Terkam WNI di Malaysia Saat Mancing, Buaya Ditembak untuk Keluarkan Jasad dari Rahangnya

Jenazah korban, mengutip media Malaysia, Jumat (13/9/2024), yang diidentifikasi sebagai Rusdi Tambah, masih berada di rahang reptil tersebut saat ditembak di Sungai Matamba.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 13 Sep 2024, 18:38 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2024, 18:38 WIB
Buaya ditembak mati setelah menerkam seorang pekerja perkebunan Warga Negara Indonesia (WNI) yang sedang memancing di Sungai Matamba, Malaysia. (Wildlife Department)
Buaya ditembak mati setelah menerkam seorang pekerja perkebunan Warga Negara Indonesia (WNI) yang sedang memancing di Sungai Matamba, Malaysia. (Wildlife Department)

Liputan6.com, Lahad Datu - Seekor buaya ditembak mati setelah menerkam seorang pekerja perkebunan Warga Negara Indonesia (WNI) yang sedang memancing di Sungai Matamba, Lahad Datu, Malaysia yang terletak di dalam kawasan perkebunan di sepanjang Jalan Silabukan, Kamis 12 September 2024 pagi.

Jenazah korban, mengutip The Star, Jumat (13/9/2024), yang diidentifikasi sebagai Rusdi Tambah, masih berada di rahang reptil tersebut saat ditembak di Sungai Matamba.

Kepala Stasiun Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Lahad Datu Sumsoa Rashid mengatakan buaya sepanjang 4,6 meter itu ditembak lima kali oleh Departemen Satwa Liar (JHL) untuk mengeluarkan jasad nelayan, Rusdi Tambah, 45 tahun, dari rahang reptil itu.

"Kami menerima panggilan darurat sekitar pukul 10 pagi. Menurut para saksi, seorang pekerja perkebunan yang sedang memancing di tepi sungai diserang oleh buaya tersebut. Operasi pencarian diluncurkan dalam radius 500 meter di sepanjang sungai. Tim pemadam kebakaran dan penduduk setempat menemukan korban bersama buaya sekitar 50 meter dari tempat ia diserang. Korban masih berada di dalam mulut buaya, dan telah dilaporkan ke JHL untuk pertolongan lebih lanjut," kata Sumsoa Rashid dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari media Malaysia Bernama.

Sumsoa Rashid menambahkan bahwa korban, warga Indonesia, telah meninggal dunia dan diserahkan ke polisi.

"Bangkai buaya juga telah dibawa ke darat dan diserahkan ke JHL untuk tindakan lebih lanjut," kata Sumsoa Rashid, seraya menambahkan bahwa operasi berakhir pada Kamis (12/9) pukul 13.10 siang.

Asisten kepala pusat operasi Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Sabah, Riki Mohan Singh Ramday mengatakan buaya tersebut ditemukan sekitar 50 meter dari tempat korban terakhir terlihat selama upaya pencarian dan penyelamatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Operasi Penyelamatan Gabungan untuk Mengevakuasi Jenazah WNI

Jenazah
Ilustrasi jenazah. (Pexels.com/Pavel Danilyuk)

Riki mengatakan operasi tersebut juga melibatkan polisi, Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, dan Departemen Margasatwa negara bagian.

"Petugas satwa liar kemudian melepaskan lima tembakan ke arah buaya tersebut," kata Riki saat dihubungi.

"Setelah memastikan bahwa reptil tersebut telah mati, petugas pemadam kebakaran kemudian masuk ke sungai untuk menyelamatkan korban," tambah Riki seperti dikutip dari The Star.

Riki mengatakan jenazah tersebut kemudian diserahkan kepada polisi untuk tindakan selanjutnya sementara bangkai buaya diambil oleh otoritas satwa liar.

Sebelumnya pada hari Kamis (12/9), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan diberitahu tentang serangan tersebut pada pukul 10.07 pagi.

Delapan orang tim dilarikan ke daerah yang terletak sekitar 40 km jauhnya, dan tiba di lokasi pada pukul 11.32 pagi.

Rusdi dikatakan sedang memancing di tepi sungai ketika buaya itu menerjang dan menariknya ke dalam air.


Jasad Manusia Diduga WNI Ditemukan di Perut Buaya Malaysia

Ilustrasi buaya. (Unsplash)
Ilustrasi buaya. (Unsplash)

Sebelumnya, seekor buaya berukuran panjang 4,2 meter ditembak mati di sungai yang mengalir melalui perkebunan di Distrik Ulu Suai, Sarawak utara.

Tim aksi Sarawak Forestry Corporation (SFC) wildlife memburu reptil itu dengan bantuan polisi dan penduduk desa. Tulang manusia dan sisa-sisa pakaian ditemukan di dalam perut buaya yang diangkut keluar dari sungai Jumat 7 Desember 2019 malam waktu setempat.

Kepala eksekutif SFC Zolkipli Mohamad Aton mengatakan, tulang-tulang dan pakaian itu diyakini milik seorang pekerja perkebunan asal Indonesia, Abdul Situju yang berusia 33 tahun. WNI itu dilaporkan menghilang saat mengumpulkan sayuran di sepanjang tepi sungai.

Perburuan buaya dimulai pada 29 November 2019, setelah penemuan jenazah manusia di tepi sungai yang mengalir melalui perkebunan yang terletak di antara Miri dan Bintulu. Sejumlah potongan tubuh seperti tangan dan batang tubuh ditemukan di sekitarnya.

Zolkipli mengatakan polisi memanggil SFC untuk melacak buaya, setelah pekerja perkebunan mengatakan mereka melihat buaya besar bersembunyi di daerah rawa.

Zolkipli, dalam sebuah pernyataan pers, berterima kasih kepada polisi dan penduduk desa setempat atas bantuan mereka dalam menangkap reptil pembunuh itu.

Dia mengingatkan publik untuk memperingatkan pihak berwenang atau menelepon pihak berwenang, ketika menemukan makhluk berbahaya itu dan tidak mencoba dan menanganinya sendiri.

"Buaya sangat berbahaya, jadi yang terbaik adalah mengingatkan kita jika ada penampakan," katanya.


Kisah Tragis Remaja Dimakan Buaya 4,2 Meter Saat Mencari Siput di Tepi Sungai

Arti Mimpi Melihat Buaya Berenang yang Membawa Pertanda Buruk
Ilustrasi buaya. Credit: pexels.com/Daniel

Sementara itu, seorang remaja laki-laki dimakan buaya besar saat ia tengah mengumpulkan siput di sepanjang tepi sungai di Malaysia.

Jenazah Ricky Ganya (14) ditemukan di dalam perut reptil yang ditangkap beberapa hari kemudian setelah kejadian tragis di Kecamatan Tanjung Manis.

Binatang sepanjang 4,2 meter itu itu tiba-tiba melompat keluar dari air dan meraih kaki Ricky dengan rahangnya sebelum menariknya ke bawah.

Bibi Ricky mengatakan dia menyaksikan reptil itu menyeret keponakannya ke bawah air, tetapi dia hanya bisa menonton dengan ngeri dan memanggil layanan darurat. Menurut laporan Daily Mail yang dikutip Juli 2022, keluarganya mengajukan laporan orang hilang setelah insiden tragis terjadi.

Sebuah tim pencarian dan penyelamatan dikirim untuk mencari hewan itu dan enam hari kemudian buaya besar itu ditangkap dan dibunuh beberapa mil dari tempat Ricky dimakan.

Umpan ayam digunakan untuk memancing reptil masuk dan perutnya dibelah di depan keluarga dan polisi anak itu. Di dalamnya ada sisa-sisa anak itu serta beberapa pakaiannya.

Seorang petugas Pusat Operasi Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Sarawak mengatakan: "Sekitar pukul 09:15, buaya mengambil umpan, seekor ayam, yang diikatkan ke kail yang dipasang oleh tim di tempat sekitar tiga mil jauhnya dari tempat bocah itu terakhir terlihat."

"Buaya itu ditarik ke pantai di mana perutnya diperiksa."

"Sayangnya, ada sisa-sisa manusia di dalam dan ini diidentifikasi sebagai milik remaja yang hilang."

Jenazah remaja itu diberikan kepada keluarganya sehingga dia bisa dimakamkan di desanya.

infografis hari tani nasional
jumlah petani indonesia turun sejak tiga tahun terakhir (liputan6/yasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya