Robert Downey Jr Bikin Heboh, Ini Alasan Dr Doom dan Iron Man Diperankan Aktor yang Sama

Robert Downey Jr membuat heboh karena bakal memerankan Dr Doom, tokoh yang amat jahat

oleh Sulung Lahitani diperbarui 28 Jul 2024, 16:03 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2024, 16:03 WIB
Robert Downey Jr Bikin Heboh, Ini Alasan Dr Doom dan Iron Man Diperankan Aktor yang Sama
Robert Downey Jr Bikin Heboh, Ini Alasan Dr Doom dan Iron Man Diperankan Aktor yang Sama (doc: Twitter.com/@DiscussingFilm)

Liputan6.com, Jakarta Selama bertahun-tahun, penggemar telah berspekulasi tentang kedatangan penjahat terhebat dalam komik, Dokter Victor Von Doom. Dan di akhir panel Marvel Sabtu malam di San Diego Comic-Con, Presiden Marvel Studios Kevin Feige akhirnya mengungkapkan aktor yang akan memerankan Dokter Doom.

Yang membuat heboh adalah ternyata itu adalah wajah yang sudah kita kenal: Robert Downey Jr. yang akan kembali ke Marvel Cinematic Universe sebagai Dokter Doom. Dia selanjutnya akan menjadi penjahat besar dari film Avengers kelima, yang sekarang telah resmi diberi judul ulang Avengers: Doomsday, dan yang akan disutradarai oleh Joe dan Anthony Russo.

Lalu bagaimana Tony Stark yang merupakan salah satu pahlawan terhebat dengan Iron Man-nya, menjadi penjahat terjahat? Ada beberapa kemungkinan penjelasan.

Menurut laporan Denofgeek, satu jawaban yang mungkin dan jelas untuk pemeran yang sama adalah Anda tidak akan pernah melihat wajah Dr Doom. Bagaimanapun, Victor Von Doom yang sangat sombong bersembunyi di balik topeng dan tidak pernah menunjukkan wajahnya kepada siapa pun setelah sebuah kecelakaan membuatnya tidak sempurna. Jadi, Anda mungkin tidak akan melihat Robert Downey JR tanpa topeng Dr Doom-nya.

Namun, jawaban yang lebih mungkin untuk apa yang akan terjadi adalah bahwa Dokter Doom ini berasal dari realitas alternatif. Bahkan jika perubahan judul resmi Avengers 5 yang baru mengonfirmasi bahwa Kang the Conqueror sudah sepenuhnya selesai di MCU, Marvel Studios masih dalam fase Multiverse Saga, dan Avengers 6 masih di Avengers: Secret Wars.

Lebih jauh, film-film sebelumnya (terutama Deadpool & Wolverine) telah menunjukkan bahwa orang yang sama dapat memiliki wajah yang berbeda, atau bahwa orang yang berbeda dapat memiliki wajah yang sama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dr Doom bakal ada di setidaknya tiga film Marvel

[Bintang] Ini 8 Tokoh di film Superhero yang Paling Kaya Raya
Dr.Doom merupakan salah satu karakter paling cerdar di Marvel. Ia mempunyai kekayaan sebesar USD 35 miliar. (foto: craveonline.com)

Kemungkinan itu tampak lebih mungkin mengingat pengumuman Feige sebelumnya di panel tersebut. Feige mengonfirmasi bahwa film Fantastic Four, yang sekarang secara resmi berjudul Fantastic Four: First Steps, akan mengambil latar di tahun 1960-an retro-futuristik alternatif. Cuplikan adegan yang diputar di konvensi tersebut termasuk cuplikan Galactus yang diperankan Ralph Ineson.

Di antara latar yang dikonfirmasi untuk Fantastic Four: First Steps dan pengungkapan bahwa FF akan ada di Avengers: Doomsday dan Secret Wars, tampaknya Robert Downey Jr tidak akan memerankan satu-satunya Doom. Dia mungkin adalah Victor Von Doom di Fantastic Four: First Steps, dan yang seperti versi karakter yang diperankan oleh Pedro Pascal, Vanessa Kirby, dan yang lainnya, mereka datang ke MCU utama bersama mereka ketika dunia mereka (mungkin) dihancurkan oleh Galactus.

 


Asal Mula Komik dari Doctor Doom dan Tony Stark yang Bertukar Pikiran

[Bintang] Dr Doom
Dr Doom adalah salah satu orang paling jenius di bumi. Kemampuannya adalah ilmu sihir yang bisa menyerap kekuatan. Kekuatan plus kemampuan tak terbatas menjadikan dirinya villain terjahat. (ComicBook)

Meskipun pengungkapannya mengejutkan, ada beberapa preseden untuk itu dalam komik. Setelah seri Secret Wars 2015, yang kemungkinan besar akan menjadi dasar untuk film 2027 yang akan datang, wajah Doom menjadi pucat ketika Reed membuat ulang dunia yang diciptakan Doom. Di antara wajah barunya dan kegagalannya yang dahsyat, Dokter Doom dalam cerita ini memutuskan untuk mengabdikan pengetahuan ilmiahnya untuk menjadikan dunia tempat yang lebih baik.

Dengan hilangnya Tony Stark setelah Secret Wars, Doom mengambil alih peran Iron Man, setidaknya untuk sementara. Hal ini diceritakan dalam serial Infamous Iron Man di mana Victor yang sempat berubah menjadi lebih baik bahkan membantu Avengers, mencoba menebus kesalahannya dan menduplikasi apa yang ia lihat sebagai tujuan bersama dirinya dan Iron Man: melindungi dunia.

Alur cerita dan dunia lain, seperti Earth-X atau Ultimate Universe, memperlihatkan Tony dan Doom bekerja sama erat, keduanya menggunakan kecemerlangan dan mesin mereka untuk beberapa tujuan yang lebih besar dan poin dari apa yang mungkin Anda sebut bipartisan yang sangat kuat.

 


Sempat dicontohkan di Serial What If

Star-Lord T'Challa
Star-Lord T'Challa di What If...?. (Marvel Studios/Disney+)

Ada juga cerita What If yang terkenal, What If? Iron Man Demon in an Armor, di mana Tony Stark dan Victor von Doom adalah teman sekamar kuliah dan melalui kejenakaan khas buku komik, Doom mampu membuat mereka bertukar pikiran.

Stark menjadi Doom, kembali ke Latveria di mana ia mengenakan baju besi penjahat terkenal itu, sementara Doom menjadi Stark: Iron Man yang otoriter jika memang ada. Pendekatan itu masuk akal, mengingat slogan yang dibagikan selama panel SDCC adalah: "Topeng baru, tugas yang sama." Ini menunjukkan bahwa ada beberapa kesamaan antara misi Tony dan tujuan Doom.

[INFOGRAFIS] Film-Film di Hari Kemerdekaan Amerika Serikat
Film-film ini terinspirasi dari hari kemerdekaan negara Amerika Serikat yang jatuh pada tangga 4 Juli. Apa sajakah?
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya