8 Tips Menjadi Pasangan yang Baik Menurut Pakar, Bikin Hubungan Langgeng

Jika Anda sedang menjalin suatu hubungan, Anda mungkin ingin tahu bagaimana menjadi pasangan yang lebih baik agar hubungan Anda dengan pasangan menjadi lebih langgeng.

oleh Adelia Septi Viranti diperbarui 19 Mei 2023, 10:04 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2023, 10:04 WIB
8 Tips Menjadi Pasangan yang Baik Menurut Pakar, Bikin Hubungan Langgeng
8 Tips Menjadi Pasangan yang Baik Menurut Pakar, Bikin Hubungan Langgeng - Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda sedang menjalin hubungan yang baru atau sudah menjalin hubungan selama bertahun-tahun, Anda mungkin ingin tahu bagaimana menjadi kekasih yang lebih baik agar hubungan Anda dengan pasangan menjadi lebih langgeng.

“Hubungan yang sehat merupakan hubungan yang sama-sama saling membutuhkan,” kata Elena Touroni, PhD, seorang konsultan psikolog.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa semua hubungan yang sehat pada dasarnya memiliki karakteristik yang sama, yaitu adanya cinta, kepercayaan, dukungan, rasa hormat, kejujuran, dan komunikasi.

Hubungan yang sehat juga dapat dilihat jika kedua pasangan kekasih saling mendukung satu sama lain. Karena, pasangan yang suportif akan selalu mendukung dan mendengarkan dengan penuh perhatian, serta memberikan umpan balik berupa respon yang baik. Itu yang harus diperhatikan ketika mencoba untuk mencari pasangan yang suportif.

Memiliki pasangan yang suportif memang menjadi hal yang didambakan oleh banyak orang. Namun, perlu diketahui bahwa dalam menjalankan suatu hubungan dengan seseorang, sangat mudah untuk terjebak dalam hal yang akan memengaruhi suatu hubungan terutama jika Anda berdua sibuk.

Tak perlu khawatir, tidak sulit untuk membalikkan keadaan dan menjadi pasangan yang suportif. Dari memvalidasi pikiran dan perasaan pasangan Anda, hingga meluangkan waktu satu sama lain dan menaruh minat pada hal-hal favorit pasangan.

Untuk menjadi seorang kekasih yang baik, ada begitu banyak hal yang dapat dilakukan. Berikut beberapa cara menjadi kekasih yang baik, dilansir dari laman Verywellmind, Rabu (17/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tips Menjadi Kekasih yang Baik Menurut Terapis

Keuangan Keluarga
Ilustrasi pasangan yang sedang berdiskusi mengelola keuangan keluarga. Credits: pexels.com by Mikhail Nilov

1. Ajukan Pertanyaan dan Lakukan Diskusi Bersama

Untuk menjadi kekasih yang baik, Anda perlu aktif untuk memberikan pertanyaan kepada pasangan. Pertanyaan yang Anda berikan dapat berupa pertanyaan sederhana mengenai kegiatan keseharian atau bahkan bertanya mengenai hal yang perlu didiskusikan.

Hal ini perlu dilakukan agar komunikasi tetap terjadi dan percakapan dapat menjadi lebih bermakna. Anda dapat mengajukan pertanyaan seperti “apa yang membuat Anda merasa dicintai dan diperhatikan?” Setelah itu, Anda dapat berdiskusi dari jawaban yang diberikan.

2. Validasi Pikiran dan Perasaan Pasangan Anda

Penting untuk melakukan validasi atas pikiran dan perasaan pasangan Anda. Jika pasangan Anda memiliki pendapat dan sudut pandang yang berbeda, Anda hanya perlu untuk menghargai dan menghormati pendapatnya.

Jika pasangan Anda merasa sedih, validasi perasaanya dan beri tahu bahwa merasa sedih merupakan hal yang wajar dirasakan oleh manusia. Untuk menjadi pasangan yang baik, Anda juga perlu memberi kata-kata afirmasi untuk membuat pasangan Anda merasa nyaman.


3. Berikan Apresiasi

Ilustrasi pasangan cinta, romantis, kencan, pacaran
Ilustrasi pasangan cinta, romantis, kencan, pacaran. (Gambar oleh ❄️♡💛♡❄️ Julita ❄️♡💛♡❄️ dari Pixabay)

Berikan apresiasi kepada pasangan Anda walau dengan hal-hal kecil yang dilakukannya. Karena, hal terkecil pun bisa sangat berarti bagi pasangan jika Anda menunjukkan betapa berartinya mereka bagi Anda.

Misalnya, Anda dapat membantu pasangan untuk mengerjakan tugas jika stres dengan pekerjaan, Anda juga dapat membantu membuat kopi di pagi hari. Hal sederhana tersebut menunjukkan bahwa Anda mencintai pasangan.

“Memberikan apresiasi untuk pasangan Anda merupakan salah satu kunci untuk membuat hubungan menjadi bahagia dan langgeng. Tindakan kecil yang Anda lakukan dapat membuat perbedaan besar dalam hubungan Anda,” kata Sullivan.

4. Berkomunikasi Secara Efektif

Komunikasi merupakan kunci jika ingin hubungan yang Anda jalani menjadi langgeng. Komunikasikan segala hal dengan pasangan.

Jika ada sesuatu yang membuat Anda kesal atau sakit hati, cobalah untuk tidak lepas kendali dan lakukan percakapan dengan pasangan. Bicarakan mengenai apa yang Anda rasakan, dan dengarkan jawaban pasangan Anda.

“Penting untuk menemukan momen untuk berbicara dengan pasangan Anda tentang harapan hubungan yang terjalin dan ingin ke arah mana hubungan Anda. Hal ini dapat membantu Anda untuk tetap berada di jalur yang sama dan menyelaraskan apa yang akan terjadi pada hubungan Anda kedepannya,” Jelas Sullivan

5. Menghabiskan Waktu Bersama

Menghabiskan waktu bersama dengan pasangan dapat membantu pasangan mengasosiasikan perasaan yang lebih positif satu sama lain. Jadi, meskipun Anda sibuk dengan kehidupan sehari-hari, Anda harus meluangkan waktu untuk satu sama lain.

“Menghabiskan waktu berkualitas bersama dengan pasangan dapat memperkuat hubungan Anda. Melakukan waktu bersama dapat mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi dalam hubungan Anda,” Kata Kendall Roach, seorang terapis di Babylon.


6. Pelajari Love Language dan Gaya Beragumen Anda

Inilah 5 Love Language yang Perlu Diketahui Agar Hubungan Tetap Harmonis
Memahami love language atau bahasa cinta pasangan bisa menjadi kunci hubungan tetap harmonis. Mengapa demikian? (pexels/vjapratama).

Penting untuk mengetahui love language, dan gaya beragumen satu sama lain. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda berdua dapat memastikan hal tersebut dimiliki oleh pasangan Anda sehingga membuat hubungan menjadi langgeng. Pahami apa yang membuat mereka merasa dicintai dan lakukanlah hal tersebut. 

7. Perlakukan Pasangan Sebaik Mungkin

Jika memutuskan untuk mencintai seseorang, ada banyak hal yang harus dilakukan. Anda harus berusaha untuk memastikan bahwa Anda memperlakukan mereka lebih baik daripada rekan kerja atau teman Anda. Untuk mencintai pasangan Anda dengan lebih baik, Anda harus terus berusaha menjadi lebih baik.

8. Tunjukkan Ketertarikan Hobi Satu Sama Lain

Jika Anda dan kekasih memiliki hobi dan ketertarikan yang sama, hal tersebut merupakan hal yang bagus karena Anda dapat melakukan hal yang menyenangkan dengan pasangan. Memiliki hobi yang sama dengan pasangan juga dapat membuat percakapan dan komunikasi yang terjalin menjadi lebih menarik.  

Jangan khawatir, jika Anda memiliki hobi dan ketertarikan yang berbeda, Anda dapat menunjukkan keterarikan Anda mengenai hobi kekasih Anda sehingga kekasih Anda akan merasa bahwa dirinya sangat dicintai.

Infografis Macam-Macam Bahasa Cinta
Infografis Macam-Macam Bahasa Cinta. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya