Jenis-Jenis Tongkat Penyandang Tunanetra yang Perlu Anda Ketahui

Ada berbagai tongkat untuk penyandang disabilitas netra total dan dengan penglihatan rendah.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 17 Apr 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 17 Apr 2023, 18:00 WIB
Ilustrasi penyandang tunanetra
Ilustrasi penyandang tunanetra. Photo by MART PRODUCTION

Liputan6.com, Jakarta Tongkat dapat membantu orang dengan semua tingkat gangguan penglihatan. Ada berbagai tongkat untuk penyandang disabilitas netra total dan dengan penglihatan rendah. Belajar menggunakan tongkat adalah cara yang bagus untuk mendapatkan kebebasan dan akses ke dunia.

Tongkat tersedia dalam berbagai bahan berbeda dengan ujung yang unik dan kode warna tertentu. Adapun tongkat terbaik untuk Anda, tergantung pada seberapa banyak kemampuan melihat yang Anda miliki serta pertimbangan lingkungan.

Dilansir dari WebMD, dengan mengenali jenisnya, Anda akan terbantu dalam memilih tongkat yang sesuai dengan Anda. Berikut ini juga ada tips untuk memilih tongkat Anda.

Jenis Tongkat untuk Penyandang Disabilitas Netra

Ada dua kategori besar tongkat yang dapat digunakan oleh orang dengan gangguan penglihatan, yaitu tongkat penopang/penyangga dan probing. Sesuai namanya, tongkat penyangga adalah perangkat kokoh yang dapat Anda gunakan untuk stabilitas fisik. Mereka memiliki pegangan yang besar dan dimaksudkan untuk membantu menopang berat badan Anda.

Tongkat probing dimaksudkan untuk membantu orang yang buta total atau memiliki penglihatan yang rendah menavigasi lingkungan mereka. Mereka digunakan untuk mendeteksi objek dan rintangan lain di jalur Anda. Ada beberapa jenis tongkat probing. Ini termasuk:

- Panjang

Ini adalah jenis tongkat untuk tunanetra yang paling dikenal orang. Tongkat ini berbahan padat dan dapat dilipat. Ini sepanjang dari tanah ke tulang dada Anda. Anda dapat menggunakannya dengan gerakan mengetuk atau memutar dengan tip/ujung berbeda. Berbagai jenis tip bisa diganti-ganti.

- Simbol

Ini paling berguna untuk orang yang memiliki penglihatan rendah tetapi masih dapat melihat dalam beberapa situasi. Anda dapat memegang tongkat yang lebih pendek ini di depan Anda untuk memberi tahu orang-orang di sekitar Anda bahwa Anda memiliki gangguan penglihatan pada tingkat tertentu. Ini lebih kecil dari tongkat panjang, namun cukup berguna di area sibuk.

- Memandu

Ini adalah tongkat pendek lain yang digunakan untuk mendeteksi rintangan yang ada tepat di depan kaki Anda. Ini merupakan tongkat terbaik untuk menemukan rintangan seperti trotoar dan tangga. Itu tidak bergerak sebanyak tongkat panjang dan memberikan lebih sedikit umpan balik. Anda memegangnya secara diagonal di depan Anda saat Anda bergerak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kode Warna dalam Tongkat

Tongkat putih untuk tunanetra seringkali identik dengan tongkat panjang. Tetapi pewarnaan putih pada semua jenis tongkat biasanya menyiratkan bahwa penggunanya seorang tunanetra. Misalnya, tongkat penyangga dapat membantu orang dengan banyak kondisi fisik, tetapi tongkat putih biasanya menyiratkan bahwa penggunanya seorang dengan kebutaan total atau memiliki penglihatan yang buruk.

Dalam hal tongkat probing, warna putih bersih biasanya menyiratkan bahwa penggunanya seorang dengan kebutaan total. Jika tongkat berwarna putih dengan bagian bawah berwarna merah, pengguna kemungkinan memiliki penglihatan yang buruk yang terkadang dapat digunakan. Tongkat bergaris merah dan putih biasanya menyiratkan bahwa pengguna adalah seorang dengan kebutaan total dan Tuli, atau mungkin hanya Tuli.


Jenis Tip untuk Tongkat Anda

Ada berbagai macam tip yang dapat Anda gunakan dengan tongkat probing Anda. Berbagai jenis tip dapat membantu Anda di lingkungan yang berbeda dan memungkinkan Anda melakukan berbagai gerakan dengan tongkat Anda. Jenis tip meliputi:

- Pensil.

Tip ini panjang, ringan, dan tipis. Ini memberikan umpan balik yang baik tetapi cenderung tersangkut saat memasuki ruang kecil seperti retakan trotoar.

- Roller.

Jenis ini dengan mulus berguling di atas permukaan di depan Anda. Ini lebih berat dan memberikan umpan balik yang kurang detail daripada tip jenis pensil. Tapi jenis roller justru kecil kemungkinannya untuk terjebak di celah trotoar.

- Marshmallow.

Ini adalah tip yang lebih tebal yang tidak sering nyangkut. Namun jenis ini kurang sensitif dibandingkan ujung pensil dan sedikit lebih berat.

- Metal glide.

Tip ini bergerak mulus di banyak permukaan yang berbeda. Ini juga sangat ringan.

Ada jenis tip lain yang dapat membantu di lingkungan yang unik. Misalnya, Bundu Basher adalah tambahan yang panjang dan melengkung di ujung tongkat Anda. Ini terlihat seperti tongkat hoki tipis, dengan lekukan ke atas di ujungnya. Itu dirancang untuk menjelajahi lingkungan alam dan area hiking.


Cara Memilih Tongkat

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan saat memilih tongkat adalah apakah Anda menginginkan tongkat penyangga, tongkat probing, atau salah satunya. Karena mungkin sulit untuk menggunakan dua tongkat pada awalnya, tetapi tidak ada salahnya jika Anda membutuhkan dukungan dan bantuan navigasi.

Saat memilih tongkat penyangga, Anda ingin memastikan tongkat itu cukup kuat untuk menopang berat badan Anda, yang berarti tongkat itu kemungkinan besar akan berat. Tongkat harus cukup tinggi agar Anda dapat meletakkan tangan dengan nyaman di atasnya saat dekat dengan tubuh Anda. Ujungnya harus mencengkeram lantai dengan kuat dan tidak tergelincir saat Anda menekannya.

Saat memilih tongkat probing, Anda perlu memutuskan di antara jenisnya berdasarkan kebutuhan Anda. Anda juga perlu memutuskan apakah Anda menginginkan tongkat panjang yang kokoh atau yang dapat dilipat. Yang dapat dilipat lebih mudah disimpan dan diangkut — tetapi lebih rapuh dan kurang sensitif dibandingkan versi padat.

Jenis bahan juga penting, terutama jika membuat pergelangan tangan Anda lelah. Tongkat probing selalu jauh lebih ringan daripada tongkat penyangga.

Tongkat panjang lipat sering dibuat dari aluminium atau grafit. Grafit lebih ringan dari keduanya. Jenis tongkat lurus yang populer terbuat dari fiberglass. Ini sangat ringan dan memiliki fleksibilitas yang cukup. Kualitas ini memungkinkannya memberikan umpan balik yang fantastis dan masih sedikit bengkok jika tergelincir di bawah mobil atau di jeruji.

Tongkat yang tepat untuk Anda akan bergantung pada tingkat penglihatan Anda dan kebutuhan lainnya. Anda juga perlu mengetahui cara mengelola sejumlah besar lingkungan dalam berbagai kondisi, seperti trotoar, hujan, dan salju.

Perlu diingat bahwa Anda tidak boleh mencoba menggunakan tongkat penyangga sebagai tongkat probing. Mereka biasanya terlalu pendek, jadi Anda harus mencondongkan tubuh ke depan untuk menavigasi dengan benar. Ini buruk untuk postur tubuh Anda dan berbahaya di dekat tangga dan bahaya lainnya.

Tips Merawat Tongkat

Ada beberapa langkah dasar yang dapat Anda lakukan untuk memastikan tongkat Anda selalu siap digunakan.

- Selalu bawa tip cadangan. Mereka aus secara teratur dan tiba-tiba bisa hilang saat Anda bepergian.

- Jaga kebersihan tongkat Anda.

- Tambahkan selotip reflektif. Ini dapat membantu orang lain melihat Anda saat Anda berjalan-jalan di malam hari.

- Tambahkan tanda unik. Ini bisa berupa nama Anda dalam huruf braille atau tanda lain yang memungkinkan Anda mengidentifikasi tongkat Anda sendiri dengan mudah.

- Miliki tongkat cadangan. Ini dapat membantu jika tongkat Anda hilang atau tiba-tiba rusak.

 

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya