Shinzo Abe Meninggal, Partai LDP Jepang Menang Pemilu Majelis Tinggi

Tiga hari setelah mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak dan terbunuh di acara kampanye, koalisi penguasa telah mengamankan kursi mayoritas di majelis tinggi.

diperbarui 11 Jul 2022, 18:53 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2022, 17:36 WIB
Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak
Orang-orang bereaksi setelah tembakan di Nara, Jepang barat. Jumat (8/7/2022). Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe pingsan setelah ditembak di Nara. Beberapa media melaporkan bahwa Shinzo Abe ditembak dari belakang, kemungkinan dengan senapan. (Kyodo News via AP)

, Tokyo - Tiga hari setelah mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe ditembak dan terbunuh di acara kampanye, koalisi penguasa telah mengamankan kursi mayoritas di majelis tinggi.

Mendiang mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dari Partai Demokrat Liberal (LDP) meraih kemenangan setelah pemungutan suara parlemen pada hari Minggu 10 Juli 2022. LDP mengamankan 63 kursi, melampaui setengah dari 125 kursi yang diperebutkan di majelis tinggi, menurut laporan media lokal.

Blok konservatif yang berkuasa, yang juga termasuk mitra koalisi LDP, Komeito, kini akan memiliki 75 kursi di majelis.

"Sangat penting bagi kami untuk menyelenggarakan pemilihan ini bersama-sama, pada saat tindakan kekerasan telah mengguncang pondasi pemilihan," kata Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, anak didik Abe seperti dikutip dari DW Indonesia, Senin (11/7/2022).

LDP diperkirakan akan menerima lonjakan dukungan setelah insiden pembunuhan Abe.

"Kami baru saja kehilangan Pak Abe. Saya ingin LDP memenangkan banyak suara sehingga mereka dapat menjalankan negara ini secara stabil," ujar seorang pensiunan Sakae Fujishiro, 67 tahun, kepada kantor berita Reuters saat memberikan suaranya untuk partai penguasa di pemilihan di Distrik Edogawa timur Tokyo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perkuat Posisi PM Fumio Kishida

Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak
Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (tengah) jatuh ke tanah di Nara, Jepang barat, Jumat (8/7/2022). Abe pingsan setelah ditembak di Nara. Beberapa media melaporkan bahwa Shinzo Abe ditembak dari belakang, kemungkinan dengan senapan. (Kyodo News via AP)

Baru minggu lalu, jajak pendapat menunjukkan bahwa LDP memenangkan di bawah setengah dari total kursi yang tersedia. Namun, jajak pendapat terbaru memperkirakan bahwa pemungutan suara hari Minggu 10 Juli akan memperkuat kekuasaan Kishida, menempatkannya pada posisi yang lebih baik untuk "tiga tahun emas", di mana ia tidak akan menghadapi pemilihan lebih lanjut.

Namun, perdana menteri konservatif harus menghadapi kenaikan harga dan krisis energi setelah gelombang panas awal musim panas lalu menyebabkan krisis listrik.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken telah menjadwalkan pemberhentiannya di Tokyo pada hari Senin 11 Juli untuk menyampaikan belasungkawanya atas kematian Abe secara langsung.

Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock juga kini tengah berada di Jepang. Dia mengunjungi monumen peringatan bom nuklir Nagasaki pada hari Minggu 10 Juli dan akan berada di Tokyo hingga hari Senin 11 Juli.


Kampanye Pemilihan Majelis Tinggi di Bawah Bayang-bayang Pembunuhan PM Terlama Jepang

Sebuah mobil jenazah yang diyakini membawa jasad mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meninggalkan rumah sakit di Kashihara, Prefektur Nara, Jepang barat Sabtu, 9 Juli 2022. (Kyodo News melalui AP)
Sebuah mobil jenazah yang diyakini membawa jasad mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meninggalkan rumah sakit di Kashihara, Prefektur Nara, Jepang barat Sabtu, 9 Juli 2022. (Kyodo News melalui AP)

Partai Demokrat Liberal (LDP) – partai yang pernah dipimpin Abe – dan partai-partai lain mengatakan mereka akan melanjutkan kampanye pada hari Sabtu menjelang pemungutan suara hari Minggu, di mana mereka dan mitra koalisi Komeito diperkirakan memperkuat mayoritas suara mereka di parlemen.

Para politikus Jepang mengatakan mereka bertekad untuk menunjukkan pembunuhan itu tidak bisa menghentikan demokrasi.

Polisi prefektur Nara mengatakan mereka akan melihat apakah keamanan di acara Abe – di mana dia telah meminta pemilih untuk memilih kembali rekan LDP-nya Kei Sato – cukup di tengah kritik bahwa seharusnya lebih ketat.

Para pejabat mengatakan tidak ada ancaman yang dibuat terhadap Abe yang meninggal setelah ditembak. Hal itu kemudian mendorong pemikiran ulang tentang tradisi mendekatkan politikus dengan pemilih. Khawatir akan terjadi hal serupa.

  


Jenazah Shinzo Abe Tiba di Tokyo, Pemakaman Direncanakan Selasa 12 Juli 2022

Akie Abe (belakang), istri mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, duduk di mobil jenazah yang diyakini membawa jasad sang suami dari Nara, Jepang barat Sabtu, Juli 9, 2022. (Kyodo News melalui AP)
Akie Abe (belakang), istri mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, duduk di mobil jenazah yang diyakini membawa jasad sang suami dari Nara, Jepang barat Sabtu, Juli 9, 2022. (Kyodo News melalui AP)

Jenazah Shinzo Abe dikabarkan telah berada di Tokyo, setelah sebelumnya dari rumah sakit di Nara, tempat mantan perdana menteri Jepang itu menjalani perawatan akibat ditembak orang tak dikenal. Momen pemindahan ini terjadi saat para politikus bersiap untuk melanjutkan kampanye pemilihan majelis tinggi pada Minggu 10 Juli 2022 di bawah bayang-bayang pembunuhan perdana menteri terlama di Jepang.

Menurut NHK, pada Sabtu (9/7/20222) pagi sebuah mobil jenazah yang diyakini membawa jenazah Shinzo Abe didampingi istrinya, Akie, meninggalkan rumah sakit di Kashihara --tempat mantan perdana menteri dirawat setelah ditembak dari belakang oleh seorang pria bersenjata saat berpidato di kota barat Nara. Mobil jenazah itu kemudian terlihat tiba di kediamannya di Tokyo.

 Presiden Media Jepang mengatakan, prosesi penghormatan terhadap Abe akan diadakan pada Senin 11 Juli, dan pemakaman untuk kerabat dekat akan dilakukan pada hari berikutnya, Selasa 12 Juli.

Sementara itu, penghormatan terakhir terus mengalir untuk mantan pemimpin Jepang. Pada hari Sabtu, tiga negara anggota kelompok Quad yang mencakup Jepang memuji Abe sebagai "pemimpin transformatif untuk Jepang dan untuk hubungan Jepang dengan masing-masing negara kami".

Shinzo Abe ditembak saat pidato kampanye hari Jumat di Nara, Jepang barat, televisi publik NHK melaporkan.

NHK menayangkan rekaman yang menunjukkan Shinzo Abe ditembak lalu pingsan di jalan, dengan beberapa penjaga keamanan berlari ke arahnya. Abe memegangi dadanya ketika dia pingsan, dengan bajunya berlumuran darah. Lalu Abe dilarikan ke rumah sakit.

Mengutip AP News, Abe berada di Nara berkampanye menjelang pemilihan hari Minggu untuk majelis tinggi parlemen dan memberikan pidato ketika orang-orang mendengar suara tembakan.

Polisi menangkap seorang tersangka pria di tempat kejadian Shinzo Abe ditembak karena dicurigai melakukan percobaan pembunuhan, kata NHK.

Sekitar 4,5 jam dokter berupaya memberikan pertolongan, nyawa Shinzo Abe tak tertolong. Shinzo Abe meninggal dunia di usia 67 tahun.

Infografis Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Dunia Usai Ditembak. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal Dunia Usai Ditembak. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya