Makanan Baru

Traveling harga miring
Traveling harga miring. (Foto: PublicDomainPictures from Pixabay )

Traveling memberi kita kesempatan untuk meninggalkan zona nyaman kita dan mencoba makanan lokal. Ini berarti bahwa tubuh kita mungkin mendapatkan nutrisi yang berbeda dari biasanya, menambah aspek kesehatan dalam perjalanan kita!


Menjadi Lebih Aktif

10 Alasan Kenapa Kamu Harus Traveling bersama Pasangan
Ilustrasi traveling bersama pasangan (pixabay.com)

Sebagian besar traveling memiliki unsur tamasya, jalan kaki, hiking, atau olahraga di air. Artinya, Anda bisa aktif sambil tetap membenamkan diri di tempat baru. 

Membangun Sinergi dengan Orang Lain

Traveling dengan orang lain, atau bahkan grup, mendekatkan semua orang dengan berbagi pengalaman baru secara bersamaan.

Belajar Kesabaran

Seringkali ada kendala bahasa dan kejutan budaya saat bepergian. Kita semua bisa belajar menarik napas dalam-dalam, dan tidak memusingkan hal-hal kecil.

Infografis: Dampak Revenge Travel, Kasus Positif Covid-19 Kembali Melonjak
Dampak Revenge Travel, Kasus Positif Covid-19 Kembali Melonjak
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya