Ada Bursa Kripto, Indodax Bakal Subsidi Biaya Tambahan agar Transaksi Terjangkau

Indodax berkomitmen untuk menguatkan industri kripto di Indonesia seiring telah diresmikannya bursa kripto.

oleh Agustina Melani diperbarui 20 Agu 2023, 13:58 WIB
Diterbitkan 20 Agu 2023, 13:56 WIB
CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan, Bitcoin dan Ethereum merupakan dua aset kripto yang paling populer di seluruh dunia.
Indodax menyatakan akan mensubsidi biaya tambahan sehingga biaya transaksi kripto dalam negeri tetap terjangkau. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Indodax menyatakan akan mensubsidi biaya tambahan sehingga biaya transaksi kripto dalam negeri tetap terjangkau. Hal itu dinilai tidak memberatkan trader aset kripto Indonesia.

CEO Indodax Oscar Darmawan menuturkan, hal tersebut menjadi salah satu komitmen Indodax untuk membantu memajukan industri kripto di Indonesia.

Oscar mengatakan, kehadiran bursa berjangka ini tak menutup kemungkinan akan menambah biaya transaksi yang diperkirakan sebesar 0,02 persen untuk biaya bursa, depository, dan kliring.

“Namun, kami sebisa mungkin tidak akan mengenakan biaya tambahan kepada customer. Tindakan ini kami lakukan untuk memastikan agar pelanggan tetap bertransaksi di dalam negeri dan tidak lalu bertransaksi di luar negeri,” tutur dia dikutip dari Antara, ditulis Minggu (20/8/2023).

Ia mengatakan, lewat inisiatif yang dianggap progesif, Indodax terus berperan penting untuk memajukan industri kripto dan finansial di Indonesia dengan tetap berpegang pada nilai-nilai kepatuhan, inovasi dan edukasi.

Seiring dengan pendapat Oscar, CTO Indodax William Sutanto juga menilai, peran penting Perusahaan bagi industri kripto yakni peningkatan literasi dan pemahaman masyarakat tentang dunia kripto melalui inisiatif Indodax Academy.

“Indodax Academy, sebuah platform pendidikan yang berfokus pada meningkatkan literasi masyarakat, terutama generasi Z, mengenai aset kripto, investasi dan manajemen keuangan,” kata dia.

Ia menambahkan, melalui Indodax Academy, pihaknya berharap dapat membantu menciptakan generasi yang lebih cerdas secara keuangan dan siap hadapi masa depan dengan kemandirian keuangan.

Selain itu, Oscar mengatakan pihaknya berkomitmen untuk menguatkan industri kripto di Indonesia seiring telah diresmikannya bursa kripto.

“Salah satu bukti nyata dari komitmen ini adalah penghargaan yang kami terima tahun lalu sebagai platform pertukaran aset kripto yang paling patuh dalam pembayaran pajak dari Kementerian Keuangan,” tutur dia.

Oscar mengatakan, untuk tetap menguatkan industri kripto, Indodax selalu menjalankan bisnis sejalan dengan visi dan regulasi pemerintah Indonesia. Hal ini ditujukan agar Indodax mampu membangun kepercayaan yang kuat dan aman kepada masyarakat sekaligus regulator dalam negeri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cegah Kejahatan Siber, Indodax Imbau Investor Waspada Penipuan Online

Ilustrasi Indodax (Dok: Indodax)
Ilustrasi Indodax (Dok: Indodax)

Sebelumnya, modus kejahatan siber semakin beragam dan kerap mengecoh pengguna internet di Indonesia. Layanan investasi dan perbankan kerap menjadi target dari aksi kejahatan ini. 

Salah satu modus yang paling sering digunakan adalah phising di mana korban dipancing untuk menekan link atau memberikan kode yang telah dimanipulasi untuk mencuri data korban.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang investasi aset kripto, Indodax telah menerapkan sistem MFA (multi Factor Authentication) di mana akun member melewati beberapa tahap autentikasi. 

CEO INDODAX, Oscar Darmawan mengingatkan seluruh member Indodax untuk selalu waspada dengan modus penipuan yang semakin beragam. 

"Pihak manajemen INDODAX sudah mencermati bahwa cara cara penipuan kripto semakin beragam. Semakin pesatnya perkembangan transaksi kripto baik Indonesia maupun dunia, tidak bisa kita hindari bahwa kejahatan siber semakin sering terdengar,” kata Oscar, dalam siaran pers, dikutip Sabtu (17/6/2023).

 

 


Sertifikasi Indodax

Ilustrasi Indodax (Dok: Indodax)
Ilustrasi Indodax (Dok: Indodax)

Oscar menambahkan, salah satu jenis kejahatan siber yaitu berupa penipuan online yang meminta data pribadi kepada korban secara sukarela, ataupun investasi bodong yang mencatut nama perusahaan dan nama petinggi perusahaan terkenal. 

“Untuk itu saya mengimbau agar para member Indodax tetap waspada terhadap berbagai modus penipuan melalui kanal apapun," ujar Oscar.

Sertifikasi Indodax

Indodax sudah memegang sertifikasi ISO 9001, 27001, dan 27017 itu juga mengambil tindakan tegas terhadap aksi penipuan yang mengatasnamakan Indodax, Oscar Darmawan, dan William Sutanto.

"Untuk menghindari kejadian penipuan kripto ada baiknya member selalu berhati hati dan dapat selalu memeriksa URL web Indodax dengan teliti, memastikan alamat email yang diterima adalah alamat email resmi serta memastikan untuk bertransaksi hanya pada saluran resmi /app resmi yang dapat diunduh melalui Appstore/Playstore,” pungkas Oscar.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya