Donald Trump Mau Bayar Utang AS Pakai Kripto

Donald Trump kembali menekankan pentingnya AS merangkul kripto untuk menghindari ketertinggalan dari negara lain.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 05 Agu 2024, 11:00 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 11:00 WIB
Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (Dok. AFP)
Donald Trump menyebutkan bahwa ia membuka peluang untuk membayar utang AS sebesar USD 35 triliun dengan kritpo, jika ia memenangkan Pilpres AS 2024. Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (Dok. AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump kembali menyuarakan ketertarikannya pada industri kripto. 

Trump menyebutkan bahwa ia membuka peluang untuk membayar utang AS sebesar USD 35 triliun dengan kritpo, jika ia memenangkan Pilpres AS 2024.

"Anda harus memahami tentang mata uang kripto. Mata uang kripto adalah hal yang sangat menarik, sangat berlevel tinggi dalam beberapa hal, secara intelektual sangat berlevel tinggi," kata Trump, dikutip dari News.bitcoin.com, Senin (5/8/2024).

"Siapa tahu, mungkin kita akan melunasi USD 35 triliun kita. Beri mereka sedikit cek mata uang kripto, beri mereka sedikit Bitcoin dan habiskan USD 35 triliun kita," ungkap dia.

Miliarder itu menegaskan kembali pendiriannya bahwa jika AS tidak meningkatkan mata uang kripto, China dan negara-negara lain akan mendahului negara itu.

"Jadi, kita mungkin juga berada di garis depan," ujar Trump.

"Ada orang-orang di bidang mata uang kripto yang sangat, sangat pintar yang mencintai negara kita, dan mereka pikir itu bagus," lanjutnya.

Ia kembali menekankan pentingnya AS merangkul kripto untuk menghindari ketertinggalan dari negara lain.

"Kami memiliki orang-orang yang menjadi pemimpin di bidang kripto. Saya kenal beberapa dari mereka. Mereka sangat cerdas.”

Lebih lanjut Trump menyoroti kapitalisasi pasar kripto yang sudah lebih besar daripada banyak perusahaan dan negara.

"(Kripto) sudah menjadi hal yang sangat besar. Ini adalah bentuk mata uang yang berbeda, dan pada akhirnya akan menguntungkan negara," imbuhnya.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Donald Trump Dapat Sumbangan Rp 341 Miliar Usai Pidato di Konferensi Bitcoin

Donald Trump tanggapi hasil Pilpres AS
Presiden Donald Trump berbicara tentang hasil pemilihan presiden AS 2020 di Gedung Putih, Kamis (5/11/2020). Hingga saat ini proses penghitungan suara pemilihan presiden Amerika masih berlangsung, namun perolehan suara Donald Trump maupun Joe Biden masih bersaing ketat. (AP Photo/Evan Vucci)

Minggu lalu, Donald Trump menjadi kandidat partai besar pertama yang berpidato di Bitcoin Conference di Nashville. Ia bergabung dengan Robert F. Kennedy, yang pertama kali berpidato di konferensi tersebut tahun lalu di Miami dan kembali sebagai pembicara pada 2024.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (2/8/2024), setelah pidatonya di konferensi tersebut, Donald Trump mengadakan penggalangan dana di mana ia dilaporkan mengumpulkan USD 21 juta atau setara Rp 341,1 miliar (asumsi kurs Rp 16.261 per dolar AS).

Ia juga telah menjual tiket untuk pertemuan tertutup seharga USD 800.000 per tiket. Pidatonya mewakili perubahan dari posisi sebelumnya terhadap kripto. Ia berjanji bahwa di bawah pemerintahannya, AS tidak akan menjual cadangan bitcoinnya.

Para penggemar Bitcoin dan kripto juga terdorong oleh fakta calon wakil presidennya, J.D. Vance, telah secara terbuka mengungkapkan kepemilikan setidaknya USD 100.000 dalam bentuk bitcoin pada 2022.

Trump mengumumkan pada Mei kampanyenya akan mulai menerima sumbangan kripto, dan telah mengumpulkan USD 4 juta melalui aset digital, persentase kecil dari total lebih dari USD 200 juta yang telah dikumpulkannya.

Trump bukan satu-satunya kandidat presiden yang mendukung bitcoin dan mata uang kripto lainnya. Sebelum Konferensi Bitcoin, muncul laporan Kamala Harris juga tertarik untuk berbicara di acara tersebut.

Para pembantu kampanyenya dan para petinggi Demokrat juga dilaporkan telah bertemu dengan para pemimpin industri untuk mencoba dan mengatur ulang hubungan antara partai Demokrat dan industri tersebut.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Donald Trump Siap Bersaing Dengan China Jadikan AS Pusat Kripto

Dengan Telinga Diperban, Donald Trump Hadiri Konvensi Nasional Partai Republik 2024
Donald Trump resmi memenangkan nominasi sebagai calon presiden dari Partai Republik dan memilih seorang loyalis sayap kanan sebagai calon wakil presiden. (Brendan SMIALOWSKI/AFP)

Sebelumnya, Calon presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan dalam konferensi bitcoin pada Sabtu AS harus mendominasi sektor kripto atau China akan melakukannya. 

Ini merupakan langkah terbarunya untuk menarik para pendukung mata uang kripto, yang telah dibatasi oleh Beijing dan yang pernah ia sebut sebagai penipuan.

Berbicara di konvensi Bitcoin 2024 di Nashville, Trump memposisikan dirinya sebagai kandidat pro-mata uang kripto menjelang pemilihan presiden 5 November, dengan mengatakan ia akan menjadikan Amerika Serikat sebagai pemimpin mata uang kripto dunia dan menerima peraturan yang lebih bersahabat.

Partai Republik telah menjanjikan peraturan yang lebih ringan untuk mata uang kripto, dan Trump telah mengecam upaya Demokrat untuk mengatur sektor tersebut.

"Jika kita tidak menerima teknologi kripto dan bitcoin, China akan melakukannya, negara lain akan melakukannya. Mereka akan mendominasi, dan kita tidak bisa membiarkan China mendominasi. Mereka telah membuat terlalu banyak kemajuan," kata Trump dalam konferensi tersebut, dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (31/7/2024).

China telah menindak mata uang kripto dan ada kontrol ketat terhadap pergerakan modal melintasi perbatasannya.

Namun, orang-orang di sana masih dapat memperdagangkan token seperti bitcoin di bursa kripto, dan investor Tiongkok juga dapat membuka rekening bank di luar negeri untuk membeli aset kripto.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya