3 Fakta Kim Ju Ae, Anak Kim Jong Un yang Bikin Rakyat Korea Utara Cemburu

Kim Jun Ae, anak kesayangan Kim Jong Un, menjadi sorotan di Korea Utara.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 03 Mar 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 03 Mar 2023, 21:00 WIB
Kim Jong Un Saksikan Parade Militer 75 Tahun Tentara Rakyat Korea
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (tengah kiri) dan putrinya diduga bernama Ju Ae (tengah kanan) menghadiri parade militer untuk memperingati 75 tahun berdirinya Tentara Rakyat Korea di Lapangan Kim Il Sung, Pyongyang, Korea Utara, 8 Februari 2023. Parade militer besar-besaran tersebut memamerkan perangkat keras terbaru dari persenjataan nuklir Korea Utara yang berkembang pesat. (STR/KCNA VIA KNS/AFP)

Liputan6.com, Pyongyang - Kehadiran Kim Ju Ae menjadi sensasi di media Korea Utara. Gadis kecil yang beranjak remaja itu merupakan anak dari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Kim Ju Ae pertama tampil di publik ketika diajak ayahnya menyaksikan peluncuran rudal pada akhir 2022. Setelahnya, Kim Ju Ae terus kembali muncul di awal 2023. 

Spekulasi pun beredar di sekeliling Kim Ju Ae. Radio Free Asia menyebut ada yang menganggap gadis kecil itu sebagai calon pemimpin masa depan Korea Utara, meski ada juga yang menganggap ia hanya bagian propaganda Korea Utara. 

Apabila benar bahwa Kim Ju Ae akan menjadi pemimpin Korea Utara, maka hal itu akan mengejutkan, sebab ia akan menjadi pemimpin wanita pertama di Korea Utara.

Kim Ju Ae adalah anak dari pernikahan Kim Jong Un dan Ri Sol Ju. Menurut laporan BBC, Kim Jong Un kemungkinan memiliki tiga orang anak. Media barat seperti The Washington Post menyebut Kim Ju Ae merupakan anak nomor dua.

Kim Jong Un merupakan sosok yang privat terkait keluarganya. Ri Sol Ju juga baru muncul beberapa tahun setelah mereka berdua menikah pada 2009.

Meski masih kecil, kehadiran Kim Ju Ae turut memancing kritikan dari sejumlah warga Korea Utara, pasalnya ia tampil sangat sehat dan berpakaian bagus. Penampilan itu dinilai berbeda dari warga Korea Utara pada umumnya yang sedang mengalami kelaparan. 

Berikut tiga fakta terkait kemunculan Kim Ju Ae

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Namanya Tak Boleh Sama dengan Warga Korut Lain

Potret Kim Jong Un dan Putrinya Saksikan Pertandingan Sepak Bola, Penuh Senyum
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan putrinya Kim Ju-ae bertepuk tangan saat menyaksikan pertandingan sepak bola antara staf Kabinet dan Kementerian Pertahanan Nasional, di Korea Utara pada 17 Februari 2023. Kim Jong Un mengajak putrinya dalam rangka merayakan ulang tahun kakeknya Kim Jong Il menandai penampilan pertama gadis itu yang tidak secara terbuka terkait dengan nuklir. (AFP/KCNA Via KNS)

Menurut laporan Radio Free Asia, anak yang memiliki nama Kim Ju Ae juga harus mengganti nama. Hal itu terjadi gadis bernama Ju Ae yang tinggal di kota Chongju.

Gadis-gadis lain yang bernama Kim Ju Ae juga diminta ganti nama, kemudian memperbarui sertifikat lahir mereka.

Saat itu, nama resmi Kim Ju Ae juga sebetulnya belum diungkap ke publik. Media negara Korut memanggilnya sebagai "Anak Mulia", "Anak Terhormat", atau "Putri Tercinta".

Nama Kim Jua Ae terungkap oleh pemain basket Dennis Rodman yang pernah ke Korut pada 2013. Intelijen Korea Selatan juga memanggilnya Ju Ae.

Sumber dari RFA di Korea Utara berkata bahwa nama Ju Ae kini menjadi nama anak terhormat, sehingga ada perintah agar yang lain tidak boleh sama.


2. Kondisinya Jadi Sorotan Saat Kelaparan Melanda Korut

Putri Kim Jong Un Tampil Perdana saat Peluncuran Rudal Korut
Foto yang dirilis pada 19 November 2022 ini menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berbicara sang istri istri Ri Sol Ju dan putrinya saat memeriksa rudal balistik antarbenua Hwasong-17 di Bandara Internasional Pyongyang di Pyongyang, Jumat (18/11/2022). (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)

Sebelumnya, RFA juga mengungkap bahwa sejumlah rakyat Korea Utara cemburu dengan kondisi Kim Ju Ae yang tampak sehat dan gemuk. Sementara, rakyat Korut juga sedang dilanda masalah kelaparan.

"Ini membuat saya marah bahwa situasi saya sangat susah ditanggung, dan Kim Ju Ae, yang kita tahu makan dan hidup enak, seringkali tampil di TV dengan memakai baju-baju mahal," ujar seorang warga Provinsi Pyongan Utara kepada RFA.

"Orang-orang bilang, 'Gadis itu pasti makan dengan baik, wajahnya amat putih dan tembam seperti bulan'," lanjut warga Korea Utara itu. "Mayoritas masyarakat tidak bisa makan dengan layak, sehingga tulang pipi mereka terlihat di wajah mereka ketimbang sebelumnya."

Warga-warga lain dari Provinsi Pyongan Selatan juga membandingkan penampilan Kim Ju Ae dengan anak-anak lain yang kurus.

"Mereka marah melihat wajah putih tembam dari Anak Tercinta seringkali muncul di propaganda," ujar sumber kedua.


3. Pakaian Mewah Jadi Sorotan Saat Negara Kesusahan

Kim Jong Un bersama istrinya Ri Sol Ju dan putrinya Ju Ae dalam peringatan 75 tahun berdirinya Tentara Rakyat Korea
Kim Jong Un mengunjungi barak militer negara itu bersama istrinya Ri Sol Ju dan putrinya Ju Ae dalam rangka memperingati 75 tahun berdirinya Tentara Rakyat Korea. (Dok. KCNA)

Pakaian dari Kim Ju Ae juga menyorot perhatian. Sebab, Korea Utara bukan negara kapitalis, tetapi pakaian Kim Ju Ae terlihat mewah. Anak-anak sekolah lain di Korut bisa dihukum jika dituding mengikuti budaya kapitalis.

Penampilan Kim Ju Ae dianggap lebih modis ketimbang gadis biasa pada umumnya. Rambut Kim Ju Ae yang tertata rapih juga menjadi sorotan.

"Pakaian Kim Ju Ae dan penampilannya sungguh berbeda dari apa yang bisa dikenakan remaja gadis biasa," ujar sumber kedua di Korea Utara kepara RFA.

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya