Gempa Bumi Magnitudo 6,2 Guncang Papua Nugini, Gempa Susulan Diprediksi Bakal Terjadi

Gempa Papua Nugini terkini tersebut berpusat di sepetak laut sekitar 300 kilometer (186 mil) di sebelah timur Kota Vanimo, yang bersiap untuk menyambut Paus Fransiskus selama akhir pekan.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 05 Sep 2024, 15:01 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2024, 15:01 WIB
Ilustrasi gempa bumi. (Pixabay)
Ilustrasi gempa bumi. (Pixabay)

Liputan6.com, Vanimo - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 mengguncang Papua Nugini pada hari Kamis (5/9/2024), yang terjadi di lepas pantai utara negara tersebut. Demikian menurut United States Geological Survey (USGS) atau Badan Survei Geologi Amerika Serikat.

Peta USGS, seperti dikutip dari AFP, menunjukkan gempa Papua Nugini terkini tersebut berpusat di sepetak laut sekitar 300 kilometer (186 mil) di sebelah timur Kota Vanimo, yang bersiap untuk menyambut Paus Fransiskus selama akhir pekan.

Seorang fotografer yang tinggal di ibu kota Provinsi Wewak mengatakan kepada AFP bahwa sejauh ini belum ada kerusakan besar setelah gempa terjadi.

Gempa bumi sering terjadi di Papua Nugini, yang berada di atas "Cincin Api" seismik—busur aktivitas tektonik intens yang membentang melalui Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik.

Meskipun jarang menyebabkan kerusakan yang meluas di daerah yang jarang penduduknya, gempa bumi dapat memicu tanah longsor yang merusak.

Adapun sebelum menuju Kota Vanimo, Paus Fransiskus tiba di Indonesia awal minggu ini dalam perjalanan pertama dari tur 12 harinya.

Pada hari Jumat (6/9), ia akan menuju Papua Nugini yang mayoritas penduduknya beragama Kristen untuk kunjungan tiga malam dan akan singgah sebentar di Vanimo, kota pesisir terpencil yang dekat dengan perbatasan negara tersebut dengan Indonesia.

Situs crisis24.garda menyebut gempa bumi bermagnitudo 6,2 terjadi 5 September di Laut Bismarck sekitar pukul 11:03.  Pusat gempa berada sekitar 66 km (41 mil) di utara-timur laut Angoram, Provinsi East Sepik.

Gempa terjadi pada kedalaman sekitar 10 km (6 mil), dan guncangan sedang hingga kuat mungkin terasa di dekat pusat gempa di Provinsi East Sepik utara, serta guncangan ringan di seluruh wilayah East Sepik, Sandaun timur laut, Madang barat dan tengah, Enga utara dan tengah, Western Highlands utara, dan Provinsi Jiwaka utara. Belum ada laporan awal tentang kerusakan atau korban jiwa; namun, kerusakan signifikan mungkin terjadi. Mungkin perlu beberapa jam hingga pihak berwenang dapat melakukan penilaian kerusakan yang komprehensif, terutama di daerah terpencil.

Gempa susulan sedang hingga ringan kemungkinan terjadi dalam beberapa hari mendatang. Peristiwa ini belum memicu peringatan tsunami.

Pihak berwenang mungkin menutup sementara infrastruktur transportasi di zona gempa untuk memeriksa kerusakan. Gangguan kecil dapat terjadi selama penutupan, tetapi layanan kemungkinan akan segera dilanjutkan jika tidak ditemukan kerusakan. Pemadaman listrik mungkin terjadi, terutama di dekat episentrum gempa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya