Butuh Waktu Lama Agar Olga Dapat Pulih

Jika benar Olga menderita kanker getah bening stadium 4, maka pemulihannya membutuhkan waktu lama.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 19 Jun 2014, 23:00 WIB
Diterbitkan 19 Jun 2014, 23:00 WIB
Ilustrasi Olga Syahputra
Ilustrasi Olga Syahputra (Liputan6.com/Sangaji)

Liputan6.com, Jakarta Meski belum ada kepastian mengenai penyakit yang dialami presenter dan komedian Olga Syahputra. Tapi jika benar Olga menderita kanker getah bening stadium 4, maka pemulihannya membutuhkan waktu lama.

Seperti disampaikan ahli bedah kanker, Dr Dradjat Ryanto Suardi, SpB(K)Onk bahwa penyakit limfoma atau kanker getah bening merupakan penyakit yang menyerang sistem getah bening sehingga membutuhkan waktu lama untuk pulih.

"Penyakit ini bisa menyerang seluruh tubuh, pengobatannya sejauh ini melalui media dari otak sampai kaki. Artinya lewat darah. Kemoterapi," kata Dradjat saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (19/6/2014).

Tapi yang perlu diwaspadai, lanjut Drajat, bukanlah pemulihannya melainkan kekambuhannya. Karena pasien kanker getah bening yang merespon kemoterapi, tumornya bisa hilang. Tapi dibalik itu, tumor ganasnya bisa muncul kembali.

"Sel kanker yang muncul kembali adalah sel-sel yang resisten terhadap kemoterapi. Maka itu butuh terapi 8 kali dengan jeda tiga minggu sampai benjolannya benar-benar hilang," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya