Pedagang NFT Blockchain Ethereum Cuan Rp 4,5 Triliun

Studi Coingecko mengungkapkan keuntungan dari 100 pedagang Ethereum NFT teratas pemenang pasar yang paling signifikan sejauh ini

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 10 Agu 2023, 13:00 WIB
Diterbitkan 10 Agu 2023, 13:00 WIB
NFT. Foto: Freepik
NFT. Foto: Freepik

Liputan6.com, Jakarta Dalam analisis NFT terbaru, Coingecko merinci para pedagang teratas NFT Ethereum telah memperoleh keuntungan antara USD 3,3 juta atau setara Rp 50,1 miliar (asumsi kurs Rp 15.202 per dolar AS) hingga USD 101,6 juta atau setara Rp 1,5 triliun secara individual.

Dilansir dari Bitcoin.com, Kamis (10/8/2023), secara kumulatif keuntungan pedagang NFT melebihi USD 300 juta atau setara Rp 4,5 triliun. Laporan tersebut menjelaskan pilihan dan pengumpulan investasi strategis yang telah memicu kesuksesan para pedagang NFT terkemuka.

Studi Coingecko mengungkapkan keuntungan dari 100 pedagang Ethereum NFT teratas pemenang pasar yang paling signifikan sejauh ini. Analisis ini berfokus pada keuntungan yang direalisasikan pedagang, yang berarti pendapatan nyata yang diperoleh melalui penjualan NFT. 

Agar memenuhi syarat untuk daftar 100 elit ini, para pedagang diminta untuk menunjukkan aktivitas yang konsisten selama setengah tahun terakhir dan memiliki tidak kurang dari dua koleksi.

Studi tersebut mengilustrasikan para pedagang NFT terkemuka sebagian besar bertaruh pada koleksi NFT blue chip pada tahap awal, sebuah investasi yang kemudian meroket nilainya. 

Khususnya, Cryptopunks Larva Labs menyumbang 70,6 persen dari total keuntungan untuk 15 besar, diikuti oleh seni generatif Art Blocks sebesar 12,2 persen dan Bored Ape Yacht Club sebesar 5,5 persen.

Dari 15 penerima teratas, 11 telah mengekstraksi jutaan hanya dari Cryptopunks. Misalnya, salah satu pedagang NFT merebut tempat kelima terutama dengan menjual satu Cryptopunk tertentu kepada pembeli terkenal. Sebaliknya, beberapa trader elit, seperti Akira, lebih mengarahkan fokus mereka ke Art Blocks.

Meskipun para trader NFT ini telah menuai kekayaan yang sangat besar, laporan tersebut menggarisbawahi kemakmuran ini sangat bergantung pada taruhan awal pada seri yang tepat. 

Tanpa identifikasi yang cerdik dari koleksi blue chip yang akan datang, replikasi pengembalian tersebut tampaknya sangat tidak mungkin. Studi tersebut memperingatkan pedagang rata-rata untuk melakukan diversifikasi, untuk menghindari kehilangan peluang dalam beberapa koleksi yang siap untuk pertumbuhan eksplosif.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya