Ngeri, Dokter di Vietnam Keluarkan Belut Hidup Sepanjang 65 Cm dari Perut Seorang Pria

Pada tanggal 27 Juli 2024, seorang warga negara India berusia 31 tahun dibawa ke ruang gawat darurat Rumah Sakit Viet Duc di Hanoi dengan keluhan nyeri perut yang parah.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 03 Agu 2024, 14:09 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2024, 20:10 WIB
Ilustrasi belut (pixabay.com)
Ilustrasi belut (pixabay.com)

Liputan6.com, Hanoi - Dokter di Rumah Sakit Viet Duc, Hanoi, Vietnam baru-baru ini menyelamatkan nyawa seorang pria dengan melakukan operasi darurat untuk mengeluarkan belut hidup yang bersarang di ususnya.

Pada tanggal 27 Juli 2024, seorang warga negara India berusia 31 tahun dibawa ke ruang gawat darurat Rumah Sakit Viet Duc di Hanoi dengan keluhan nyeri perut yang parah, dikutip dari Oddity Central, Jumat (2/8/2024).

Sambil mengerang dan menjerit kesakitan, pria yang tidak disebutkan namanya itu mengatakan kepada staf rumah sakit bahwa ia telah memasukkan belut hidup ke dalam tubuhnya melalui backside body atau lubang anusnya sesaat sebelum mulai mengalami nyeri perut yang luar biasa.

Dokter Vietnam yang bertugas mengaku pernah menangani banyak hal pada tubuh orang-orang, tetapi belut hidup adalah hal baru.

Tadinya, dokter mengaku tak percaya pada pengakuan pasien. Namun, pencitraan sinar-X dan pemeriksaan USG menunjukkan kerangka radiopak horizontal di rongga perut pria itu yang ternyata adalah belut hidup yang sebenarnya.

Rumah sakit tersebut dengan cepat mengumpulkan tim ahli endoskopi dan ahli anestesi untuk melakukan kolonoskopi dan mengeluarkan benda asing melalui anus pria tersebut, tetapi mereka tidak dapat menjangkau makhluk yang licin itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dokter Pilih Jalan Operasi

Popeye dari Rusia Nyaris Kehilangan Lengan Gara-Gara Pasang Implan di Otot Bisep
Ilustrasi ruang operasi. (dok. Piron Guillaume/Unsplash.com)

Akhirnya, dokter tidak punya pilihan selain melakukan operasi pada perut pria tersebut. Mereka terkejut menemukan belut hidup dengan panjang sekitar 65 cm dan lingkar 10 cm.

"Belut itu telah menggigit rektum dan usus besar pasien hingga keluar ke rongga perut," kata Le Nhat Huy, Wakil Direktur Pusat Bedah Kolorektal dan Dasar Panggul di Rumah Sakit Viet Duc, kepada wartawan.

"Belut dapat bertahan hidup dalam kondisi anaerobik untuk waktu yang lama dan memiliki kemampuan untuk menggigit saluran pencernaan."

 


Tindakan Dokter untuk Pasien

Ilustrasi Dokter
Dokter (Foto: Unsplash/Marcelo Leal)

Setelah mengeluarkan belut, dokter menjahit perforasi di usus besarnya dan juga melakukan kolostomi untuk mencegah feses melewati perforasi yang baru dijahit.

Adapun alasan mengapa pria itu memasukkan belut hidup ke dalam tubuhnya, hal itu masih menjadi misteri, tetapi dokter menduga ia melakukannya untuk merasakan sensasi tak biasa.

Namun, satu hal yang pasti, ia jelas bukan orang pertama yang melakukannya. Beberapa bulan yang lalu, ada cerita serupa tentang seorang pria yang dirawat di Pusat Medis Distrik Hai Ha di Provinsi Quang Ninh, Vietnam, dengan kram perut yang parah. Dokter di sana menemukan belut hidup yang menggigit perutnya.

Infografis 5 Alasan Kemenkes Datangkan Dokter Asing dan Payung Hukumnya. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 5 Alasan Kemenkes Datangkan Dokter Asing dan Payung Hukumnya. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya