Potret Perpustakaan Biara Terbesar di Dunia, Punya Desain Indah dan Menakjubkan

Di Austria, terdapat sebuah biara Barok dikenal dengan nama Admont Abbey yang merupakan rumah bagi perpustakaan biara terbesar di dunia serta menjadi karya seni yang memukau.

oleh Azzahra Ilka Aulia diperbarui 28 Apr 2024, 18:59 WIB
Diterbitkan 28 Apr 2024, 18:13 WIB
Potret Perpustakaan Biara Terbesar di Dunia, Punya Desain Indah dan Menakjubkan
Perpustakaan Admont Abbey (Foto: Jorge Royan/Wikimedia Commons)

Liputan6.com, Jakarta Dibangun pada tahun 1074 oleh para biarawan Benediktin Salzburg, Biara Admont terletak di kota Admont dan telah menjadi salah satu tujuan wisata yang terkenal di wilayah Styria.

Meskipun seluruh kompleks biara ini mempesona, perhatian utama tertuju pada perpustakaan yang memiliki panjang 70 meter.

Ini merupakan potret keindahan Perpustakaan Biara Admont yang terkenal, sebagaimana dilansir dari odditycentral.com pada (26/4).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Arsitektur Biara Admont

Dengan hiasan langit-langit yang megah, ukiran kayu, figur emas, rak buku yang diberi lapisan emas, serta tujuh kubah yang dihiasi dengan mural, perpustakaan ini dianggap sebagai salah satu yang paling indah di dunia.

Sebagai salah satu pencapaian terkemuka seni Barok Akhir Eropa, Perpustakaan Biara Admont menggabungkan arsitektur, ukiran, dan mural untuk menciptakan panorama visual yang menakjubkan.

Tempat ini sangat layak dikunjungi.

Meskipun biara tersebut telah berdiri hampir satu milenium, struktur perpustakaannya dibangun pada tahun 1764 oleh arsitek Austria bernama Josef Hueber, yang terinspirasi oleh gerakan Pencerahan atau Illuminisme.

Potret Perpustakaan Biara Terbesar di Dunia, Punya Desain Indah dan Menakjubkan
Arsitektur Biara Admont (Wikipedia)

Ada tujuh mural langit-langit memperindah Perpustakaan Biara Admont yang diciptakan oleh Bartolomeo Altomonte ketika dia sudah berusia lebih dari 80 tahun.


Perpustakaan Biara Admont yang Terkenal

Walaupun telah berdiri selama berabad-abad, popularitas Perpustakaan Biara Admont baru-baru ini meroket secara global dalam tiga tahun terakhir, terutama berkat penggunaan media sosial.

Pada tahun 2018, dengan tujuan mencapai audiens yang lebih luas, para anggota biara memutuskan untuk memanfaatkan kehadiran mereka secara online.

Biara Admont telah mengalami transformasi yang signifikan dengan fokus utama pada pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi utama.

Mereka menawarkan tempat yang sangat menarik untuk diabadikan dalam gambar oleh pengunjung dari seluruh dunia dan dengan antusias para anggota biara membagikan pengalaman tersebut kepada masyarakat umum.    


Kepopuleran Biara Admont

Pada tahun 2018, jumlah peminat yang mengikuti halaman Facebook Biara Admont hanya sebesar 4.500 orang.

Namun, dalam rentang waktu empat tahun berikutnya, angka tersebut melonjak tajam hingga mencapai lebih dari 160.000 orang.

Selain itu, biara ini juga memiliki jumlah pengikut yang mencapai jutaan di berbagai platform media sosial lainnya.

Interaksi mereka mencapai angka 25 juta orang setiap bulannya, meningkat secara signifikan dari sekitar 10.000 orang pada periode empat tahun sebelumnya.

Dengan suasana yang memikat serta strategi pemasaran yang efektif melalui media sosial, Perpustakaan Biara Admont kini menjadi salah satu destinasi perpustakaan yang paling diminati di seluruh dunia.


Apa Fungsi Biara?

Berdasarkan beragam fungsi yang dimiliki oleh sebuah biara, sudah sepatutnya untuk memastikan bahwa biara tersebut dibangun dengan kenyamanan dan keamanan yang maksimal sebagai tempat tinggal yang tenteram serta suci untuk beribadah dan berdoa. Selain itu, biara juga sebaiknya dirancang agar nyaman untuk belajar, memiliki ruang yang luas dan alami untuk mendukung kegiatan lain seperti rekreasi dan olahraga.

 


Apa yang Dimaksud dengan Biara?

Sebuah biara adalah ansambel bangunan yang terdiri dari tempat tinggal para biarawan atau biarawati, yang didominasi oleh gereja biara atau katedral, dan dipimpin oleh seorang kepala biara atau kepala biarawati. Secara konseptual, biara adalah kompleks bangunan yang memenuhi kebutuhan komunitas keagamaan yang hidup mandiri.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya