India Catat Kasus COVID-19 Harian Tertinggi Sejak Awal Tahun 2021

Otoritas India melaporkan jumlah kasus COVID-19 tertinggi pada tahun ini.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 15 Mar 2021, 18:00 WIB
Diterbitkan 15 Mar 2021, 18:00 WIB
FOTO: Infeksi COVID-19 di India Tembus 1 Juta Kasus
Seorang pria dengan gejala COVID-19 melakukan perjalanan dengan ambulans menuju Rumah Sakit Pemerintah Gandhi di Hyderabad, India, Jumat (17/7/2020). India melewati 1 juta kasus virus corona COVID-19 atau tertinggi ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan Brasil. (AP Photo/Mahesh Kumar A.)

Liputan6.com, New Delhi - India telah mencatat lonjakan kasus COVID-19 harian tertinggi pada tahun ini, pada Senin (15/3), dengan 26.110 kasus virus corona baru dilaporkan dalam 24 jam terakhir.

Negara bagian barat Maharashtra, yang telah lama menjadi pusat penyebaran virus, menyumbang lebih dari setengah infeksi baru.

Mengutip BBC, Senin (15/2021), beban kasus India mulai menurun pada awal 2021, tetapi kepatuhan yang buruk terhadap protokol kesehatan COVID-19 tampaknya mendorong lonjakan baru di beberapa negara bagian.

India sejauh ini mencatat lebih dari 11 juta kasus COVID-19 dan 158.000 kematian. 

Para ilmuwan sedang mencari varian baru di tengah kekhawatiran bahwa mereka bisa menjadi salah satu alasan peningkatan tersebut.

Yang lainnya adalah kelemahan dalam mengikuti protokol keamanan COVID-19. 

Kurangnya kepatuhan penggunaan masker dan jarak sosial, serta pengecekan yang buruk telah menambah lonjakan di Maharashtra, kata Dr Sanjay Oak, anggota satuan tugas Covid, kepada BBC baru-baru ini. 

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Menarik Berikut Ini:


Vaksin COVID-19 di India

PM Narendra Modi meninjau lokasi pembuatan vaksin COVID-19 di India.
PM Narendra Modi meninjau lokasi pembuatan vaksin COVID-19 di India. (Dok: India Embassy)

Lonjakan terbaru datang lebih awal dalam upaya vaksinasi India, yang dimulai pada Januari. Hampir 30 juta orang telah menerima setidaknya satu dosis vaksin COVID-19 sejauh ini.

Peluncuran tersebut saat ini menargetkan orang tua dan orang-orang dengan penyakit penyerta, tetapi diharapkan dapat berkembang lebih jauh dalam waktu dekat.

Pemerintah di Maharashtra menempatkan distrik Nagpur, yang memiliki beban kasus aktif tertinggi kedua di negara itu, diisolasi minggu lalu. Itu adalah penguncian kedua di negara bagian itu, yang saat ini memiliki jumlah kasus aktif dan terkonfirmasi tertinggi di India.

Distrik lain telah mengikuti dengan pembatasan seperti jam malam dan penutupan pasar untuk membendung peningkatan kasus.

Enam negara bagian lainnya - Kerala, Punjab, Karnataka, Gujarat, Tamil Nadu dan Madhya Pradesh - juga melaporkan lonjakan infeksi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya