Pelaku Pasar Khawatir Kasus Celsius Berdampak Luas pada Industri Kripto

Celsius baru-baru ini memutuskan untuk menghentikan sementara semua penarikan akun, memicu kekhawatiran akan bangkrut.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 16 Jun 2022, 14:30 WIB
Diterbitkan 16 Jun 2022, 14:30 WIB
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital.
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Krisis likuiditas di perusahaan pemberi pinjaman cryptocurrency Celsius dan penurunan harga baru-baru ini membuat investor serta pelaku pasar khawatir tentang penularan lebih luas, yang dapat menjatuhkan perusahaan utama lainnya di industri kripto.

Celsius baru-baru ini memutuskan untuk menghentikan sementara semua penarikan akun, memicu kekhawatiran akan bangkrut. Perusahaan meminjamkan dana klien yang mirip dengan bank tetapi tanpa persyaratan asuransi ketat yang dikenakan pada pemberi pinjaman tradisional.

Di sisi lain, Bitcoin tenggelam di bawah USD 21.000 atau sekitar Rp 309,5 juta pada Selasa, 14 Juni 2022 memperpanjang penurunan tajam dari hari sebelumnya dan tenggelam lebih dalam ke posisi terendah 18 bulan. 

Nilai total dari semua token digital yang digabungkan juga turun di bawah USD 1 triliun untuk pertama kalinya sejak awal 2021, menurut data CoinMarketCap.

Investor kripto khawatir kemungkinan runtuhnya Celsius dapat menyebabkan lebih banyak rasa sakit untuk pasar yang sudah goyah setelah runtuhnya usaha stablecoin Terra senilai USD 60 miliar. Celsius adalah seorang investor di Terra, tetapi mengatakan mereka memiliki eksposur "minimal" untuk proyek tersebut.

Direktur eksekutif dana lindung nilai kripto ARK36, Mikkel Morch mengatakan dalam jangka menengah, semua orang benar-benar bersiap untuk lebih banyak penurunan. 

"Pasar beruang memiliki cara untuk mengekspos kelemahan yang sebelumnya tersembunyi dan proyek yang dilebih-lebihkan sehingga ada kemungkinan kita melihat peristiwa seperti pemulihan ekosistem Terra bulan lalu,” ujar Morch dikutip dari CNBC, Kamis (16/6/2022). 

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 


Ada Kekhawatiran Celsius Berdampak terhadap Industri Kripto

Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)
Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)

Direktur senior lembaga keuangan di Fitch Ratings, Monsur Hussain juga khawatir soal kasus Celsius yang bisa berdampak parah pada industri kripto. 

"Likuidasi aset Celsius akan lebih jauh mengguncang penilaian aset kripto, yang mengarah ke putaran penularan yang lebih luas dalam lingkup kripto,” kata Hussain. 

Celsius memiliki kehadiran besar dalam apa yang disebut ruang keuangan terdesentralisasi, yang bertujuan untuk menciptakan kembali produk keuangan tradisional seperti pinjaman tanpa keterlibatan perantara seperti bank.

Celsius memiliki banyak aset populer di dunia DeFi, termasuk Ether yang dipertaruhkan, versi cryptocurrency Ether yang menjanjikan imbalan kepada pengguna atas simpanan mereka.

Seorang profesor di Columbia Business School, Omid Malekan mengatakan jika masuk ke mode likuidasi penuh, maka harus menutup posisi ini. 

Meskipun begitu, masih banyak analis setuju efek dari bencana Celsius kemungkinan akan terbatas pada kripto karena risiko terbesar ada di dalam pasar kripto itu sendiri. 


Token Celsius Turun 70 Persen Setelah Bekukan Penarikan

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Sebelumnya, di tengah kehancuran pasar kripto yang lebih luas, platform pinjaman kripto Celsius mengumumkan beberapa hari lalu mereka menangguhkan semua penarikan pada platform pinjamannya, dengan alasan “kondisi pasar yang ekstrem” dan kebutuhan untuk “menstabilkan likuiditas”.

Beberapa jam setelah pengumuman, token asli Celsius, CEL, anjlok 70 persen dalam satu jam pada hari berikutnya itu diperdagangkan di lebih dari 40 persen turun. 

Penurunan CEL Coin terjadi di tengah aksi jual raksasa yang membuat total kapitalisasi pasar kripto turun menjadi kurang dari USD 1 triliun sekitar Rp 14.731 triliun, atau lebih dari dua pertiga dari level tertinggi sepanjang masa sebesar USD 3 triliun. 

Dilansir dari Decrypt, Rabu (15/6/2022), penyebab jangka pendek dari masalah Celsius tampaknya disebabkan oleh Lido's Staked Ether (stETH), sebuah token yang dipatok ke ETH Ethereum. 

stETH mewakili ETH yang terkunci pada rantai suar Ethereum 2.0, rantai yang berjalan paralel dengan blockchain Ethereum utama yang pada akhirnya akan bergabung dengan mainnet Ethereum dalam peristiwa yang dikenal sebagai Penggabungan, mentransisikan jaringan dari mekanisme konsensus bukti kerja ke bukti mempertaruhkan.

Pada platform DeFi, stETH sering digunakan sebagai jaminan untuk meminjam ETH. Masalahnya, stETH baru-baru ini kehilangan pasaknya ke ethereum, mengancam posisi tersebut. Dengan penjualan pemegang saham dan tanggal Penggabungan yang terperosok dalam ketidakpastian, sekarang ada tekanan jual yang besar pada stETH.

 


Hubungan Defi dan Celsius

Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple
Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple. Kredit: WorldSpectrum via Pixabay

Jadi apa hubungannya dengan Celcius? Platform DeFi telah mengunci dana pelanggan ke dalam stETH, dan depegging stETH dapat memicu gelombang penebusan, memicu krisis likuiditas.

Celsius cukup umum di antara platform pinjaman keuangan terdesentralisasi (DeFi). Siapa pun dapat naik dan meminjamkan dan meminjam uang, tetapi jika mereka tertarik pada yang terakhir, pinjaman tersebut perlu dijaminkan secara berlebihan, yang berarti peminjam harus menyetor lebih banyak daripada yang mereka pinjam. 

Ini berlawanan dengan intuisi kebanyakan orang, tetapi ingat, kripto saat ini tidak diatur, jadi tidak ada penagih utang untuk menjaga peminjam agar tidak gagal bayar. Jadi, sementara DeFi menawarkan janji sistem keuangan alternatif dengan menawarkan hasil yang lebih kompetitif daripada rekening tabungan, masih ada hambatan modal dan teknologi untuk masuk.

Setelah pengguna mengambil risiko dan menaruh sejumlah uang pada protokol, mereka dapat memperoleh hasil yang menarik. Menurut situs webnya, Celsius menawarkan pengembalian lebih dari 7 persen pada stablecoin seperti USDC dan Tether, 7,25 persen untuk Polygon, 6 persen untuk Ethereum, dan 6,25 persen untuk Bitcoin.

Token CEL Celsius terjun bebas tak lama setelah pengumuman mereka menangguhkan penarikan pada 13 Juni. Pasar kripto lainnya tampaknya mengikuti, meskipun dengan kerugian yang tidak terlalu mencolok.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya