Hingga Kini, Kanker Getah Bening yang Diderita Olga Masih Misteri

Apa yang penyebab Olga sampai menderita kanker getah bening?

oleh Fitri Syarifah diperbarui 19 Jun 2014, 17:00 WIB
Diterbitkan 19 Jun 2014, 17:00 WIB
Kondisi Olga
(ilustrasi)

Liputan6.com, Jakarta Penyakit yang menyerang presenter dan komedian Olga Syahputra semakin terkuak. Setelah sebelumnya didiagnosis meningitis oleh pihak RS Pondok Indah. Belum lama ini, Psikolog Tika Bisono mendapatkan kabar bahwa Olga menderita kanker getah bening stadium 4. Lantas apa yang penyebab Olga sampai menderita kanker getah bening?

Ahli bedah kanker, Dr Dradjat Ryanto Suardi, SpB(K)Onk mengatakan, penyebab kanker getah bening belum diketahui sejauh ini.

"Penyebabnya belum diketahui secara pasti. Termasuk belum jelas faktor risikonya. Masalahnya, penyakit ini menyerang sistem getah bening sehingga manifestasinya di seluruh tubuh," kata Drajat saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (19/6/2014).

Kanker getah bening ini, kata Drajat, terbagi menjadi dua tipe, tipe hodgkin limfoma yang menyerang organ dalam tubuh dan non-hodgkin limfoma yang bia menyerang sistem limfatik apa saja seperti leher, ketiak, dan lipat paha.

"Karena ini penyakit sistem jadi bisa menyerang seluruh tubuh, bila sudah stadium 4 biasanya benjolan berada di diatas dan dibawah diagfragma," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya