Pentagon Bakal Segera Buka Kantor Resmi Penyelidik UFO

Pentagon akan segera membuka kantor yang berfokus secara eksklusif pada penyelidikan penampakan UFO, menurut sebuah pernyataan yang dirilis oleh Departemen Pertahanan AS (DOD) pada 20 Juli 2022.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 10 Agu 2022, 18:37 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2022, 20:40 WIB
Ilustrasi Pentagon, markas kementerian pertahanan AS (AFP/Saul Loeb)
Ilustrasi Pentagon, markas kementerian pertahanan AS (AFP/Saul Loeb)

Liputan6.com, Washington D.C - Pentagon akan segera membuka kantor yang berfokus secara eksklusif pada penyelidikan penampakan UFO, menurut sebuah pernyataan yang dirilis oleh Departemen Pertahanan AS (DOD) pada 20 Juli 2022.

Mengutip Live Science, Sabtu (23/7/2022), kantor baru bernama All-domain Anomaly Resolution Office (AARO), akan berfungsi sebagai hub pusat yang mengumpulkan, menyelidiki, dan mengelola laporan penampakan UFO di seluruh DOD, yang mencakup Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara AS.

Kantor tersebut akan menyinkronkan upaya pemerintah federal "untuk mendeteksi, mengidentifikasi, dan mengaitkan objek yang menarik ... dan, jika perlu, untuk mengurangi ancaman terkait keselamatan operasi dan keamanan nasional," menurut pernyataan itu.

"Ini termasuk anomali, ruang tak dikenal, benda-benda di udara, terendam dan transmedium."

(Objek transmedium adalah objek yang mampu bergerak mulus antara darat, udara, dan laut — seperti UFO yang terlihat terjun dari langit dan ke laut dalam rekaman menakutkan yang ditangkap oleh Angkatan Laut AS pada Juli 2019.)

Pemerintah AS telah mengambil minat baru dalam UFO selama beberapa tahun terakhir, menyusul kebocoran tahun 2017 dari tiga klip video yang sekarang terkenal yang menunjukkan pesawat misterius tanpa sayap yang terbang dengan kecepatan hipersonik melewati beberapa pilot Angkatan Laut AS yang tercengang.

Angkatan Laut AS secara resmi mengkonfirmasi dan mendeklasifikasi video tersebut pada April 2020, tetapi tidak memberikan penjelasan tentang objek misterius itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mulai 2020

Markas Departemen Pertahanan AS atau Pentagon
Markas Departemen Pertahanan AS atau Pentagon (Wikipedia)

Pada tahun 2020, Senate Select Committee on Intelligence  menyerukan penyelidikan terhadap UFO — atau fenomena udara tak dikenal (UAP), sebagaimana pemerintah AS lebih suka menyebutnya — dengan alasan kekhawatiran bahwa tidak ada pendekatan pemerintah terpadu untuk mengumpulkan dan menganalisis laporan penampakan semacam itu.

Pada Juni 2021, Pentagon merilis laporan tentang lebih dari 140 penampakan UFO oleh pilot angkatan laut - dan menyimpulkan bahwa tidak ada bukti aktivitas alien dalam kasus ini.

Banyak permintaan Freedom of Information Act (FOIA) atau Undang-Undang Kebebasan Informasi juga telah menghasilkan lebih dari 1.500 halaman materi terkait UFO yang dirilis oleh pemerintah - termasuk laporan aneh bahwa pertemuan UFO tertentu dilaporkan meninggalkan saksi dengan luka bakar radiasi dan "tidak terhitung untuk kehamilan."

Pendanaan untuk kantor baru telah disediakan oleh National Defense Authorization Act (Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional) untuk tahun fiskal 2022 - pada dasarnya, undang-undang federal yang menentukan anggaran dan prioritas DOD untuk tahun fiskal berikutnya.

Kantor baru itu akan dijalankan oleh Sean M. Kirkpatrick, kepala ilmuwan di Pusat Intelijen Rudal dan Antariksa Badan Intelijen Pertahanan, menurut pernyataan itu.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


NASA Umumkan Rencana Ikut Buru UFO

Ilustrasi UFO (iStock)
Ilustrasi UFO (iStock)

Sebelumnya, NASA telah mengumumkan rencana untuk mulai mempelajari UFO dengan cara ilmiah yang ketat sebelum mempublikasikan temuan dalam laporan publik.

Mengutip Live Science, Sabtu (11/6/2022), para ahli yang terlibat dalam penelitian ini akan menggali data yang relevan dari penampakan unidentified aerial phenomena (UAPs) atau fenomena udara tak dikenal; mencari cara terbaik untuk merekam penampakan semacam itu di masa mendatang; dan menentukan bagaimana NASA dapat menggunakan informasi baru untuk meningkatkan pemahaman ilmiah tentang objek misterius tersebut.

 Pengumuman inisiatif baru, yang diperkirakan akan dimulai pada awal musim gugur dan memakan waktu sekitar sembilan bulan untuk diselesaikan, mengemuka lebih dari tiga minggu setelah sidang Kongres yang penting di mana anggota parlemen meminta dua pakar intelijen dan pertahanan senior tentang berbagai laporan oleh pilot militer UAP, Live Science sebelumnya melaporkan.

Sidang difokuskan pada laporan Pentagon Juni 2021 tentang 144 penampakan UAP yang didokumentasikan oleh pilot Angkatan Laut AS sejak 2004, yang sebagian besar disimpulkan oleh departemen "mungkin memang mewakili objek fisik."

Laporan Penampakan 

Dari 144 penampakan UAP, 18 dilaporkan memiliki perilaku penerbangan yang sangat tidak biasa, dengan objek tak dikenal tampak "tetap diam di atas angin, bergerak melawan angin, bermanuver tiba-tiba atau bergerak dengan kecepatan tinggi, tanpa alat penggerak yang terlihat," menurut laporan.

Menurut klip video yang dirilis, di samping laporan saksi mata dari pilot Angkatan Laut, juga menunjukkan setidaknya beberapa dari pesawat tanpa tenaga yang seolah-olah bergerak dengan kecepatan hipersonik, Live Science sebelumnya melaporkan; satu klip video, yang diambil oleh Angkatan Laut AS, tampak menunjukkan UFO bulat melayang di udara sambil memantul dari sisi ke sisi, sebelum terjun ke laut.

Selengkapnya di sini...


Pentagon AS Laporkan Peningkatan Keberadaan UFO dalam 20 Tahun Terakhir

Sebuah video fenomena udara tak dikenal diputar saat Wakil Direktur Intelijen Angkatan Laut AS Scott Bray bersaksi di hadapan subkomite Komite Intelijen DPR di US Capitol pada 17 Mei 2022 di Washington, DC. (Foto: Kevin Dietsch/Getty Images/AFP)
Sebuah video fenomena udara tak dikenal diputar saat Wakil Direktur Intelijen Angkatan Laut AS Scott Bray bersaksi di hadapan subkomite Komite Intelijen DPR di US Capitol pada 17 Mei 2022 di Washington, DC. (Foto: Kevin Dietsch/Getty Images/AFP)

Sementara itu, peningkatan jumlah benda terbang tak dikenal telah dilaporkan di langit selama 20 tahun terakhir, seorang pejabat tinggi pertahanan AS mengatakan kepada anggota parlemen pada hari Selasa (17 Mei) dalam dengar pendapat publik pertama tentang UFO dalam setengah abad.

"Sejak awal 2000-an kami telah melihat peningkatan jumlah pesawat atau benda yang tidak sah dan/atau tidak dikenal di area pelatihan yang dikendalikan militer dan tempat pelatihan serta wilayah udara lain yang ditentukan,” Scott Bray, wakil direktur intelijen Angkatan Laut, mengatakan kepada panel keamanan DPR. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (18/5/2022). 

Bray mengaitkan peningkatan tersebut dengan upaya militer AS untuk "menghilangkan stigma tindakan melaporkan pemandangan dan pertemuan" serta kemajuan teknologi.

Namun, dia mengatakan Pentagon tidak mendeteksi apa pun "yang akan menunjukkan bahwa itu berasal dari non-terestrial" di balik fenomena ini.

Di sisi lain, Brey juga tidak menutup kemungkinan secara definitif.

"Kami tidak membuat asumsi tentang apa ini atau bukan," kata Bray.

Pada Juni 2021, intelijen AS telah mengklaim dalam laporan yang telah lama ditunggu-tunggu bahwa tidak ada bukti keberadaan makhluk luar angkasa di langit, sementara mengakui bahwa mereka tidak memiliki penjelasan untuk lusinan fenomena yang diamati oleh pilot militer.

Selengkapnya klik di sini...

Infografis Wanti-Wanti Euforia Boleh Lepas Masker
Infografis Wanti-Wanti Euforia Boleh Lepas Masker (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya