Gunung Everest Tumbuh Makin Tinggi, Begini Penjelasan Para Ahli

Gunung Everest yang merupakan gunung tertinggi di Bumi - menjulang 5,5 mil (8,85 km) di atas permukaan laut - sebenarnya masih terus tumbuh. Ini penjelasannya.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 02 Okt 2024, 19:13 WIB
Diterbitkan 02 Okt 2024, 19:13 WIB
Gunung Everest
Gunung Everest (sumber: unsplash)

Liputan6.com, Himalaya - Gunung Everest, puncak tertinggi di Bumi dengan ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut, terus mengalami pertumbuhan yang mengejutkan.

Meskipun Everest dan Himalaya lainnya telah mengalami peningkatan yang konstan sejak lahirnya sekitar 50 juta tahun lalu akibat tabrakan antara subkontinen India dan Eurasia, para ilmuwan kini menemukan bahwa ada faktor tambahan yang berkontribusi terhadap pertumbuhan Everest.

Dilansir Straits Times, Rabu (2/10/2024), penelitian terbaru menunjukkan bahwa penggabungan dua sistem sungai di dekat Everest telah menyebabkan peningkatan ketinggian gunung ini.

Sekitar 89.000 tahun yang lalu, Sungai Kosi bergabung dengan Sungai Arun, yang diperkirakan telah meningkatkan ketinggian Everest antara 15 hingga 50 meter. Ini berarti bahwa Everest mengalami laju pengangkatan sekitar 0,2 hingga 0,5 milimeter per tahun.

Proses geologis yang terjadi disebut sebagai rebound isostatik. Proses ini melibatkan kenaikan massa daratan di kerak Bumi ketika berat di permukaan berkurang.

Kerak Bumi, lapisan terluar Bumi, mengapung di atas lapisan mantel yang terbuat dari batuan panas dan semi-cair.


Penggabungan 2 Sungai

Gunung Himalaya
Pemandangan Gunung Himalaya, Gunung Kangtega (ketinggian 6782 meter) dari desa Khumjung di wilayah Everest, sekitar 140km timur laut Kathmandu (16/4). (AFP Photo/Prakash Mathema)

Dalam kasus ini, penggabungan sungai tersebut - lebih mirip dengan pengambilalihan yang agresif, di mana Kosi mengalahkan Arun seiring perubahan aliran sungai - menyebabkan erosi yang dipercepat, menghilangkan sejumlah besar batu dan tanah, sehingga mengurangi berat di sekitar Everest.

"Rebound isostatik dapat disamakan dengan objek terapung yang menyesuaikan posisinya ketika beban dihilangkan," kata Jin-Gen Dai, seorang geoscientist dari China University of Geosciences di Beijing dan salah satu pemimpin studi ini.

"Ketika beban berat, seperti es atau batuan yang tererosi, dihilangkan dari kerak Bumi, tanah di bawahnya perlahan-lahan naik sebagai respons."

Ngarai utama dari sistem sungai yang bergabung ini terletak sekitar 45 km sebelah timur Everest. Para peneliti menggunakan model numerik untuk mensimulasikan evolusi sistem sungai dan memperkirakan bahwa rebound isostatik menyumbang sekitar 10% dari laju pengangkatan tahunan Everest.

Proses geologis ini tidak hanya terjadi di Himalaya.

"Contoh klasiknya ada di Skandinavia, di mana daratan masih naik sebagai respons terhadap pencairan lapisan es tebal yang menutupi wilayah tersebut selama Zaman Es terakhir," tambah Dai.


Bagian dari Sifat Dinamis Planet

Gunung Himalaya
Para pendaki berjalan di sepanjang jalan di Syangboche di wilayah Everest, sekitar 140km timur laut Kathmandu (16/4). (AFP Photo/Prakash Mathema)

Penulis studi lain, Adam Smith, seorang mahasiswa doktoral dalam ilmu Bumi dari University College London, menyatakan bahwa pengukuran GPS menunjukkan bahwa Everest dan Himalaya terus meningkat. Laju pengangkatan ini melebihi erosi permukaan yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti angin, hujan, dan aliran sungai.

"Penelitian ini menekankan sifat dinamis planet kita. Bahkan fitur yang tampaknya tidak berubah seperti Gunung Everest pun terpengaruh oleh proses geologis yang sedang berlangsung," ujar Dai.

Everest, yang juga dikenal sebagai Sagarmatha dalam bahasa Nepali dan Chomolungma dalam bahasa Tibet, terletak di perbatasan antara Nepal dan Wilayah Otonomi Tibet di China. Gunung ini dinamai sesuai nama George Everest, seorang surveyor Inggris pada abad ke-19.

"Gunung Everest memiliki tempat unik dalam kesadaran manusia," kata Dai.

"Secara fisik, ia mewakili titik tertinggi Bumi, memberikan makna besar hanya karena keberadaannya."

Secara budaya, Everest dianggap suci oleh komunitas Sherpa dan Tibet setempat serta secara global melambangkan tantangan tertinggi bagi umat manusia.

Infografis Petaka Para Pendaki Saat Erupsi Gunung Marapi. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Petaka Para Pendaki Saat Erupsi Gunung Marapi. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya