Profil dan Perjalanan Karier Rizky Ridho, Kapten Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia 2024

Rizky Ridho merupakan kapten Timnas U-23 sekaligus pemain sepak bola profesional Indonesia yang bermain sebagai bek tengah untuk klub Liga 1, Persija Jakarta, dan Tim Nasional Indonesia.

oleh Ditha Kirani diperbarui 25 Apr 2024, 16:32 WIB
Diterbitkan 25 Apr 2024, 16:32 WIB
Profil dan Perjalanan Karier Rizky Ridho, Kapten Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia 2024
Profil dan Perjalanan Karier Rizky Ridho, Kapten Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia 2024 (Bola.com/Dok. PSSI)

Liputan6.com, Jakarta - Tim Nasional (Timnas) U-23 akan kembali berjuang di Piala Asia U-23 2024. Meskipun baru pertama kali mengikuti ajang ini, Timnas telah berhasil menunjukkan yang terbaik hingga dapat sampai di babak delapan besar. Perjuangan belum selesai, mereka akan menghadapi Korea Selatan pada Jumat (26/4/2024), pukul 00.30 WIB.

Pertandingan ini tentu mendapatkan perhatian dari banyak pihak, terutama masyarakat Indonesia yang tidak berhenti berdoa dan berharap agar Garuda Muda dapat membawa kabar baik. Selain itu, terdapat pula sosok kapten Timnas U-23 Indonesia yaitu Rizky Ridho Ramadhani yang tidak luput dari perhatian.

Rizky Ridho Ramadhani merupakan pemain sepak bola profesional Indonesia yang bermain sebagai bek tengah untuk klub Liga 1, Persija Jakarta, dan Tim Nasional Indonesia. Saat ini dia merupakan salah satu pemain andalan Timnas, baik di kelompok umur maupun tim senior.

Selain memiliki kepribadian yang disiplin dan lugas, dia juga dapat memimpin timnya dengan sangat baik, terutama dalam Piala Asia U-23 yang ada di depan mata ini. Selain kokoh dalam bertahan, dia juga dapat memberikan kontribusi signifikan dalam upaya Timnas mencetak gol.

Berikut profil dan perjalanan karier Rizky Ridho Ramadhani, Kapten Timnas U-23 yang akan bertanding melawan Korea Selatan malam ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Profil Rizky Ridho Ramadhani

Kapten Timnas U23 Rizky Ridho Juga Hobi Pelihara Vespa (ist)
Kapten Timnas U23 Rizky Ridho Juga Hobi Pelihara Vespa (ist)

Nama lengkapnya adalah Rizky Ridho Ramadhani. Dia lahir di Surabaya pada 21 November 2001 dan memiliki zodiak Scorpio. Ia memiliki tinggi 183 cm dengan berat 59 kg. Rizky Ridho beragama Islam.

Pria dengan nomor punggung 5 di Timnas ini berasal dari Surabaya, tepatnya daerah Gunung Kramat, Kelurahan Putat, Kecamatan Sawahan. Selain itu, Rizky Ridho tercatat sebagai mahasiswa di salah satu kampus di Surabaya, yaitu Universitas Muhammadiyah Surabaya jurusan Manajemen dan terdaftar sebagai penerima beasiswa jalur atlet.

Di sebuah konten tanya-jawab YouTube Persebaya, Rizky Ridho mengakui bahwa idolanya adalah Hasnamu Yama, rekan setimnya sendiri di Persebaya, Persija, dan Timnas Indonesia.

Ketika Rizky Ridho dkk berhasil menjuarai sepak bola SEA Games pada 2023 lalu, sang ayah yang bernama Sutoyo merayakan kemenangan tersebut dengan mengibarkan bendera dan dipasang di atap rumahnya.

Saat ini dia memiliki akun Instagram dengan nama @rizkyridhoramadhani dan telah memiliki 1,4 juta pengikut.


Perjalanan Karier Rizky Ridho Ramadhani Sejak di Persebaya Hingga Timnas Indonesia

Timnas Indonesia vs Vietnam: Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia
Bek sekaligus kapten Timnas Indonesia, Rizky Ridho menguasai bola saat menghadapi Vietnam pada laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Nama Rizky Ridho Ramadhani berhasil dikenal luas setelah sukses masuk skuad Persebaya U-20 yang berlaga di Elite Pro Academy U-20 pada tahun 2019 lalu. Kemudian secara mengejutkan, dia langsung dipromosikan ke tim Persebaya senior pada tahun 2020 berkat penampilan impresifnya.

Selama kariernya bersama tim senior Persebaya, Rizky Ridho berhasil tampil dalam 38 pertandingan dan mencetak 3 gol hingga musim akhir 2022-2023.

Perjalanan kariernya di tim kebanggan masyarakat Surabaya itu harus berakhir tatkala pada April 2023 lalu dia menandatangani kontrak dengan Persija Jakarta. Dia pun resmi hijrah dan akan bersama Persija hingga 2026 mendatang.

Rizky Ridho juga mendapat kesempatan untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-23 ini sejak tahun 2021. Kemudian dia mendapat panggilan untuk bergabung dengan Timnas senior pada Mei 2021.

Lalu, pada Maret 2023, Ridho berhasil mencetak gol pertamanya untuk Indonesia dalam pertandingan persahabatan melawan Burundi.

Infografis 10 Insiden Paling Mematikan di Sepak Bola Dunia. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 10 Insiden Paling Mematikan di Sepak Bola Dunia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya