Elon Musk Bahas Kripto dengan Donald Trump?

CEO Tesla dan Spacex Elon Musk menanggapi laporan bahwa dia telah memberi nasihat kepada mantan Presiden AS dan calon presiden Donald Trump tentang beberapa hal termasuk cryptocurrency.

oleh Tira Santia diperbarui 31 Mei 2024, 13:16 WIB
Diterbitkan 31 Mei 2024, 13:16 WIB
FOTO: Elon Musk Jadi Saksi Sidang Akuisisi SolarCity
Elon Musk berjalan dari pusat peradilan di Wilmington, Delaware, Amerika Serikat, Senin (12/7/2021). Pemegang saham menuduh Elon Musk memperkaya dirinya serta keluarganya dengan kesepakatan yang terjadi pada 2016 terkait masalah akuisisi SolarCity. (AP Photo/Matt Rourke)

Liputan6.com, Jakarta CEO Tesla dan Spacex Elon Musk menanggapi laporan bahwa dia telah memberi nasihat kepada mantan Presiden AS dan calon presiden Donald Trump tentang beberapa hal termasuk cryptocurrency.

“Elon Musk dan Donald Trump sedang mendiskusikan kebijakan mata uang kripto karena mantan presiden semakin menyoroti bitcoin dan aset digital lainnya dalam kampanye sebagai cara untuk menjangkau pemilih baru, menurut seseorang yang mengetahui pembicaraan tersebut,” tulis Bloomberg melaporkan Kamis, (30/5).

Kemudian, Musk menjawab di X bahwa dia “cukup yakin” dia tidak pernah membahas kripto dengan Trump. Namun, miliarder itu menambahkan bahwa dia secara umum mendukung hal-hal yang mengalihkan kekuasaan dari pemerintah ke rakyat yang menurutnya dapat dilakukan oleh crypto.

Dikutip dari Bitcoin.com, Trump telah mendekati pemain kripto baru-baru ini. Mantan presiden AS tampaknya telah mengubah pendirian kriptonya. Sebagai Presiden, dia menyatakan bahwa dia bukan penggemar bitcoin dan mata uang kripto lainnya, yang bukan uang, dan yang nilainya sangat fluktuatif dan tidak dapat diprediksi.

Namun, pada Konvensi Nasional Libertarian baru-baru ini, Trump berjanji untuk menghentikan upaya Joe Biden untuk menghancurkan kripto dan memastikan bahwa masa depan kripto dan masa depan bitcoin akan dibuat di AS, bukan dibawa ke luar negeri.

Dia juga berjanji untuk mendukung hak hak asuh mandiri dan tidak pernah mengizinkan pembuatan mata uang digital bank sentral (CBDC) Selain itu, dia berjanji akan membebaskan Ross Ulbricht.

Selain itu, kampanye Trump baru-baru ini mulai menerima donasi kripto melalui Coinbase. Mantan Ketua Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi (CFTC) Christopher Giancarlo menganggap Trump sebagai presiden kripto pertama Amerika, dan menyoroti bahwa bitcoin berjangka disetujui pada masa pemerintahannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Koleksi NFT

NFT. Foto: Freepik
NFT. Foto: Freepik

Sejak meninggalkan jabatannya, Trump telah meluncurkan tiga koleksi non-fungible token (NFT). Pada bulan Maret, dia menyebut bitcoin sebagai bentuk mata uang tambahan. Pada bulan Februari, dia mengakui popularitas kripto tersebut, dengan menyatakan bahwa BTC telah memiliki kehidupannya sendiri dan dia dapat menjalaninya.

Sementara itu, Musk sebelumnya mengungkapkan bahwa dia memiliki bitcoin, ether, dan dogecoin. Miliarder ini telah menjadi pendukung terkemuka meme cryptocurrency, membuatnya mendapat julukan “Dogefather” di komunitas crypto.

Pada bulan Januari, Musk mengonfirmasi bahwa dia terus memiliki “sekumpulan dogecoin”, sambil menyangkal bahwa dia adalah paus dogecoin.

Perusahaannya juga memiliki kepemilikan bitcoin; analisis onchain terbaru menunjukkan bahwa Tesla memiliki 11.509 bitcoin dan Spacex memiliki 8.285 BTC. Pada tahun 2021, Tesla sempat menerima bitcoin untuk pembelian kendaraan.

Namun, pada bulan Desember tahun lalu, Musk menyebutkan bahwa dia tidak mencurahkan banyak waktu untuk memikirkan mata uang kripto dan menekankan bahwa tidak ada perusahaannya yang akan membuat token kripto mereka sendiri.

Infografis: 5 NFT termahal di Dunia (Liputan6.com / Abdillah)
Infografis: 5 NFT termahal di Dunia (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya