Hizbullah Balas Serangan Israel dengan 320 Roket Katyusha, Tel Aviv Umumkan Keadaan Darurat 48 Jam

Gedung Putih mengatakan Joe Biden memantau berbagai peristiwa antara Israel dan Lebanon, seraya menambahkan bahwa Israel memiliki hak untuk membela diri tetapi AS akan "terus berupaya untuk stabilitas regional".

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 25 Agu 2024, 14:42 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2024, 14:42 WIB
Rudal Hizbullah dicegat oleh Israel. (AFP)
Rudal Hizbullah dicegat oleh Israel. (AFP)

Liputan6.com, Gaza - Israel melakukan serangan udara di Lebanon dalam apa yang digambarkannya sebagai tindakan pendahuluan menjelang serangan besar-besaran yang direncanakan oleh Hizbullah, yang meningkatkan risiko perang regional di Timur Tengah.

Sementara itu, mengutip The Guardian, Hizbullah mengumumkan telah melakukan serangan dengan pesawat nirawak dan lebih dari 320 roket terhadap 11 lokasi militer Israel pada Minggu (25/4/2024) pagi sebagai “tahap pertama” tanggapannya atas tewasnya salah satu komandan utamanya, Fuad Shukr, dalam serangan udara Israel bulan lalu. Hizbullah tidak mengatakan kapan tahap kedua akan terjadi dan bagaimana tanggapannya terhadap serangan udara Israel, yang tidak disebutkan dalam pernyataannya.

Israel mengatakan masih memperkirakan respons Hizbullah yang "ekstensif" dan mengumumkan keadaan darurat selama 48 jam, yang memberikan militer kekuasaan khusus. Sirene dibunyikan di kota-kota di Israel utara, bandara Tel Aviv ditutup selama beberapa jam dan penerbangan yang masuk dialihkan.

Sementara itu, Gedung Putih mengatakan Joe Biden memantau berbagai peristiwa, seraya menambahkan bahwa Israel memiliki hak untuk membela diri tetapi AS akan "terus berupaya untuk stabilitas regional".

Serangan udara dan serangan roket serta pesawat nirawak Hizbullah terjadi pada saat AS dan sekutu regionalnya mengadakan pembicaraan dengan Israel dan Hamas yang bertujuan untuk menyetujui gencatan senjata di Gaza.

Pemerintah Biden berharap bahwa kesepakatan gencatan senjata di Gaza akan meredakan ketegangan regional dan membuat konflik tidak mungkin menyebar. Namun, kegagalan terus-menerus untuk mencapai kesepakatan Gaza membuat perang regional lebih mungkin terjadi karena jumlah korban tewas Palestina meningkat. Jumlahnya diperkirakan lebih dari 40.000, sementara kekerasan menyebar di Tepi Barat, yang didorong oleh pemukim Israel militan yang berusaha merebut tanah Palestina.

Sean Savett, juru bicara dewan keamanan nasional AS, mengatakan dalam pernyataan tertulis: “Presiden Biden memantau dengan saksama berbagai peristiwa di Israel dan Lebanon. Ia telah berbincang dengan tim keamanan nasionalnya sepanjang malam. Atas arahannya, para pejabat senior AS telah berkomunikasi terus-menerus dengan rekan-rekan mereka di Israel.

“Kami akan terus mendukung hak Israel untuk mempertahankan diri, dan kami akan terus berupaya untuk stabilitas regional,” imbuh Savett.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Israel Umumkan 48 Jam Darurat

Bendera Israel. (AFP Photo/Thomas Coex)
Ilustrasi Israel. (AFP Photo/Thomas Coex)

Menteri Pertahanan Yoav Gallant telah mengumumkan keadaan darurat di negara tersebut selama 48 jam ke depan.

"Keadaan khusus di garis depan" memungkinkan Komando Garis Depan IDF untuk mengeluarkan pembatasan.

"Keadaan khusus" adalah istilah hukum yang digunakan pada saat darurat, yang memberikan otoritas yurisdiksi yang lebih besar atas penduduk sipil untuk memperlancar upaya pengamanan penduduk. Keadaan ini berlaku selama 48 jam kecuali diperpanjang oleh menteri kabinet.


Lebanon Serang 40 Target Israel

Perang Israel - Lebanon
Sementara dari pihak Israel, enam tentara dan tiga warga sipil tewas selama bentrokan dengan Hizbullah terjadi. (AP Photo/Hussein Malla)

Kantor berita Israel Ynet mengutip laporan dari Lebanon mengatakan angkatan udara menyerang 40 target. Sebuah sumber medis memberi tahu Guardian bahwa satu orang tewas dalam serangan pesawat nirawak Israel terhadap sebuah mobil di kota Khiam, Lebanon selatan, sementara sedikitnya empat orang lainnya dilaporkan terluka dalam serangan terpisah.

“Sebagian besar serangan terjadi di lembah [jauh dari daerah berpenduduk], dan selain warga Suriah, kami tidak mengalami cedera,” kata seorang sumber dalam organisasi penanggap pertama yang melayani Lebanon selatan, kepada Guardian. Anggota Hizbullah diketahui menggunakan daerah hutan lebat di Lebanon selatan sebagai tempat berlindung saat mereka melakukan serangan terhadap Israel.

Dalam pernyataan tertulis, Hizbullah mengatakan telah meluncurkan pesawat nirawak dan lebih dari 320 roket Katyusha terhadap 11 target militer di Israel.

Kelompok Syiah Lebanon yang didukung Iran menggambarkan serangan itu sebagai "tahap pertama" yang berhasil sebagai pembalasan atas pembunuhan Fuad Shukr, seorang komandan militer berpangkat tinggi, oleh Israel dalam sebuah serangan udara di sebuah gedung di Beirut selatan pada akhir Juli. Pernyataan Hizbullah mengatakan bahwa rincian lebih lanjut tentang tindakan militer Hizbullah akan segera dipublikasikan.


Benjamin Netanyahu Mengawasi

Benjamin Netanyahu
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. (Dok. AP)

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan (Menhan), Yoav Gallant, kabarnya berada di ruang bawah tanah Pasukan Pertahanan Israel (IDF) pada dini hari Minggu (25/8) untuk mengawasi serangan udara tersebut, dan kabinet keamanan negara itu akan bertemu pada pukul 7 pagi, karena Israel bersiap menghadapi kemungkinan terjadinya lebih banyak tembakan lintas batas.

“Hizbullah akan segera menembakkan roket, dan mungkin rudal dan UAV [pesawat tanpa awak], ke wilayah Israel,” kata juru bicara IDF, Laksamana Muda Daniel Hagari. “Dari dekat rumah warga sipil Lebanon di Lebanon selatan, kita dapat melihat bahwa Hizbullah sedang bersiap untuk melancarkan serangan besar-besaran ke Israel, sambil membahayakan warga sipil Lebanon."

“Agresi Hizbullah yang terus berlanjut berisiko menyeret rakyat Lebanon, rakyat Israel, dan seluruh wilayah, ke dalam eskalasi yang lebih luas,” kata Hagari.

Sementara Menhan Gallant berbicara dengan mitranya dari AS, menteri pertahanan Lloyd Austin, untuk memberi tahu dia tentang situasi yang sedang berlangsung. ​​“Menteri Gallant dan Menteri Austin membahas pentingnya menghindari eskalasi regional,” kata kementerian pertahanan Israel dalam sebuah pernyataan.

Namun, pernyataan itu menambahkan bahwa Gallant telah “menekankan bahwa lembaga pertahanan Israel bertekad untuk membela warga negara Israel dan akan menggunakan semua cara yang dimilikinya untuk menyingkirkan ancaman yang akan segera terjadi”.

Laporan Pentagon mengenai panggilan telepon tersebut mengatakan Menteri Austin telah "menegaskan kembali komitmen kuat Amerika Serikat untuk membela Israel terhadap serangan apa pun oleh Iran dan mitra serta proksi regionalnya".

Infografis Perang Israel-Hamas Lewati 100 Hari. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Perang Israel-Hamas Lewati 100 Hari. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya