Pesawat AS Bakal Sediakan Tempat Khusus agar Kursi Roda Bisa Dibawa ke Kabin

Anak perusahaan Delta Air Lines, Delta Flight Products memperkenalkan opsi kursi kabin baru bagi pengguna kursi roda untuk penumpang pesawat.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 05 Jun 2023, 15:49 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2023, 15:30 WIB
Anak perusahaan Delta Air Lines, Delta Flight Products memperkenalkan opsi kursi kabin baru bagi pengguna kursi roda untuk penumpang pesawat.
Anak perusahaan Delta Air Lines, Delta Flight Products memperkenalkan opsi kursi kabin baru bagi pengguna kursi roda untuk penumpang pesawat.. Foto: All4all/Wheel Chair Travel

Liputan6.com, Jakarta Anak perusahaan Delta Air Lines, Delta Flight Products memperkenalkan opsi kursi kabin baru bagi pengguna kursi roda untuk penumpang pesawat.

Sebelumnya, maskapai asal Amerika tersebut menyediakan kursi roda untuk penumpang disabilitas yang akan melintasi bandara dan naik pesawat. Namun mereka harus berpindah kursi dari garbarata hingga naik pesawat. 

Sementara kursi roda pribadi mereka biasanya akan diperiksa oleh maskapai penerbangan dan baru kemudian dimasukkan ke ruang kargo. Masalahnya, ada banyak operator yang merusak dan menghancurkan perangkat disabilitas tersebut dan banyak di antaranya bernilai ribuan dolar dan dirancang khusus untuk pengguna.

Pada tahun 2022 saja, 11.389 kursi roda salah ditangani oleh maskapai penerbangan AS, menurut Laporan Konsumen Perjalanan Udara Februari 2023 Departemen Perhubungan AS.

Karena risikonya, Delta dan Air 4 All ingin menghentikan praktik saat ini dengan satu produk yang memungkinkan penumpang dengan mobilitas terbatas (Passengers with Redue Mobility/PRM) untuk tetap berada di kursi mereka sepanjang perjalanan dari trotoar ke trotoar.

Prototipe yang berfungsi akan secara resmi memulai debutnya di Aircraft Interiors Expo pada 6 Juni, tetapi kursi tersebut masih perlu disertifikasi dan diuji sebelum dibawa ke kabin pesawat.

Dikutip Insider, desain kursi roda dalam pesawat itu dibuat oleh studio desain Inggris PriestmanGoode, konsultan Flying Disabled, produsen kursi roda Sunrise Medical, dan perusahaan sertifikasi kabin Sertifikasi SWS. Artinya maskapai telah menerima masukan dari beberapa pihak untuk membuat desain yang akan memudahkan komunitas difabel.

 


Detail Desain Kabin Baru

Menurut situs Air 4 All, kursi yang dipatenkan memiliki beberapa bagian yang bisa diubah menjadi posisi yang dapat diakses kursi roda. Ini termasuk melepas bantal punggung dan membalik kursi. Kursi roda penumpang kemudian dapat dimundurkan ke dalam ruang dan terpasang dengan aman.

Menurut perusahaan, desain tersebut tidak menghilangkan kebutuhan penumpang ke sandaran kepala, meja, kaki dan meja.

"Menawarkan akses yang setara untuk kenyamanan, keamanan, dan martabat bagi semua penumpang selalu menjadi tujuan kami untuk Air 4 All," kata direktur PriestmanGoode Daniel MacInnes, dikutip Insider, Senin (5/6/2023).

Pendiri Flying Disabled Chris Wood menjelaskan pada 2021 bahwa penghalang terbesar di masa lalu adalah memberikan ruang yang lebih besar kepada penumpang yang menggunakan kursi roda untuk mengurangi jumlah kursi dan mengakibatkan hilangnya pendapatan bagi maskapai penerbangan.

Namun, dia mengatakan sistem Air 4 All mengatasi masalah ini dengan tidak mengganggu kursi lain dan memungkinkan maskapai mempertahankan tampilan dan merek mereka.

"Air 4 All akan memfasilitasi pengalaman naik dan turun yang lebih mulus untuk PRM dan juga akan secara signifikan mengurangi jumlah kursi roda yang rusak karena penanganan yang buruk," kata Wood.

Perusahaan berharap kursi tersebut dapat diterima dengan baik oleh komunitas penyandang disabilitas, yang secara aktif menceritakan kisah mereka tentang maskapai penerbangan yang menghancurkan perangkat mobilitas mereka.

"Jika Anda memperlakukan kursi roda sebagai perpanjangan dari seseorang, tidak mungkin itu akan dihancurkan," kata Senator Tammy Duckworth (D-Ill.), yang menggunakan kursi roda, kepada Insider pada tahun 2021.


Jenis-jenis Kursi Roda

Selain itu, untuk menyesuaikan kondisi dan kenyamanan penggunanya maka kursi roda pun memiliki berbagai bentuk serta fungsi yang berbeda pula.

Dilansir dari akun IG Konekindonesia, berikut pembagian kursi roda berdasarkan penggunaan teknologi dan fungsinya.

1. Berdasarkan Teknologi

a. Kursi Roda Manual

Sesuai namanya, kursi roda ini dikayuh manual untuk menggerakkannya. Kursi roda manual juga dibagi lagi menjadi beberapa tipe sesuai kebutuhan penggunanya.

- Ada yang ringan dan mudah dilipat,

- Ada yang 'heavy duty' untuk menopang pengguna yang berat,

- Ada juga kursi roda lorong untuk pesawat.

b. Kursi Roda Mesin

Kursi roda mesin merupakan kursi roda yang menggunakan tenaga elektrik dan dapat berjalan secara otomatis menggunakan remot. Kursi ini cocok untuk disabilitas yang tidak bisa atau sulit untuk mengayuh kursinya sendiri.

 


2. Berdasarkan Fungsinya

a. Kursi Roda Pediatrik

Kursi roda ini dirancang khusus untuk digunakan oleh anak-anak. Kursi ini didesain agar anak merasa nyaman, percaya diri dan menyenangkan ketika memakainya.

Catatan tambahan: Beberapa ada yang dilengkapi mesin untuk menunjang kemandirian anak.

b. Kursi Roda Pemosisi (Positioning)

Kursi roda pemosisi memungkinkan penggunanya untuk mengatur ke berbagai posisi. Misalnya seperti tinggi foot step, kemiringan kursi, dan sebagainya.

Fungsinya untuk melancarkan sirkulasi, mengurangi rasa sakit ataupun pegal.

c. Kursi Roda Sport

Memiliki bentuk dan ukuran yang beda dari kursi roda manual lainnya. Kursi roda sport dirancang agar atlet lebih leluasa dan lebih stabil dalam bergerak.

Kursi ini juga dilengkapi pengaman di kaki untuk mengurangi cedera saat di lapangan.

d. Standing Power Wheelchairs

Kalau kursi yang ini memiliki teknologi yang mungkin paling canggih untuk saat ini. Itu karena kursi roda ini memungkinkan penggunanya untuk mengubah posisi dari duduk ke berdiri secara aman.

Kalau pakai kursi roda ini, penggunanya dapat dengan mudah meraih benda yang ada di tempat tinggi.

e. All-Terrain Wheelchairs

Kalau Anda menyukai kegiatan travelling outdoor, kursi roda yang ini cocok untuk Anda. Kursi roda ini dirancang memiliki ban khusus, suspensi ekstra serta mesin yang kuat agar bisa melaju ke segala medan. Sehingga Anda dapat pergi ke tempat yang tidak bisa dijangkau oleh kebanyakan kursi roda lainnya.

Meskipun kursi roda elektrik adalah pilihan yang jelas bagi seseorang dengan mobilitas terbatas, satu-satunya cara agar dapat berfungsi dengan andal adalah memasangkannya dengan headset motion (misal emotiv), saran Chairinstitute. Ini akan memungkinkan penyandang paraplegia untuk mengontrol gerakan kursi roda baik dengan pikiran atau gerakan sederhana seperti kedipan mata.

Berdasarkan data wheelchair foundation, terdapat sekitar 132 juta orang di dunia membutuhkan kursi roda. Namun tidak semua orang memiliki disabilitas yang sama dan kebutuhan yang sama. Itu sebabnya ada banyak jenis kursi roda yang bida dipilih orang.

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya