Ghost of Kyiv dan Reaper Ukraina Ikut Lawan Rusia, Siapa Mereka?

Di hari-hari pertama invasi Ukraina, muncul sosok Ghost of Kyiv dan Reaper yang menjadi pahlawan.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 27 Feb 2022, 13:00 WIB
Diterbitkan 27 Feb 2022, 13:00 WIB
Latihan Perang Pasukan Ukraina di Kota Hantu Chernobyl
Prajurit ikut serta dalam latihan taktis dan khusus bersama Kementerian Dalam Negeri Ukraina, Garda Nasional Ukraina, dan Kementerian Darurat di kota hantu Pripyat, dekat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl pada 4 Februari 2022. (Sergei Supinsky /AFP)

Liputan6.com, Kyiv - Netizen sedang dibuat tertarik dengan kabar munculnya "Hantu Kyiv" (Ghost of Kyiv) dan "Pencabut Nyawa" (Reaper) yang ikut melawan pasukan Rusia yang menjajah Ukraina.

Berdasarkan informasi situs penerbangan The Avionist, Minggu (27/2/2022), Ghost of Kyiv adalah pilot MiG-29 yang berhasil menumbangkan enam pesawat tempur Rusia dalam sehari.

Pakar penerbangan situs tersebut ragu bahwa Hantu Kyiv adalah sosok nyata, terutama karena klaim mengalahkan enam pesawat Rusia, termasuk Sukhoi, dalam sehari dianggap jauh dari kenyataan.

Klaim-klaim tersebut dinilai sebagai contoh dari "kabut perang" (fog of war), yakni ketika informasi tak jelas menyebar di tengah kekacauan.

Mantan Presiden Ukraina, Petro Poroshenko, memposting foto Ghost of Kyiv. Foto tersebut tidak menampilkan wajah atau nama pilot tersebut. Poroshenko menulis bahwa pilot itu mengalahkan enam pesawat Rusia. 

"Dengan defender yang sangat kuat, Ukraina pasti menang!" ujarnya. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


The Reaper

Invasi Rusia Rangsek Ibu Kota Ukraina
Seorang tentara Ukraina berjalan melewati truk militer yang terbakar, di sebuah jalan di Kiev, Ukraina, Sabtu (26/2/2022). Pasukan Rusia menyerbu ke arah ibu kota Ukraina pada Sabtu (26/2), dan pertempuran jalanan pecah saat pejabat kota mendesak penduduk untuk berlindung. (AP Photo/Efrem Lukatsky)

Satu lagi yang baru viral adalah sosok Reaper yang konon membunuh 20 prajurit Rusia di Ukraina. Kabar itu baru viral di media sosial, dan belum dapat diverifikasi. 

Meski demikian, sejumlah media menilai kehadiran cerita Ghost of Kyiv dan Reaper bisa meningkatkan moral warga Ukraina yang melawan dengan Rusia. 

Kekuatan militer Rusia adalah yang nomor satu di Eropa, dan nomor dua di dunia. Kekuatan Ukraina masih nomor 22 dunia. 

Pemerintah Ukraina juga mulai mendistribusikan senjata kepada masyarakatnya untuk melawan pasukan Rusia. 

 

Baca perbandingan militer kedua negara...

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya