5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Memperingati Hari Guru Nasional, Mulai dari Buat Video hingga Bacakan Puisi

Berikut ini deretan hal yang bisa para pelajar lakukan untuk memperingati Hari Guru Nasional.

oleh Camelia diperbarui 25 Nov 2023, 12:01 WIB
Diterbitkan 25 Nov 2023, 12:01 WIB
Puisi Guru Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
Guru / Sumber: Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Tanggal 25 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Guru Nasional di Indonesia. Peringatan Hari Guru Nasional dibuat untuk mengapresiasi kerja keras para guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Sebagai informasi, Hari Guru Nasional sendiri ditetapkan berdasarkan keputusan presiden pada tahun 1994. 

Berdasarkan Keppres Nomor 78 Tahun 1994 dan juga UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, 25 November dipilih sebagai Hari Guru Nasional dan diperingati bersamaan dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Di tahun ini, Hari Guru Nasional 2023 memasuki peringatannya yang ke-29. Sementara itu tema yang diangkat pada peringatan Hari Guru Nasional 2023 adalah "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar".

Tentunya tak sedikit para pelajar yang ingin turut serta memperingati Hari Guru Nasional. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk turut serta memeriahkan peringatan Hari Guru Nasional dan juga mengapresiasi kinerja para pendidik. Berikut ini deretan hal yang bisa para pelajar lakukan untuk memperingati Hari Guru Nasional dilansir dari Times of India, Sabtu (25/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Piknik Bersama Para Guru

Hari Guru Nasional
Ilustrasi Hari Guru Nasional (Avel Chuklanov/Unsplash.com)

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memberikan apresiasi kepada para guru di Hari Guru Nasional ialah dengan membuat acara bersama untuk para guru seperti membuat piknik di taman sekolah. Di sana para pelajar bisa saling berbagi makanan, bermain bersama hingga membuat acara persembahan untuk guru. 


2. Membuat Acara Penghargaan untuk Para Guru

Ilustrasi Hari Guru Nasional
Ilustrasi Hari Guru Nasional. (Image by Freepik)

Kalian bisa menyelenggarakan upacara penghargaan guru di mana siswa dapat mencalonkan dan memilih guru dalam berbagai kategori seperti guru paling inspiratif, guru berpakaian terbaik, atau guru yang paling humoris. Jangan lupa untuk membagikan sertifikat atau piala kecil sebagai hadiah.


3. Buat Video Ucapan Terima Kasih

Hari Pertama Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi
Para guru mengikuti upacara sebelum memulai Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) siswa Tahun Ajaran Baru 2020/2021 secara daring atau online di SDN Pekayon Jaya 6, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/7/2020). (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Mintalah para siswa untuk menyumbangkan klip video pendek untuk berterima kasih atas ketekunan dan komitmen para guru. 


4. Buat Buku Kenangan

Ilustrasi Hari Guru
Ilustrasi Hari Guru. (Image by Freepik)

Para siswa juga bisa membuat buku kenang-kenangan berisi foto-foto kebersamaan dengan para guru disertai dengan tulisan kesan dan pesan yang dirasakan untuk para guru. 


5. Bacakan Puisi atau Nyanyikan Lagu

Ilustrasi pedagogik, guru, mengajar
Ilustrasi pedagogik, guru, mengajar. (Gambar oleh 14995841 dari Pixabay)

Hal terakhir yang bisa dilakukan ialah membacakan puisi atau menyanyikan lagu sebagai bentuk apresiasi dan juga ucapan terima kasih kepada para guru. Atau bisa juga jika ingin menciptakan lagu baru atau menulis puisi sendiri.  

Infografis Masalah Pemicu & Solusi Marketplace Guru
Infografis Masalah Pemicu & Solusi Marketplace Guru (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya