Kecam Aksi Matty Healy The 1975, Komunitas LGBTQ+ Malaysia Takut Jadi Sasaran Kekerasan dan Ujaran Kebencian

Komunitas LGBTQ+ Malaysia mengaku takut menjadi sasaran ujaran kebencian dan kekerasan imbas ulah Matty Healy The 1975

oleh Sulung Lahitani diperbarui 25 Jul 2023, 14:52 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2023, 14:50 WIB
The 1975
Siap terbang ke Singapura dan rayakan festival musik selama tiga minggu berturut bersama Marina Bay Sands?

Liputan6.com, Jakarta Anggota komunitas LGBTQ+ Malaysia menyatakan kegelisahan atas aksi kontroversial Matty Healy The 1975, khawatir hal tersebut berisiko semakin memperburuk permusuhan yang mereka hadapi di negara mereka.

“Dia bisa terbang ke luar negeri dan tidak menghadapi konsekuensinya, sementara kami harus menghadapi beban terberat dari apa yang baru saja terjadi,” kata pelakon drag Carmen Rose, yang menggambarkan aksi Matty mementingkan diri sendiri, menambahkan bahwa hal itu berisiko menggagalkan usaha para aktivis menunjukkan sisi baik komunitas LGBTQ+ di Malaysia.

Melansir dari The Guardian, setelah aksi Matty menentang undang-undang anti LGBTQ+ dan mencium rekan seband-nya di panggung, penyelenggara Good Vibes Festival 2023 mengumumkan bahwa seluruh acara akhir pekan telah dibatalkan. Pemerintah juga mengatakan akan memperketat persyaratan masuk bagi artis asing untuk tampil di Malaysia, menurut media lokal.

Dhia Rezki Rohaizad, wakil presiden Jejaka, sebuah kelompok dukungan sosial untuk pria gay, biseksual dan queer di Malaysia, mengkritik penanganan pemerintah terhadap situasi tersebut. Namun dia menambahkan bahwa pidato Matty Healy bukanlah apa yang aktivis di negara itu ingin soroti.

“Kami telah melakukan banyak pekerjaan di lapangan, pengorganisasian masyarakat, dan mengadakan pertemuan pemangku kepentingan dengan lembaga pemerintah daerah,” katanya.

“Melakukannya dalam skala ini, dengan banyak orang yang tidak mengetahui diskusi yang terjadi terkait aktivisme queer, itulah yang berbahaya.”

Hukum pidana federal Malaysia, pertama kali diperkenalkan selama pemerintahan kolonial Inggris, menghukum seks oral dan anal hingga 20 tahun penjara. Setiap negara bagian dan wilayah federal Kuala Lumpur dan Putrajaya juga memiliki hukum syariah yang umumnya mengkriminalisasi seks gay dan ketidaksesuaian gender.

Aktivis telah memperingatkan peningkatan intoleransi selama beberapa tahun terakhir, khususnya mengutip penggerebekan pada pesta Halloween LGBTQ+ di Kuala Lumpur tahun lalu, ketika 20 orang ditangkap.

“Bagi orang-orang yang tinggal di Kuala Lumpur, penggerebekan itu adalah malam yang sangat menakutkan dan saya pikir sejak saat itu banyak dari kita yang hidup dalam ketakutan,” kata Mikhail Hanafi, anggota komunitas LGBTQ+.

“Di banyak tempat lain di dunia, kehidupan malam queer adalah salah satu tempat di mana setidaknya sekelompok orang queer dapat merasa aman dan rasa kebersamaan.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ketakutan komunitas LGBTQ+ di Malaysia

Ilustrasi hubungan sesama jenis (same-sex). LGBT.
Ilustrasi hubungan sesama jenis (same-sex). LGBT. Photo by Marek Studzinski on Unsplash

Ini tidak lagi terjadi di Malaysia, kata Hanafi, menambahkan bahwa ketika lampu menyala di sebuah klub di penghujung malam, beberapa teman langsung merasakan kepanikan, khawatir ini adalah tanda-tanda penggerebekan polisi lagi.

Memang ada nilai lebih saat artis/musisi asing yang berbicara, kata Hanafi. Namun dia menambahkan: “Mereka perlu memperhatikan bagaimana mereka berbicara. Mereka perlu berbicara dengan masyarakat sebelumnya.”

Aktivis sangat prihatin bahwa komentar Healy datang hanya beberapa minggu sebelum pemilihan negara bagian di Malaysia. Kampanye sering bertepatan dengan meningkatnya ujaran kebencian, kata Thilaga Sulathireh, pendiri kelompok Justice for Sisters, yang mengadvokasi hak-hak LGBTQ+.

Pada hari Senin, komisi nasional hak asasi manusia Malaysia mengatakan bahwa meskipun “menganjurkan kesetaraan untuk semua dan kebebasan berekspresi, penting untuk menekankan bahwa hak-hak ini harus dipraktikkan secara bertanggung jawab dan dalam batasan apa pun yang diberlakukan oleh undang-undang setempat dan pertimbangan budaya”.

 


Pentingnya untuk berdiskusi dengan masyarakat terlebih dahulu

Ilustrasi LGBT. (AP Photo/Andre Penner)
Ilustrasi LGBT. (AP Photo/Andre Penner)

Sulathireh mengatakan pernyataan tersebut menggambarkan mengapa komunitas LGBTQ+ merasa gugup. “Ini benar-benar bukti perlindungan yang dimiliki orang LGBT di Malaysia. Tentu saja, orang-orang akan khawatir… jika terjadi sesuatu pada mereka, mereka merasa benar-benar tidak terlindungi.”

Carmen Rose mengatakan dia tidak bisa mengiklankan pertunjukan di Kuala Lumpur, karena tekanan masyarakat.

“Setiap seniman asing yang datang ke sini dan ingin mengadvokasi kami, mereka perlu memahami bagaimana melakukannya,” katanya.

“Apa yang berhasil di barat mungkin tidak berhasil di sini. Mereka mungkin sebenarnya lebih berbahaya daripada kebaikan," pungkas dia.


Imbas Aksi Kontroversial Matty Healy The 1975, Pemerintah Malaysia Perketat Syarat Artis Asing Gelar Konser

Mengenal Sosok Matty Healy, Vokalis The 1975 yang Dikabarkan Jadi Pacar Baru Taylor Swift
Hingga kini belum ada keterangan resmi dari Taylor Swift dan Matty Healy mengenai kabar yang beredar. (Dia Dipasupil/Getty Images/AFP)

Imbas aksi kontroversial Matty Healy band The 1975 mencium rekan satu band, melebar ke mana-mana. Kementerian Komunikasi dan Digital (KKD) Malaysia mengklaim akan memperketat persyaratan masuk bagi artis asing untuk menggelar konser dan pertunjukan di Malaysia

Menurut laporan Says.com, sang menteri, Fahmi Fadzil, mengatakan inisiatif itu akan mencakup pemeriksaan ulang jaminan dari penyelenggara untuk artis asing untuk mengikuti hukum dan peraturan negara.

Menurut laporan Buletin TV3, KKD juga akan bekerjasama dengan Panitia Film Asing dan Pertunjukan Seniman Asing (JK-PUSPAL) untuk melakukan penelitian dan pemutaran terhadap perilaku artis. Hal ini untuk memastikan kejadian seperti yang terjadi di Good Vibes Festival 2023 yang melibatkan pentolan band asal Inggris The 1975, Matty Healy, tidak terulang kembali.

Selengkapnya...

Infografis Wacana Vaksin Covid-19 Booster Berbayar di Masa Endemi. (Liputan6.com/Trieyasni}
Infografis Wacana Vaksin Covid-19 Booster Berbayar di Masa Endemi. (Liputan6.com/Trieyasni}
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya