Apa Manfaat Niacinamide dalam Krim Perawatan Wajah? Ini Tips Memilih Produk yang Pas

Niacinamide merupakan salah satu bahan aktif yang menjadi favorit banyak orang karena efektif untuk mencerahkan kulit. Namun apa sih sebenarnya manfaat adanya niacinamide dalam produk skincare? simak penjelasan berikut!

oleh Naba'ulma Chilmi Noor diperbarui 21 Apr 2024, 20:13 WIB
Diterbitkan 21 Apr 2024, 19:59 WIB
Manfaat Niacinamide dalam Skincare
Manfaat kandungan niacinamide dalam skincare (pexels/shiny diamond).

Liputan6.com, Malang Niacinamide, dikenal sebagai agen pencerah wajah, juga efektif mengontrol produksi minyak berlebih dan mengurangi peradangan. Kandungan ini dapat ditemukan dalam berbagai produk perawatan kulit seperti toner, serum, krim, dan facial wash. Untuk hasil optimal, pilih serum atau krim karena keduanya dapat meresap lebih dalam ke kulit.

Niacinamide cocok untuk semua jenis kulit, dengan hasil yang terlihat setelah penggunaan rutin selama 4 minggu. Namun, sebagai bahan aktif dalam perawatan kulit, perlu perhatian ekstra sebelum memilih produk yang mengandung niacinamide, terutama bagi pemula. Berikut adalah tips untuk memilih produk perawatan kulit dengan niacinamide.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perhatikan Konsentrasi Kandungan Niacinamide dalam Sebuah Skincare

Niacinamide serum
Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum

Sebelum membeli produk niacinamide, periksa konsentrasi di dalamnya untuk menghindari iritasi pada kulit, terutama bagi yang memiliki kulit sensitif dan juga bagi pemula. 

Konsentrasi Niacinamide 2-5% Untuk Pemula

Untuk pemula, gunakan konsentrasi niacinamide 2%-5% untuk mengurangi risiko iritasi. Konsentrasi ini efektif untuk masalah kulit ringan.

Konsentrasi Niacinamide >5% Untuk Pengguna Terbiasa

Bagi yang sudah terbiasa dengan niacinamide konsentrasi rendah, coba produk dengan konsentrasi lebih tinggi untuk hasil pencerah kulit yang optimal.


Jika Kulit Kering, Gunakan Skincare dengan Kandungan Niacinamide Oil Based dan Pelembab

The Ordinary Niacinamide 10% Zinc PCA 1%/dok. The Ordinary
The Ordinary Niacinamide 10% Zinc PCA 1%/dok. The Ordinary

Untuk kulit kering, pilih krim berbasis minyak seperti krim niacinamide yang menambah kelembaban, dan pastikan terdapat juga kandungan pelembab di dalamnya.


Pakai Pelembab Ringan Water Based dengan Kandungan Niacinamide untuk Kulit Berminyak

The Ordinary Caffeine Solution 5% + EGCG
The Ordinary Caffeine Solution 5% + EGCG. Document/Instagram The Ordinary

Pilih krim berbasis niacinamide untuk kulit berminyak yang cepat meresap dan mengurangi risiko jerawat. Untuk pelembab, pilih produk skincare dengan humektan yang ringan.


Jika Mulai Muncul Tanda Penuaan Dini, Pilih Skincare Niacinamide dengan Peptide atau Retinol

Somethinc berikan solusi untuk perempuan Indonesia dalam mengatasi masalah kulitnya
Sadar akan kebutuhan perempuan, Somethinc mengeluarkan 2 produk serum terbarunya yang sudah disesuaikan untuk eksfoliasi kulit (Foto: Official Press Release Somethinc)

Jika Anda mengalami tanda-tanda penuaan dini, pilih skincare yang mengandung niacinamide dengan kombinasi peptide atau retinol. Kulit yang kehilangan elastisitas karena produksi kolagen yang melambat bisa menyebabkan garis halus dan kerutan. Untuk mengatasi ini, kombinasikan niacinamide dengan peptide yang merangsang produksi kolagen dan memulihkan elastisitas kulit.

Retinol, sementara itu, dapat merangsang regenerasi kulit, menggantikan sel kulit mati, dan menyegarkan kulit. Namun, perlu diingat bahwa retinol mungkin terlalu kuat bagi kulit sensitif. Alternatifnya, kombinasikan bakuchiol dengan niacinamide untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dan memudarkan flek hitam jika retinol tidak cocok untuk kulit Anda.


Apa Manfaat Niacinamide untuk Wajah?

Niacinamide dikenal meningkatkan kinerja komponen utama skin barrier seperti ceramide, asam lemak, dan kolesterol. Selain itu, niacinamide juga memperkuat protein sel korneosit.

 


Niacinamide Cocok untuk Jenis Kulit Apa?

Niacinamide banyak digunakan dalam skincare karena manfaatnya yang beragam, cocok untuk semua jenis kulit, termasuk yang berjerawat.


Apakah Niacinamide Boleh Dipakai Setiap Hari?

Karena sifatnya yang cocok untuk kulit, niacinamide bisa digunakan dengan aman setiap hari.


Berapa Lama Hasil Niacinamide Dapat Terlihat?

Manfaat niacinamide biasanya akan mulai terlihat setelah Anda menggunakan produk ini secara rutin selama minimal 4 minggu.


Kandungan Apa yang Tidak Boleh Dicampur dengan Niacinamide?

Serum yang mengandung Niacinamide sebaiknya tidak dicampur dengan AHA/BHA. Lebih spesifiknya, hindari mengombinasikan Niacinamide dengan produk skincare yang memiliki sifat asam.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya