Apple Akan Memastikan Postur Tubuh Anda Tepat Saat Pakai Vision Pro

Apple akan memastikan postur pengguna tepat saat memakai Vision Pro

oleh Sulung Lahitani diperbarui 29 Jan 2024, 14:30 WIB
Diterbitkan 29 Jan 2024, 14:30 WIB
Avatar digital saat FaceTime menggunakan Apple Vision Pro (Apple)
Visualisasi proses pemindaian wajah untuk membuat avatar digital saat FaceTime menggunakan Apple Vision Pro (Apple)

Liputan6.com, Jakarta Praorder pertama untuk Apple Vision Pro akan segera sampai ke tangan pengguna, tetapi tampaknya Apple berencana membuat headset seperti Vision Pro merespons postur orang yang memakainya.

Seperti diwartakan oleh Techradar, paten yang baru diterbitkan (melalui Patently Apple) mengacu pada "kesadaran postur berjenjang" – sebuah metode di mana headset dan spesifikasi cerdas dapat mengetahui postur pengguna, dan kemudian melakukan penyesuaian yang diperlukan pada cara konten disajikan.

Jadi, misalnya, lingkungan 3D virtual mungkin akan sedikit disesuaikan berdasarkan cara pengguna berdiri atau duduk, dan efek suara surround yang diterapkan pada umpan audio juga dapat diubah agar se-imersif mungkin.

Paten tersebut juga menyebutkan pembuatan perhitungan berdasarkan seberapa besar tekanan yang mungkin ditimbulkan oleh headset pada orang yang memakainya – informasi ini dapat digunakan untuk memperingatkan pengguna jika postur tubuh mereka memberikan terlalu banyak tekanan pada bagian tubuh mereka.

Ini merupakan paten yang cukup rumit, dan peringatan umum mengenai paten juga berlaku di sini: tidak ada jaminan bahwa ide-ide ini akan benar-benar diterapkan dalam suatu produk, namun ide-ide tersebut menawarkan wawasan menarik tentang apa yang dipikirkan para insinyur Apple.

Sesuatu seperti yang dijelaskan dalam paten berpotensi dikirimkan ke Vision Pro melalui pembaruan perangkat lunak di masa mendatang. Alternatifnya, ini mungkin ditunda untuk versi headset yang akan datang, yang sudah mulai terdengar rumornya.

Apple juga berharap agar lebih banyak pengembang aplikasi mengeluarkan versi khusus aplikasi mereka untuk Vision Pro di masa depan: perusahaan-perusahaan seperti Netflix saat ini sedang menahan diri karena akan memakan waktu cukup lama agar Vision Pro bisa menjadi mainstream.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bos Netflix Masih Enggan Hadirkan Aplikasi Khusus di Apple Vision Pro

Apple Vision Pro (Apple)
Apple Vision Pro (Apple)

Apple telah membuka pre-order Apple Vision Pro pada pekan lalu. Headset perdana Apple ini dibanderol dengan harga Rp 54 juta. Meski sudah diumumkan, Apple Vision Pro ternyata belum didukung sejumlah aplikasi populer, salah satunya adalah Netflix.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Minggu (28/1/2024), dalam wawancara dengan Stratechery, CO-CEO Netflix Greg Peters pun sempat membeberkan alasan aplikasi Netflix belum hadir di headset tersebut.

Dalam wawancara tersebut, Greg menuturkan, Netflix belum meluncurkan aplikasi di Vision Pro karena dianggap belum sepadan dengan upaya perusahaan.

Maksudnya, menurut Greg, jumlah pelanggan potensial yang memiliki Vision Pro dirasa belum cukup, jika dibandingkan upaya perusahaan untuk melakukan porting aplikasi Netflix ke platform tersebut.

Selengkapnya...


Apple Vision Pro Tak Dukung Aplikasi YouTube, Spotify dan Netflix, Ini Alasannya

Apple Vision Pro (Apple)
Apple Vision Pro (Apple)

Apple Vision Pro, kacamata augmented reality (AR) pertama dari Apple resmi diumumkan pada 5 Juni 2023.

Rencananya, Apple Vision Pro ini akan mulai dijual secara online pada 2 Februari 2024 dengan harga USD 3,499 atau Rp 55,4 juta untuk varian 256GB.

Produk ini menawarkan pengalaman komputasi spasial revolusioner, menggabungkan konten digital dengan dunia fisik, serta memungkinkan pengguna untuk tetap hadir dan terhubung dengan orang lain.

Akan tetapi, tidak semua layanan streaming populer dapat dinikmati di Apple Vision Pro saat dirilis nanti.

Sejumlah aplikasi populer, seperti Netflix, Spotify, dan YouTube disebut-sebut tidak akan tersedia di kacamata AR milik Apple itu.

Selengkapnya...

Infografis Journal
Fakta Olahraga Dapat Membantu Gangguan Kesehatan Mental (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya