British Council dan Kemendikbud Kolaborasi, Demi 180 Ribu Guru Bahasa Inggris Berkualitas di Indonesia

Guru Bahasa Inggris dinilai memiliki peran penting dalam dunia pendidikan, terutama untuk mengembangkan kemampuan berbahasa para pelajar yang bermanfaat bagi masa depan mereka.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 19 Sep 2024, 21:17 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2024, 21:17 WIB
kemendikbud
Ketua Pengurus Besar (PB) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Irman Yasin Limpo saat melihat siswa belajar di kelas. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - British Council dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dalam memberikan pelatihan bagi para guru Bahasa Inggris di seluruh Indonesia, termasuk mereka yang berada di daerah terpinggir.

"Saat ini pemerintah Indonesia telah mengubah kebijakan, menjadikan Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib sejak kelas 3 SD. Ini menunjukkan bagaimana pemerintah menyadari pentingnya kemampuan Bahasa Inggris. Kami, British Council, ingin bekerja sama dengan Kemendikbud dalam perubahan ini," ujar Country Director British Council Indonesia Summer Xia dalam wawancara terbatas bersama Liputan6.com di Jakarta, Kamis (19/9/2024).

Xia menyebut sejauh ini pihaknya dan Kemendikbud telah bekerja sama dalam dua proyek utama.

Pertama, pengembangan model pelatihan untuk guru Bahasa Inggris.

"Ini terdiri dari analisis kebutuhan yang kami petakan bersama Kemendikbud agar guru Bahasa Inggris dapat mengajar dengan percaya diri dan nyaman di kelas," kata dia.

Proyek itu, sebut Xia, menganalisa dukungan, sumber daya atau materi apa yang dibutuhkan para guru dalam mengajar anak-anak di kelas.

"Kami tahu bahwa ada sekitar 180 ribu guru Bahasa Inggris di seluruh Indonesia. Bagaimana kami menjangkau mereka semua tentu merupakan tantangan besar maka kami juga bekerja sama dengan kementerian, dan mendorong upaya pihak kementerian," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ciptakan Sumber Daya Berkualitas

Country Director British Council Indonesia Summer Xia dalam wawancara terbatas Bersama Liputan6.com di Jakarta, Kamis (19/9/2024). (Liputan6.com/Benedikta Miranti)
Country Director British Council Indonesia Summer Xia dalam wawancara terbatas Bersama Liputan6.com di Jakarta, Kamis (19/9/2024). (Liputan6.com/Benedikta Miranti)

Kedua, berupaya menciptakan sumber daya yang berkualitas di Indonesia.

Upaya ini dilakukan British Council lewat program English Connect, program hibah untuk pemberdayaan para guru Bahasa Inggris.

"Jadi tahun lalu kami memberikan 6 hibah ke 6 penerima di Indonesia, masing-masing sekitar Rp60 juta, untuk melaksanakan proyek-proyek inovatif yang berfokus pada guru sekaligus menyiapkan diri mereka untuk menjadi pemimpin," ungkap Xia.

Tahun lalu, ada sekitar 5.000 guru yang menerima manfaat dari keenam program hibah tersebut.

"Berdasarkan minat yang tinggi itu, kami memutuskan untuk memperluas dana pemberdayaan itu hingga tahun ini. Dan kami telah memberikan dana tambahan kepada tiga penerima lagi tahun ini," tambah nya.


Peran Penting Guru Bahasa Inggris

Duka Murid Belajar Tanpa Meja dan Kursi di SDN Mekarsari 05
Guru saat mengajarkan para murid di salah satu kelas Sekolah Dasar Negeri (SDN) Mekarsari 05, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (28/7/2022). Sudah dua pekan berlangsung sejak dimulainya Tahun Ajaran Baru 2022 murid kelas IV dan V di SDN Mekarsari 05 mengikuti kegiatan belajar tanpa fasilitas meja dan kursi. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Xia menegaskan bahwa guru Bahasa Inggris memiliki peran penting dalam Pendidikan di Indonesia, mengingat bahwa penggunaan Bahasa Inggris di era saat ini menjadi salah satu kebutuhan utama.

"Agar kita dapat mempertahankan usaha pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris dan memberi manfaat bagi jutaan pelajar di seluruh dunia, kita benar-benar perlu fokus pada pengembangan dan dukungan profesional bagi para guru bahasa Inggris," papar Xia.

"Mereka memiliki peran penting dalam membentuk generasi masa depan, khususnya di Indonesia, sehingga anak-anak Indonesia dapat percaya diri dan mahir menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pergaulan untuk berkomunikasi dengan seluruh dunia, untuk memajukan karier akademis mereka dan juga untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik."

British Council adalah organisasi yang mempromosikan hubungan budaya dan pendidikan internasional.

Didirikan oleh pemerintah Inggris pada tahun 1934, British Council merupakan salah satu organisasi hubungan budaya tertua di dunia. Saat ini, kantor perwakilan British Council telah tersebar di lebih dari 100 negara di seluruh dunia dan bekerja dengan orang-orang di lebih dari 200 negara.

Infografis Kategori Penghargaan Guru Berprestasi dari Kemendikbudristek
Infografis Kategori Penghargaan Guru Berprestasi dari Kemendikbudristek. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya