Presiden 'Kontroversial' Filipina Duterte Akan Kunjungi Indonesia

Lawatan dari Duterte merupakan bagian tradisi para pemimpin baru di ASEAN yang telah berlangsung dari tahun ke tahun.

oleh Andreas Gerry Tuwo diperbarui 18 Agu 2016, 18:59 WIB
Diterbitkan 18 Agu 2016, 18:59 WIB
20160630- Presiden Filipina Rodrigo Duterte-Reuters
Presiden terpilih Filipina Rodrigo Duterte memberikan pidato usai dilantik di Istana Malacanang di Manila, Filipina, Kamis (30/6). Rodrigo mengatakan akan menerima mandat rakyat itu dengan kerendahan hati. (REUTERS/Erik De Castro)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Filipina yang baru Rodrigo Duterte, tengah menjadi buah bibir dunia. Hal ini karena sejumlah komentar dan kebijakannya yang kontroversial. Di antaranya adalah kebijakan memberantas narkoba di negaranya. Tanpa tedeng aling-aling ia berkoar mempersilahkan siapa saja untuk membunuh mereka yang terlibat jaringan narkoba. 

Akibat dari tingkahnya tersebut, Duterte telah menjadi salah satu pemimpin dunia yang paling populer berkat pernyataannya. 

Kepopuleran Mantan Walikota Davao ini juga sampai ke Indonesia. Duterte dilaporkan akan segera melakukan kunjungan resmi ke Nusantara.

"Kunjungan Presiden Filipina itu telah dijadwalkan," sebut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir di kantor Kemlu, Jakarta Kamis (18/8/2016).

Tata menyatakan, lawatan dari Duterte merupakan bagian tradisi para pemimpin baru di ASEAN yang telah berlangsung dari tahun ke tahun.

"Tiap kepala negara baru di ASEAN memang melakukan courtesy call ke pemimpin negara ASEAN lain," tuturnya.

Meski memastikan lawatan itu, Tata tidak menyampaikan kapan tepatnya orang nomor satu Filipina itu datang. Hal ini disebabkan mereka masih mencari kecocokan jadwal antara Presiden Duterte dan Presiden Joko Widodo.

"Kita cari waktu yang cocok serta tepat," pungkas dia.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya