Detik-Detik Jelang Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla, Bakal Ada Protes dan 11.500 Polisi

Inggris menghitung mundur penobatan bersejarah Raja. Dalam hitungan jam negara monarki tersebut akan menyambut prosesi penobatan Raja Charles III.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 06 Mei 2023, 10:01 WIB
Diterbitkan 06 Mei 2023, 10:01 WIB
Inggris Semarak Menyambut Hari Penobatan Raja Charles III
Lalu lintas bergerak melalui Regent Street yang dihiasi di pusat kota London Jumat, 5 Mei 2023. Penobatan Raja Charles III akan berlangsung di Westminster Abbey pada 6 Mei. (AP Photo/Markus Schreiber)

Liputan6.com, London - Warga Inggris tengah menanti detik-detik jelang penobatan pertama dalam 70 tahun Raja Inggris. Momen yang akan berlangsung pada Sabtu 6 Mei 2023 pagi atau sore waktu Indonesia, dengan Raja Charles III dan Queen Consort atau Permaisuri Ratu Camilla mempersiapkan perjalanan kereta bersejarah mereka ke Westminster Abbey.

Meski diperkirakan akan turun hujan, massa sudah mulai berkumpul di jalur prosesi penobatan Raja Charles III.

Akan ada operasi keamanan besar-besaran di pusat Kota London, dengan 100 kepala negara akan hadir. Aksi protes juga telah dijanjikan oleh mereka yang menentang monarki.

Proses Coronation (koronasi) atau penobatan yang akan berlangsung hampir dua jam, akan dilihat langsung perdana oleh 2.300 tamu, termasuk Pangeran Harry, Duke of Sussex, yang tiba dari Amerika Serikat pada Jumat 5 Mei dengan penerbangan komersial.

Momen ini akan menjadi pertama kalinya sejak rilis memoar Pangeran Harry bahwa dia akan terlihat di depan umum bersama saudaranya, Pangeran William, Pangeran Wales.

Diperkirakan Pangeran Harry akan terbang kembali ke AS dalam hitungan jam setelah upacara untuk bergabung kembali dengan istrinya Meghan.

Raja Charles III menjadi raja Britania Raya dan 14 kerajaan lainnya pada September 2023, ketika ibunya Elizabeth meninggal setelah 70 tahun bertakhta. Perencanaan intensif berbulan-bulan telah memasuki perayaan penobatan - yang ke-40 berlangsung di Westminster Abbey sejak 1066.

Menjelang penobatan, mengutip BBC, Sabtu (6/5/2023), Raja Charles III tampak santai saat berjalan-jalan di mal, diapit oleh Pangeran dan Putri Wales dan petugas keamanan yang ketat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Warga Berkemah Demi Dekat Garis Depan yang Dilintasi Raja Charles dan Ratu Camilla

Penggemar Keluarga Kerajaan berkemah menjelang penobatan Raja Charles
Para penggemar kerajaan, sudah berkemah menjelang upacara penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla pada 6 Mei, di The Mall di pusat kota London, Minggu (30/4/2023). (Photo by JUSTIN TALLIS / AFP)

Barbara Crowther, 69, dan temannya Pauline, bergabung dengan massa sambil membawa spanduk "Coronation Street".

"Kami tidak akan berkemah, tetapi ada begitu banyak orang di sini, kami pikir jika kami tidak berkemah, kami tidak akan mendekati garis depan," kata Crowther.

Katie Gordon, dari Wiltshire, sedang melukis wajah dengan kedua putrinya pada hari Jumat. Dia pikir Raja dan Ratu yang baru "akan menjadi yang terhebat".

"Kami berkemah malam ini bersiap untuk Penobatan, dan mereka mengecat wajah semua orang saat mereka lewat," kata Ms Gordon.

"Kami melakukannya secara sukarela, ini hanya sesuatu yang kami lakukan. Kami membeli cat wajah untuk diri kami sendiri dan berpikir, mengapa tidak melakukannya untuk orang lain juga?".

Saat matahari terbenam pada hari Jumat, ratusan tenda muncul di sepanjang rute Coronation, dengan mereka yang berkumpul berharap dapat menyaksikan peristiwa bersejarah tersebut.

Uskup Agung Canterbury, Justin Welby, akan memimpin kebaktian tersebut, dengan tamu mulai dari Ibu Negara AS Jill Biden hingga Presiden Macron dari Prancis dan penghibur Ant dan Dec.

Olena Zelenska, istri presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, bertemu Catherine, Putri Wales pada resepsi pra-Penobatan di Istana Buckingham pada hari Jumat.

Charles difoto berbagi sambutan dengan Ibu Negara Ukraina, dan menyapa Mary, Putri Mahkota Denmark, dengan jabat tangan dan ciuman di pipi.

Ada kontroversi mengenai apakah orang-orang di rumah diminta untuk mengucap janji setia kepada Raja. Gereja Inggris telah memperjelas bahwa ini sepenuhnya opsional dan orang-orang mungkin memiliki "momen refleksi pribadi".

Pesan utama penobatan Raja Charles III dalam doa pertamanya ketika dia mencapai Biara berbunyi: "Saya datang bukan untuk dilayani, tetapi untuk melayani."

 


Puncak Acara Penobatan Raja Charles III

Inggris Berhias Jelang Penobatan Raja Charles III
Akan ada lebih sedikit bangsawan yang hadir di penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla dibandingkan dengan penobatan Ratu Elizabeth 70 tahun yang lalu. (AP Photo/Alastair Grant)

Puncak upacara akan tiba saat Mahkota St Edward diletakkan di atas kepala Raja, momen yang akan ditandai dengan lonceng di Westminster Abbey dibunyikan dan penghormatan senjata di Horse Guards Parade (Parade Pengawal Kuda) di dekatnya.

Camilla akan dimahkotai bersama Charles - dan setelah hubungan pasangan yang panjang dan seringkali rumit, dia sekarang akan secara resmi disebut sebagai Queen Camilla atau Ratu Camilla.

Upacara tersebut akan menekankan keragaman dan inklusi, dengan lebih banyak elemen multi-agama daripada penobatan sebelumnya, dengan kontribusi dari perwakilan agama Yahudi, Muslim, Budha dan Sikh.

Sesi pembacaan alkitab akan dibacakan oleh Perdana Menteri Rishi Sunak, yang beragama Hindu, dan musik akan dinyanyikan dalam bahasa Wales dan Gaelik Skotlandia serta Irlandia.

Ada Uskup Wanita Pertama di Penobatan Raja Inggris

Akan ada uskup wanita yang mengambil bagian dalam kebaktian untuk pertama kalinya dalam kebaktian penobatan yang berlangsung hampir seribu tahun.

Setelah kebaktian, sekitar pukul 13:00 BST, Raja Charles III dan Ratu Camilla akan melakukan perjalanan dengan Gold State Coach kembali ke Istana Buckingham, dalam prosesi sepanjang satu mil (1,6 km) yang spektakuler, dengan 4.000 tentara dan 19 band militer.

Latihan yang cermat untuk prosesi itu dilakukan dengan berbaris di sekitar rute replika dengan landmark seperti Cenotaph yang ditandai dengan kerucut lalu lintas.

Ketika mereka sampai di Istana, masih belum pasti siapa yang akan terlihat bersama Raja dan Ratu untuk penampilan tradisional di balkon.

Ada rencana untuk sesi flypast ketika bangsawan senior berada di balkon Istana, tetapi muncul kekhawatiran tentang cuaca yang diperkirakan akan turun hujan.


Pengerahan Terbesar Polisi dalam Satu Hari: 11.500 Petugas

Detail Prosesi Penobatan Raja Charles III pada 6 Mei 2023, dari Kereta Emas hingga Emoji Spesial
Kereta kencana Gold State akan dipakai untuk membawa Raja Charles III dan Ratu Camilla kembali ke Istana Buckingham seusai upacara penobatan di Westminster Abbey. (dok. HANNAH MCKAY / POOL / AFP)

Menjelang penobatan Raja Charles III, sejumlah anggota protes vokal dari kelompok anti-monarki - dan kelompok kampanye Republik telah mengumumkan niatnya untuk mengadakan protes di rute prosesi.

Akan ada operasi keamanan besar-besaran, dengan Metropolitan Police (Met Police) atau Polisi Metropolitan menugaskan 11.500 petugas untuk berjaga-jaga. Jumlah yang mereka sebut pengerahan terbesar dalam satu hari.

Kelompok anti-monarki membela hak mereka untuk protes, tetapi polisi telah memperingatkan bahwa "toleransi terhadap gangguan apa pun, baik melalui protes atau lainnya, akan rendah".

Daftar tamu juga diperdebatkan, dengan kritik terhadap kehadiran wakil presiden China Han Zheng, yang dituduh memimpin tindakan keras terhadap kebebasan sipil di Hong Kong.

Tapi di sisi lain, penobatan Raja Charles III akan menjadi upacara yang dinanti penonton global, dengan kru TV dari seluruh dunia menuju ke London.

Mereka akan melihat arak-arakan, simbolisme agama dan tradisi kuno, dengan Raja Charles III dimahkotai di kursi penobatan berusia 700 tahun, dalam sebuah upacara yang belum pernah dilihat kebanyakan orang sebelumnya dalam hidup mereka.

Infografis Rute Perjalanan Kereta Kencana Raja Charles III dan Ratu Camilla. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Rute Perjalanan Kereta Kencana Raja Charles III dan Ratu Camilla. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya