Selamat Hari Pos Sedunia, Penyedia Jasa Penting di Tengah Pandemi COVID-19

World Post Day atau Hari Pos Sedunia merupakan hari yang dirayakan oleh semua orang di dunia. Pos ini juga memberikan layanan sosial dan keuangan penting selama pandemi COVID-19.

oleh Liputan6.com diperbarui 09 Okt 2020, 19:04 WIB
Diterbitkan 09 Okt 2020, 19:00 WIB
Mempertahankan Obrolan
Ilustrasi Mengirim Pesan Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Liputan6.com, Jakarta - 9 Oktober diperingati sebagai World Post Day atau Hari Pos Sedunia.

Dilansir dari UN, Jumat (9/10/2020), Hari Pos Sedunia dirayakan sebagai peringatan berdirinya Serikat Pos Sedunia pada tahun 1874 di Ibu Kota Swiss, Bern. Hari ini dinyatakan sebagai Hari Pos Dunia oleh Kongres UPU yang diadakan di Tokyo, Jepang pada tahun 1969.

Sejak itu, negara-negara di seluruh dunia berpartisipasi setiap tahun dalam perayaan tersebut. Banyak kantor pos di banyak negara menggunakan acara tersebut untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk dan layanan pos baru.

Pada tahun 2015, negara-negara di seluruh dunia berkomitmen untuk bekerja bersama untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, yang bertujuan untuk mengakhiri kemiskinan dan kelaparan ekstrem, memerangi ketidaksetaraan dan ketidakadilan, dan mengambil tindakan untuk membalikkan perubahan iklim untuk menyebutkan beberapa dari 17 kesepakatan baru ini.

Tujuan memainkan perannya dalam upaya global ini, pos saat ini memiliki peran yang lebih relevan dari sebelumnya dengan menyediakan infrastruktur untuk pembangunan.

Pos Memberikan Layanan Sosial dan Keuangan Penting Selama Pandemi COVID-19 dan Seterusnya

Dengan jaringan yang terdiri lebih dari 650.000 kantor dan 5,3 juta staf di seluruh dunia, dan mandat layanan publik dari banyak pemerintah, Pos tidak tertandingi dalam kemampuannya memberikan layanan kepada siapa pun, di mana pun.

Saat COVID-19 menyebar seperti api di seluruh dunia, operator pos memperkenalkan cara baru dan kreatif untuk menjaga layanan pos tetap bergerak.

Pos-pos telah turun tangan untuk menawarkan segalanya mulai dari memberikan peralatan pelindung pribadi yang penting, alat tes dan obat-obatan, hingga memastikan anak-anak menerima materi pendidikan untuk melanjutkan sekolah dari rumah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini


Membangkitkan Kesadaran Akan Pos

perempuan main handphone
ilustrasi mengirim pesan/Photo by bruce mars from Pexels

Tujuan dari Hari Pos Sedunia adalah untuk menciptakan kesadaran akan peran sektor pos dalam kehidupan sehari-hari masyarakat dan bisnis, serta kontribusinya terhadap pembangunan sosial dan ekonomi negara. Perayaan tersebut mendorong negara-negara anggota untuk melakukan kegiatan program yang bertujuan untuk membangkitkan kesadaran yang lebih luas tentang peran dan kegiatan Pos mereka di antara publik dan media dalam skala nasional.

Setiap tahun, lebih dari 150 negara merayakan Hari Pos Dunia dengan berbagai cara. Di negara-negara tertentu, Hari Pos Dunia diperingati sebagai hari libur kerja.

Banyak kantor pos menggunakan acara tersebut untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk dan layanan pos baru. Beberapa Pos juga menggunakan Hari Pos Dunia untuk memberi penghargaan kepada karyawan mereka atas layanan yang baik.

Di banyak negara, pameran filateli diselenggarakan, dan prangko baru serta tanda pembatalan tanggal dikeluarkan. Kegiatan lainnya meliputi pemajangan poster Hari Pos Sedunia di kantor pos dan tempat umum lainnya, hari terbuka di kantor pos, mail center dan museum pos, penyelenggaraan konferensi, seminar dan workshop, serta kegiatan budaya, olah raga dan rekreasi lainnya.

Banyak administrasi pos mengeluarkan suvenir khusus seperti kaus oblong dan lencana.

Untuk negara peserta Kompetisi Penulisan Surat Internasional UPU, pemenang nasional sering diberikan pada 9 Oktober.

Krisis COVID-19 telah menekan rantai pasokan pos internasional ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pertukaran lintas batas turun 21% antara 23 Januari - 14 Mei 2020, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Kendati demikian, Sekjen PBB mengapresiasi peringatan World Post Day.

"Pada Hari Pos Dunia, saya berterima kasih kepada pekerja pos dan operator pos atas upaya Anda, terutama selama pandemi COVID-19. Perserikatan Bangsa-Bangsa akan terus membangun kemitraan kami dengan Anda dan Serikat Pos Universal dalam upaya kami mencapai Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan," pesan Sekretaris Jenderal PBB.

 

 

Reporter : Romanauli Debora

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya