Kenapa Olga Bisa Kena Kanker Getah Bening?

Beberapa anggapan pun muncul dan menduga penyakit tersebut akibat dari kesibukannya. Benarkah demikian?

oleh Fitri Syarifah diperbarui 20 Jun 2014, 08:00 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2014, 08:00 WIB
Ilustrasi Olga Syahputra
Ilustrasi Olga Syahputra (Liputan6.com/Sangaji)

Liputan6.com, Jakarta Sejak dinyatakan mengidap penyakit meningitis (radang selaput otak) oleh dokter Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) beberapa waktu lalu, kondisi Olga terus menjadi sorotan. Baru-baru ini terungkap bahwa Olga mengidap penyakit kanker kelenjar getah bening stadium 4. Beberapa anggapan pun muncul dan menduga penyakit tersebut akibat dari kesibukannya. Benarkah demikian?

Menanggapai hal tersebut, Ahli bedah kanker, Dr Dradjat Ryanto Suardi, SpB(K)Onk mengatakan kanker getah bening seperti Olga belum diketahui penyebabnya dan dapat menyerang siapa saja. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Selain itu, faktor risikonya juga belum jelas sehingga sulit mencari tahu sebabnya.

"Dari sifat selnya, penyakit ini dapat menyerang siapa saja tanpa ada batasan yang jelas termasuk dari pekerjaan atau umur. Dari anak-anak sampai orang tua. Jadi nggak terlalu jelas sebabnya apakah karena kesibukannya atau apa, tidak ada yang tahu," katanya saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (19/6/2014).

Untuk mencegah agar terhindar dari penyakit ini, Dradjat hanya bisa menyarankan untuk mengubah pola hidup sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya