KTT G20 India: Uni Afrika Resmi Jadi Anggota Tetap

KTT G20 2023 berlangsung pada Sabtu (9/9) hingga Minggu (10/9) di New Delhi, India.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 09 Sep 2023, 15:09 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2023, 15:09 WIB
Perdana Menteri India Narendra Modi
Perdana Menteri India Narendra Modi (Dok. AFP)

Liputan6.com, New Delhi - Uni Afrika akan bergabung dengan kelompok G20 sebagai anggota tetap. Hal tersebut disampaika Perdana Menteri India Narendra Modi pada Sabtu (9/9/2023), ketika dia meresmikan pertemuan puncak (KTT) G20 di New Delhi.

KTT G20 India berlangsung hingga Minggu (10/9).

Dalam pidato pembukaannya, PM Modi mengundang Ketua Uni Afrika Azali Assoumani untuk duduk sebagai anggota tetap kelompok tersebut, sementara para pemimpin lainnya menyambutnya dengan tepuk tangan.

KTT G20 2023 digelar di tengah perpecahan berkepanjangan mengenai perang Ukraina. Sebagai ketua, PM Modi sendiri bertugas menyampaikan wacana seputar sejumlah isu mendesak, termasuk kegelisahan ekonomi global dan krisis iklim yang memerlukan tindakan segera dari negara-negara terkaya dunia.

"Hari ini, sebagai presiden G20, India menyerukan kepada dunia untuk bersatu mengubah defisit kepercayaan global menjadi kepercayaan dan ketergantungan," ujar PM Modi seperti dilansir CNN.

"Inilah waktunya bagi kita semua untuk bergerak bersama ... Baik itu kesenjangan antara Utara dan Selatan, Timur dan Barat, pengelolaan pangan dan bahan bakar, terorisme, keamanan siber, kesehatan, keamanan energi atau air, kita harus temukan solusi solid untuk masalah ini demi generasi mendatang."


G20 Jadi G21?

India Sambut Delegasi KTT G20 dengan Papan Reklame Bergambar Narendra Modi
Papan reklame bergambar Perdana Menteri India Narendra Modi menyambut delegasi terlihat di bandara menjelang KTT G20 minggu ini, di New Delhi, Rabu (6/9/2023). (AP Photo/Manish Swarup)

Uni Afrika adalah badan kontinental yang terdiri dari 55 negara anggota yang membentuk negara-negara di benua Afrika. Organisasi itu telah lama menjadi tamu undangan pada KTT G20 bersama organisasi global besar lainnya, termasuk Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional.

Memasukkan Uni Afrika sebagai anggota G20 berpotensi mengubah kelompok itu menjadi G21.

Sejak menjabat sebagai presiden G20, PM Modi sangat ingin mendorong kredibilitas India sebagai pemimpin negara-negara berkembang, yang dikenal sebagai Global Selatan, mendorong peningkatan kerja sama dengan negara-negara kaya untuk membantu mengamankan jalur keuangan penting.

Niat memasukkan Uni Afrika dalam G20 telah dinyatakan PM Modi sebelumnya.

"Ketika kami mengatakan kami melihat dunia sebagai sebuah keluarga, kami benar-benar bersungguh-sungguh," kata Modi dalam wawancara menjelang KTT G20 dengan Press Trust of India, salah satu kantor berita terbesar di India.

"Afrika adalah prioritas utama kami bahkan di G20. Salah satu hal pertama yang kami lakukan selama Kepresidenan G20 adalah menyelenggarakan KTT Voice of the Global South."

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya